IPS Mudah

10 Negara dengan Hutan Terluas di Dunia dan Profil Lengkapnya!

Advertisement
Advertisement
Negara dengan Hutan Terluas di Dunia - Kita semua sepakat bahwa keberadaan hutan merupakan hal penting yang selalu dibutuhkan untuk menjaga kelangsungan hidup seluruh penghuni bumi. Tanpa hutan, keseimbangan alam akan terganggu dan menimbulkan berbagai dampak negatif bagi kerusakan lingkungan. Selain memberikan fungsi ekologis, keberadaan hutan nyatanya juga tidak bisa dilepaskan dari manfaat ekonomi. Hutan bisa menjadi salah satu sumber devisa dan pendapatan bagi negara maupun setiap masyarakatnya.

Negara dengan Hutan Terluas di Dunia

Meski ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari keberadaan hutan, nyatanya tidak semua negara di dunia memiliki hutan, alasannya utamanya tak lain adalah karena kondisi geografis masing-masing wilayah negara yang berbeda-beda. Dengan kondisi geografis tersebut, ada negara yang tidak memiliki hutan, namun ada pula negara dengan luas hutan yang besar. Berikut di artikel kali ini kita akan membahas mana saja negara-negara dengan hutan terluas di dunia beserta penjelasannya.

Negara dengan Hutan Terluas di Dunia

10. India

India merupakan negara terbesar ketujuh dalam hal luas wilayah. Dari keseluruan wilayah negara ini, 778.424 km persegi atau 30% di antaranya adalah kawasan hutan. Hutan di India terdiri dari semua jenis hutan yang ada di dunia, mulai dari hutan dengan vegetasi semak belukar khas padang pasir, hutan hujan tropis, hingga hutan khas bioma tundra.

9. Indonesia

Negara kita juga termasuk salah satu negara dengan hutan terluas di dunia. Dengan luas hutan sekitar 884.950 km persegi kita menempati urutan ke 9 dalam daftar ini. Hutan di Indonesia termasuk memiliki keanekaragaman yang tinggi dari sisi jenisnya, mulai dari hutan gambut, hutan hujan tropis, hingga hutan bakau. Selain itu, karena iklim dan lokasinya yang berada dekat dengan katulistiwa membuat kawasan hutan Indonesia menjadi rumah berbagai flora dan fauna unik, seperti orang utan, berbagai spesies burung, dan tanaman-tanaman perdu.

Kendati demikian, luas hutan di Indonesia belakangan terus mengalami penurunan. Masalah utama yang menjadi penyebabnya adalah faktor bencana kebakaran, illegal logfing, serta konversi hutan ke usaha perkebunan kelapa sawit.

8. Argentina

Argentina memiliki wilayah hutan sebesar 32% dari luas keseluruhan negaranya, yakni sekitar 945.336 km persegi. Hutan Argentina lebih banyak terletak di wilayah Utara karena pada wilayah tersebut, curah hujan yang diterima dari sisi angin Pegunungan Andes terbilang cukup tinggi.

Hutan Argentina terletak di kawasan Patagonia. Kawasan hutan ini disebut memiliki keanekaragaman margasatwa yang unik. Tak heran bila kemudian kawasan tersebut menjadi daya tarik wisata yang populer di Argentina dan negara-negara di Amerika Selatan.

7. Australia

Meski dikenal sebagai benua tandus dan bergurun, Australia nyatanya juga termasuk salah satu negara dengan hutan terluas di dunia. Hutan negara ini terletak di kawasan timur yang subur dan bercurah hujan tinggi. Luasnya sekitar 1.470.832 km persegi atau sekitar 19% dari luas wilayah keseluruhan negaranya.

Hutan di Australia dianggap memiliki keanekaragaman hayati yang sangat unik. Berbagai hewan endemik hanya bisa ditemukan di negara ini akibat isolasi geografis yang membatasi persebarannya. Kendati demikian, luas hutan Australia terus mengalami penurunan karena negara ini kerap dilanda kebakaran hebat.

