IPS Mudah

Tulislah Negara Mana Saja Yang Memiliki Potensi Gas Alam! Ini Jawabannya!

Advertisement
Advertisement
Gas alam  adalah salah satu jenis bahan bakar fosil berfase gas yang mengandung berbagai jenis komponen gas dengan metana (CH4) sebagai substansi utamanya. Gas alam dihasilkan melalui serangkaian proses penambangan dan fraksinasi hidrokarbon, bersamaan dengan produksi minyak bumi. Jenis bahan bakar ini belakangan semakin banyak digunakan untuk keperluan hidup manusia, terutama sebagai sumber energi. Oleh karena itu, gas alam memiliki peran penting bagi keberlangsungan hidup manusia modern.

Tulislah Negara Mana Saja Yang Memiliki Potensi Gas Alam

Pentingnya peranan gas alam sebagai sumber energi, membuat negara-negara didunia melakukan eksplorasi dan memproduksi gas ini untuk kebutuhan dalam negerinya. Akan tetapi, faktanya banyak negara dunia yang tidak memiliki potensi cadangan gas yang bisa dieksplorasi. Hal ini disebabkan persebaran potensi gas alam yang tidak merata dengan hampir 80% total cadangan gas alam dunia dikuasai oleh 10 negara saja.

Tulislah Negara Mana Saja Yang Memiliki Potensi Gas Alam

Berikut ini negara mana saja yang memiliki potensi gas alam terbesar seperti dikutip dari data The World Factbook tahun 2017 seperti dikutip dari hydrocarbons-technology.com.

1. Rusia

Rusia adalah negara dengan cadangan gas alam terbesar di dunia. Negara ini diperkirakan memiliki cadangan gas sebesar 1.688 triliun kaki kubik pada Januari 2013, atau sekitar seperempat dari total cadangan gas alam dunia.

Lebih dari separuh cadangan gas alam Rusia berada di seperti di wilayah Yamburg, Urengoy, dan Medvezh'ye. Gas alam negara yang dimiliki Rusia tersebut dikelola oleh perusahaan minyak dan gas negara Gazprom. Pada tahun 2012, perusahaan ini tercatat mampu memproduksi 728 meter kubik gas alam atau produksi gas alam terbesar urutan ke 2 di dunia.

2. Iran

Iran memiliki cadangan gas alam terbesar kedua di dunia dengan total sebesar 1.187 triliun kaki kubik di tahun Desember 2012 lalu. Cadangan ini dikelola oleh Perusahaan Negara National Iranian Oil Company (NIOC) dan mampu memproduksi sebesar 438 milyar kubik gas alam di tahun 2012. Produksi gas alam negeri Syiah ini adalah yang terbesar ke-3 dunia.

3. Qatar

Qatar memiliki cadangan gas alam sebesar 885 triliun kaki kubik atau sekitar 13% daru total cadangan dunia. Dengan kekayaan sebesar itu, Qatar menjadi negara dengan cadangan gas alam terbesar di dunia urutan ketiga.

Dari sisi produksi, negara ini mampu menghasilkan 133 milyar meter kubik gas alam di tahun 2012 dan menempati urutan ke 5 dalam daftar negara produsen gas alam terbesar dunia.

4. Turkmenistan

Negara Asia Tengah Turkmenistan memiliki cadangan gas alam terbesar keempat di dunia. Cadangan gas alam negara tersebut pada Desember 2012 mencapai 353 triliun kaki kubik.

Kendati memiliki cadangan yang besar, produksi gas alam negara ini terbilang masih sangat rendah akibat kurangnya infrastruktur dan investasi asing. Negara ini hanya mampu menghasilkan 64 milyar meter kubik gas di tahun 2012 dan menjadikannya sebagai negara penghasil gas alam terbesar ke 12 dunia.

