IPS Mudah

8 Provinsi Termuda di Indonesia, Ibukota, dan Profil Lengkapnya

Advertisement
Advertisement
Sejarah pemekaran provinsi di Indonesia mengalami perjalanan panjang. Pasca kemerdekaan, negara kita awalnya hanya memiliki 8 provinsi saja. Namun, seiring berjalannya waktu, jumlah provinsi Indonesia tersebut terus bertambah, hingga kini telah mencapai 34 buah. Penambahan jumlah provinsi di Indonesia dilatarbelakangi oleh pemekaran provinsi-provinsi baru karena adanya hak otonomi daerah. Hak otonomi daerah memungkinkan suatu wilayah dapat memisahkan diri secara administratif dengan pemenuhan syarat dan pertimbangan tertentu. Lantas, dari jumlah 34 provinsi tersebut manakah di antaranya yang termasuk provinsi termuda di Indonesia?

Provinsi Termuda di Indonesia

Pasca lepasnya Timor Timur dari pangkuan Ibu Pertiwi di Masa Reformasi tahun 1999 silam, Indonesia telah memiliki 26 provinsi. Jumlah tersebut terus bertambah hingga kini telah mencapai 34 buah.

Provinsi Termuda di Indonesia

Penambahan jumlah provinsi Indonesia tersebut diawali oleh pemekaran Provinsi Maluku yang melahirkan provinsi baru bernama Provinsi Maluku Utara, hingga yang terakhir yaitu pemekaran Provinsi Kalimantan Timur yang melahirkan provinsi Kalimantan Utara. Sampai tahun 2017 ini, provinsi Kalimantan Utara merupakan provinsi termuda di Indonesia.
NoNama ProvinsiIbukota ProvinsiTanggal PembentukanDasar Hukum
8Maluku UtaraSofifi4 Oktober 1999UU No. 6 Tahun 1999
7Papua BaratManokwari4 Oktober 1999UU No. 45 Tahun 2000
6BantenSerang17 Oktober 2000UU No. 23 Tahun 2000
5Kep. Bangka BelitungPangkalpinang4 Desember 2000UU No. 27 Tahun 2000
4GorontaloGorontalo22 Desember 2000UU No. 38 Tahun 2000
3Kep. RiauTanjungpinang25 Oktober 2002UU No. 25 Tahun 2002
2Sulawesi BaratMamuju5 Oktober 2004UU No. 26 Tahun 2004
1Kalimantan BaratTanjung Selor25 Oktober 2012UU No. 20 Tahun 2012

8. Provinsi Maluku Utara

Kita awali dari Provinsi Maluku Utara. Provinsi Maluku Utara adalah provinsi termuda di Indonesia urutan ke 8. Provinsi ini dimekarkan dari Provinsi Maluku dan menjadi provinsi ke 27 Indonesia tepat sejak tanggal 4 Oktober 1999 dengan dasar hukum UU RI Nomor 46 Tahun 1999 dan UU RI Nomor 6 Tahun 2003.

10 provinsi termuda di indonesia

Maluku Utara awalnya beribukota di Ternate, akan tetapi setelah 11 tahun masa transisi dan persiapan infrastruktur, ibukota kemudian dipindahkan ke kota Sofifi yang terletak di Pulau Halmahera sejak tanggal 4 Agustus 2010.

Provinsi Maluku Utara kini terbagi atas beberapa wilayah kabupaten dan kota, tepatnya 8 kabupaten dan 2 kota, di antaranya Kabupaten Halmahera Barat, Halmahera Tengah, Halmahera Timur, Halmahera Selatan, Halmahera Utara, Kep. Sula, Pulau Morotai, Pulau Taliabu, Kota Ternate, dan Kota Tidore Kepulauan.

7. Papua Barat

Provinsi Papua Barat adalah provinsi Indonesia ke 28 yang dimekarkan dari Provinsi Papua. Provinsi ini lahir pada tanggal 4 Oktober 1999 dengan dasar hukum UU RI Nomor 45 Tahun 1999. Awalnya provinsi ini bernama Irian Jaya Barat. Namun, nama tersebut kemudian diubah menjadi Papua Barat pada tanggal 18 April 2007 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2007.

provinsi termuda di indonesia beribukota di

Provinsi Papua Barat membawahi 14 kabupaten dan 1 kota yang meliputi Kabupaten Fakfak, Manokwari, Manokwari Selatan, Maybrat, Peg. Arfak, Kaimana, Raja Ampat, Kab. Sorong, Sorong Selatan, Tambrauw, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, dan Kota Sorong. Keseluruhan wilayah Provinsi Papua Barat tersebut berada tepat di kepala burung Pulau Papua dan beribukota di Manokwari. [Baca Juga : Pulau Terbesar di Indonesia]

6. Provinsi Banten

Selang setahun setelah terbentuknya provinsi Maluku Utara, Jawa Barat kemudian memekarkan diri. Pemekaran Jawa Barat melahirkan provinsi baru bernama Provinsi Banten. Provinsi ini menjadi provinsi termuda di Indonesia urutan ke 6 sekaligus sebagai provinsi ke 29 tepat pada tanggal 17 Oktober 2000. Pembentukan provinsi Banten dilandasi dengan dasar hukum Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2000.