6. Kongo

Meskipun negara yang terletak di Benua Afrika ini terbilang kecil, namun sekitar 52% dari luas keseluruhan wilayahnya ternyata masih berupa hutan yang subur. Luas hutan di Kongo adalah sekitar 1.819.326 km persegi. Semuanya berada di sekitar pesisir sungai dan lembah dengan pasokan curah hujan yang cukup tinggi. Dengan kesuburan dan pasokan air yang terus terjaga, hutan Kongo dianggap sebagai hutan paling lestari di dunia. Kendati begitu, kelestarian hutan yang dimilikinya hingga kini masih belum dapat meningkatkan pendapatan dari sektor pariwisata akibat ketidakstabilan politik yang terus terjadi di negara ini.

5. Cina

Luas hutan yang dimiliki China adalah sekitar 1.874.384 km persegi. Luas tersebut setara dengan 18% dari keseluruhan luas wilayah kedaulatan negara ini. Luas hutan di China terus mengalami penyusutan seiring pesatnya arus urbanisasi, pertambangan, dan modernisasi. Akan tetapi, pemerintah negara ini telah berkomitmen untuk memperbaiki hutan mereka dengan menambah 5 juta hektar hutan baru di setiap tahunnya hingga 2020 nanti.

4. Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah negara dengan hutan terluas di dunia urutan keempat. Luas hutan Amerika adalah sekitar 3.030.890 km persegi atau sekitar 30% dari luas wilayah keseluruhan negara ini. Untuk diketahui, hutan di Amerika Serikat memiliki jenis yang sangat beragam, baik dari segi kerapatan, maupun keanekaragaman vegetasinya. Akan tetapi, belakangan ini hutan di Amerika terus mengalami kerusakan akibat industrialisasi yang semakin maju, sehingga sangat dimungkinkan luas hutan tersebut akan terus mengalami penyusutan pada tahun-tahun yang akan datang.

3. Kanada

Kanada adalah negara dengan luas wilayah terbesar nomor 2 di dunia setelah Rusia, yakni sebesar 9.976.140 km persegi. Dari luas wilayah tersebut, 30% di antaranya yakni sebesar 3.101.340 km persegi adalah wilayah hutan yang tidak berpenghuni. Hutan kanada memiliki tingkat keanekaragaman hayati yang rendah karena pengaruh iklim sub tropis pada lingkungannya. Vegetasi khas pegunungan dan tundra seperti cemara dan pinus adalah jenis vegetasi terbesar yang hidup di hutan-hutan negara ini.


2. Brasil

Brasil adalah negara yang memiliki hutan hujan tropis terluas di dunia. Luas hutan negara ini adalah sekitar 4.776.980 km persegi dengan wilayah terbesarnya yakni hutan hujan Amazon. Hutan Amazon adalah rumah bagi keanekaragaman hayati terbesar di dunia. Berbagai flora dan fauna hidup di wilayah ini, termasuk jenis flora dan fauna langka seperti ikan piranha, ular anakonda, dan berbagai jenis anggrek.

Perlu diketahui bahwa hutan hujan Amazon bukan hanya berada di wilayah Brazil. Saking luasnya, hutan ini juga mencakup 8 negara lainnya di Amerika Latin, seperti Kolombia, Peru, Venezuela, Ekuador, Bolivia, Guyana, Suriname, dan Guyana. Kendati begitu, 60% wilayah hutan ini memang terletak di Brazil.

1. Rusia

Dan negara dengan hutan terluas di dunia urutan pertama adalah Rusia. Negara ini memiliki hutan dengan luas sekitar 7.762.602 km persegi yang tersebar di seluruh wilayahnya. Kendati demikian, wilayah hutan terluas negara ini terletak di kawasan Utara di sekitar Siberia.

Karena berada di kawasan sub tropis, hutan-hutan di Rusia kadang kali di tutupi salju. Oleh karena itu, keragaman hayatinya juga rendah. Pohon pinus dan cemara adalah beberapa jenis tumbuhan yang hidup di sana. Sementara fauna yang hidup meliputi beruang kutub, beruang coklat, serigala, dan berbagai jenis ular.

Nah, demikianlah daftar 10 negara dengan hutan terluas di dunia. Seiring dengan perubahan iklim global yang terus memburuk, kita berharap supaya kondisi hutan kita dapat tetap terjaga sehingga keseimbangan lingkungan dengan segala kelestariannya bisa diwariskan kelak ke anak cucu kita. Semoga bermanfaat!
Advertisement

0 Response to "10 Negara dengan Hutan Terluas di Dunia dan Profil Lengkapnya!"