5. Amerika Serikat

Amerika Serikat menempati peringkat kelima terbesar karena pada bulan Januari 2013, negara ini hanya memiliki cadangan gas alam sebesar 334,07 triliun kaki kubik. Kendati demikian, negara Paman Sam adalah negara produsen gas alam terbesar urutan pertama di dunia dengan total produksi 728 milyar meter kubik gas di tahun 2012. Besarnya produksi tersebut disebabkan karena eksplorasi yang dilakukan negara ini didukung dengan teknologi mutakhir dan infrastruktur yang memadai.

Tulislah Negara Mana Saja Yang Memiliki Potensi Gas Alam

6. Arab Saudi

Arab Saudi merupakan negara dengan cadangan gas alam terbesar keenam di dunia. Perkiraan cadangan gas alam negara Raja Salman ini pada Desember 2012 lalu mencapai 290 triliun kaki kubik. Cadangan gas Arab Saudi bersatu dengan cadangan minyak buminya. Oleh karena itu, eksplorasi yang dilakukan sangat efektif hingga mampu menghasilkan 103 milyar meter kubik setiap tahun. Total produksi tersebut tidak diekspor, melainkan khusus digunakan untuk konsumsi dalam negeri.

7. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab (UEA) memiliki cadangan gas terbesar ketujuh di dunia. Cadangan gas alam di negara tersebut pada Desember 2012 diperkirakan mencapai 215 triliun kaki kubik.

Kendati memiliki cadangan yang tinggi, nyatanya gas alam yang dihasilkan negara ini memiliki kualitas yang buruk, karena kandungan sulfurnya yang relatif tinggi. Oleh karena itu, meski mampu memproduksi hingga 52 milyar meter kubik gas tiap tahun, negara ini tetap mengimpor gas alam untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri, terutama untuk bahan bakar pembangkit listrik.

8. Venezuela

Venezuela adalah negara yang terletak di Benua Asia Selatan yang memiliki cadangan gas bumi paling banyak. Cadangan gas negara ini mencapai 195 triliun meter kubik di tahun 2012 lalu, sehingga menjadikannya sebagai negara dengan cadangan gas alam terbesar ke-8 dunia.

Meski cadangan yang dimiliki cukup tinggi, Venezuela nyatanya memiliki tingkat produksi gas alam yang sangat rendah, yakni 25 milyar meter kubik pertahun. Keterbatasan produksi ini disebabkan oleh infrastruktur yang belum maksimal dan minimnya investasi asing yang masuk ke negara ini.

9. Nigeria

Nigeria memiliki cadangan gas terbesar kesembilan di dunia. Negara penghasil minyak terbesar di Afrika itu diperkirakan mengandung cadangan gas alam sebanyak 182 triliun kaki kubik pada Desember 2012. Sebagian besar cadangan gas alam negara tersebut berada di Delta Niger.

Dibandingkan dengan besar cadangannya, produksi gas alam negara ini nyatanya masih sangat sedikit. Ia menempati urutan ke 28 negara penghasil gas alam terbesar dunia dengan produksi 31 milyar meter kubik per tahun.

10. Aljazair

Cadangan gas Aljazair menduduki peringkat kesepuluh terbesar di dunia, dengan total 159 triliun kaki kubik di tahun 2012 lalu. Cadangan tersebut dieksplorasi secara masif hingga mampu menghasilkan 82 milyar meter kubik gas dan menjadikannya sebagai negara produsen gas alam terbesar di Afrika. Akibat eksplorasi yang begitu masif, cadangan tersebut terus menipis dan diperkirakan akan habis di tahun 2030 nanti.

Demikianlah daftar 10 negara penghasil gas alam terbesar dunia beserta tingkat produksinya. Indonesia tidak masuk ke dalam daftar tersebut karena hanya memiliki cadangan gas sebesar 120 triliun kaki kubik. Akan tetapi negara kita adalah penghasil gas dunia terbesar urutan ke 11 dunia dengan produksi 76 milyar meter kubik di tahun 2012 lalu.
Advertisement

0 Response to "Tulislah Negara Mana Saja Yang Memiliki Potensi Gas Alam! Ini Jawabannya!"