IPS Mudah

5 Pulau Terbesar Di Indonesia, Luas Wilayah, dan Profilnya

Advertisement
Advertisement
Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Dikatakan demikian tak lain adalah karena dengan luas sekitar 1,904,569 km2, negara kita memiliki ribuan pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dan dari Minanga sampai ke Rote.

Jumlah pulau Indonesia sendiri adalah 17.508 buah yang terdiri dari pulau-pulau berukuran besar, hingga pulau-pulau kecil yang luasnya hanya beberapa hektar saja. Di antara ribuan pulau tersebut, sedikitnya ada 5 pulau yang memiliki ukuran paling besar. Apa saja? Berikut di artikel kali ini kita akan membahas secara singkat kelima pulau terbesar di Indonesia tersebut beserta profil singkatnya.

Pulau Terbesar Di Indonesia

Kelima pulau terbesar di Indonesia secara berurut di antaranya adalah Pulau Papua, Pulau Kalimantan, Pulau Sumatera, Pulau Sulawesi, dan Pulau Jawa. Coba perhatikan peta di bawah ini, dan tunjuklah kelima pulau tersebut!

Pulau Terbesar Di Indonesia

1. Pulau Papua

Pulau terbesar di Indonesia urutan pertama adalah Pulau Papua. Pulau yang oleh dunia luar disebut New Guinea ini terletak di bagian Timur Indonesia. Luasnya sendiri adalah sekitar 786.000 km persegi, dan menjadi pulau yang paling luas di antara pulau-pulau lain di Nusantara. Pulau Papua memiliki puncak tertinggi di pegunungan Puncak Jaya, yakni sekitar 4.884 meter di atas permukaan laut.

Wilayah Pulau Papua yang begitu besar terbagi atas 2 kedaulatan negara. Di bagian Barat merupakan  wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, sedangkan di bagian Timur adalah bagian dari wilayah Negara Papua Nugini. Bagian yang masuk ke dalam kedaulatan Indonesia berdiri 2 provinsi besar, yakni Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Sampai saat ini, ada sekitar 3.593.903 jiwa penduduk Indonesia yang tinggal di kedua provinsi tersebut.

2. Pulau Kalimantan

Kalimantan merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia dengan wilayahnya yang seluas 743.330 km persegi. Pulau yang memiliki nama lain Borneo ini terbagi menjadi 3 wilayah kedaulatan. Bagian Selatan (yang terbesar) merupakan bagian kedaulatan Indonesia, bagian utara dikuasai Malaysia, dan paling utara dimiliki negara Brunai Darussalam.

Wilayah pulau Kalimantan yang menjadi bagian kedaulatan Indonesia terbagi atas 5 provinsi, yaitu Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Kalimantan Tengah, Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi Kalimantan Selatan, dan Provinsi Kalimantan Utara. Jumlah penduduk Indonesia yang menempati kelima provinsi tersebut adalah sekitar 13.787.831 jiwa. Untuk diketahui, Pulau Kalimantan memiliki puncak tertinggi di Kinabalu, yakni sekitar 4.095 meter di atas permukaan laut.

3. Pulau Sumatera

Dengan luas wilayah sekitar 443.065 km persegi, Pulau Sumatera menempati urutan ketiga dalam daftar pulau terbesar di Indonesia ini. Puau Sumatera terbagi ke dalam 8 provinsi administratif yang meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Lampung. Jumlah penghuni kedelapan provinsi tersebut adalah sekitar 50.630.931 jiwa.

Pulau yang kerap disebut dengan nama Andalas ini memiliki puncak tertinggi di Gunung Kerinci, yakni sekitar 3.805 meter di atas permukaan laut.

4. Pulau Sulawesi

Pulau Sulawesi dalam bahasa asing disebut Celebes. Pulau ini memiliki luas wilayah sekitar 174,600 km persegi, dan menjadikannya sebagai urutan keempat dalam daftar pulau terbesar di Indonesia ini.

Pulau Sulawesi terbagi ke dalam 6 wilayah administratif yang meliputi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Provinsi Gorontalo. Jumlah penduduk keseluruhan dari keenam provinsi tersebut adalah sekitar 17.371.782 jiwa. Adapun puncak tertinggi pulau ini berada di Rantemario dengan tinggi sekitar 3.478 meter di atas permukaan laut.

5. Pulau Jawa

Dan pulau terbesar di Indonesia urutan terakhir adalah Pulau Jawa. Luas pulau ini hanya sekitar 126.700 km persegi. Kendati begitu, jumlah penduduk yang menghuninya cukup banyak, yakni sekitar 136.610.590 jiwa.

Pulau yang dalam bahasa asing bernama Java ini terbagi ke dalam 6 wilayah administratif, yang meliputi Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan DI Jogjakarta. Sementara itu, puncak tertinggi pulau ini berada di Semeru, yakni sekitar 3.676 meter di atas permukaan laut.

Nah, itulah daftar 5 pulau terbesar di Indonesia beserta profil singkatnya. Sekarang Anda sudah tahukan bahwa Indonesia selain memiliki pulau dalam jumlah yang banyak, juga memiliki beberapa pulau dengan ukuran terluas di dunia. Maka, nikmat mana lagi yang hendak kita dustakan atas limpahan kekayaan ini?
Advertisement

0 Response to "5 Pulau Terbesar Di Indonesia, Luas Wilayah, dan Profilnya"