provinsi tertua di indonesia

Provinsi Banten beribukota di Serang dan membawahi 4 kabupaten dan 4 kota, di antaranya Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Cilegon, Kota Serang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

5. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Bersamaan dengan lahirnya provinsi Banten, lahir pula-lah provinsi ke 30 Indonesia yang bernama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Tepatnya pada tanggal 4 Desember 2000, Bangka Belitung memisahkan diri dari provinsi induknya, Sumatera Selatan dan membentuk provinsi sendiri. Pembentukan provinsi Bangka Belitung dilandasi dengan dasar hukum UU Nomor 27 Tahun 2000.

provinsi termuda di indonesia tahun 2004

Provinsi Bangka Belitung terdiri dari 2 pulau terbesar, yakni Bangka dan Belitung, serta 470 pulau kecil lainnya. Provinsi yang beribukota di Pangkalpinang ini membawahi 6 kabupaten dan 1 kota, yang meliputi Kabupaten Bangka, Kabupaten Belitung, Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Selatan, Kabupaten Belitung Timur, dan Kota Pangkalpinang.

Selain dikenal sebagai penghasil timah terbesar di Indonesia, provinsi termuda di Indonesia urutan ke 5 ini juga dianggap memiliki banyak destinasi wisata unggulan berupa pantai-pantai berpasir putih yang sangat indah. Bahkan, hingga kini, sektor pariwisata merupakan penyumbang besar bagi pendapat asli provinsi ini.

4. Provinsi Gorontalo

Delapan belas hari setelah lahirnya Provinsi Bangka Belitung, tepatnya pada tanggal 22 Desember 2000, Provinsi Sulawesi Utara juga memekarkan diri dan melahirkan provinsi baru. Provinsi Indonesia ke 31 itu bernama Provinsi Gorontalo. Pembentukan provinsi ini dilandasi dengan dasar hukum UU Nomor 38 Tahun 2000.

provinsi termuda di indonesia

Provinsi Gorontalo membawahi 5 kabupaten dan 1 kota yang meliputi Kabupaten Boalemo, Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Gorontalo Utara, Kabupaten Pohuwato, dan Kota Gorontalo. Ibukota provinsi ini terletak di kota Gorontalo.

3. Provinsi Kepulauan Riau

Provinsi Kepulauan Riau dimekarkan dari Provinsi Riau sejak tanggal 25 Okober 2002 melalui UU No. 25 Tahun 2002. Provinsi Kepulauan Riau adalah provinsi termuda di Indonesia urutan ke 3 sekaligus menjadi provinsi Indonesia yang ke 32. Provinsi ini terdiri dari 2.408 pulau yang tersebar di selat Karimata hingga Laut China Selatan.

provinsi termuda di indonesia

Beribukota di Tanjungpinang, Provinsi Kep. Riau membawahi 5 kabupaten dan 2 kota yang meliputi Kabupaten Bintan Kepulauan, Kabupaten Karimun, Kab. Kep. Anambas, Kab. Lingga, Natuna, kota Batam, dan Kota Tanjung Pinang.

2. Provinsi Sulawesi Barat

Provinsi Sulawesi Barat adalah provinsi termuda di Indonesia urutan ke 2 dan sekaligus menjadi provinsi Indonesia ke 33 yang lahir sejak tanggal 5 Oktober 2004. Provinsi ini dimekarkan dari Provinsi Sulawesi Selatan dengan dasar hukum UU No 26 Tahun 2004. Provinsi Sulawesi Barat membawahi 6 kabupaten yang meliputi Kab. Majene, Mamasa, Mamuju, Mamuju Tengah, Mamuju Utara, dan Polewali Mandar. Ibukotanya sendiri ada di Kota Mamuju.

provinsi termuda di indonesia

1. Provinsi Kalimantan Utara

Dan inilah provinsi termuda di Indonesia yang sebenarnya, Provinsi Kalimantan Utara. Ia adalah provinsi ke 34 Indonesia yang terlahir pada tanggal 25 Oktober 2012 setelah memisahkan diri dari Provinsi Kalimantan Timur. Pembentukan provinsi yang beribukota di Tanjung Selor ini didasari oleh UU No. 20 Tahun 2012.

provinsi termuda di indonesia

Provinsi Kalimantan Utara membawahi 4 kabupaten dan 1 kota yang meliputi Kab. Nunukan, Malinau, Bulungan, Tana Tidung, dan kota Tarakan. Untuk mengejar ketertinggalannya dari provinsi-provinsi lain di Indonesia, Kalimantan Utara hingga sekarang terus melakukan pembangunan di bawah kepemimpinan Ir. Irianto Lambrie sebagai gubernurnya.

Nah, demikianlah daftar 8 provinsi termuda di Indonesia beserta profil singkatnya. Seiring berjalannya waktu dan selama masih berlakunya undang-undang tentang otonomi daerah, jumlah provinsi di Indonesia mungkin saja bisa terus bertambah di masa-masa yang akan datang.
Advertisement

0 Response to "8 Provinsi Termuda di Indonesia, Ibukota, dan Profil Lengkapnya"