IPS Mudah

10 Faktor Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan dan Gambarnya

Advertisement
Advertisement
Setiap manusia memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut bisa terjadi pada jumlah kebutuhan, maupun jenis kebutuhannya. Misalnya antara petani yang lebih membutuhkan cangkul dengan para pelajar yang lebih membutuhkan buku. Atau antara balita yang membutuhkan makanan lembut dalam jumlah sedikit dan orang dewasa yang membutuhkan lebih banyak makanan. Perbedaan kebutuhan manusia dapat terjadi karena adanya beberapa faktor yang mempengaruhinya. Apa saja? Berikut di artikel kali ini kita akan membahas faktor faktor yang mempengaruhi kebutuhan tersebut beserta penjelasannya!

Faktor Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan

Sedikitnya, ada 10 faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia. Kesepuluh faktor tersebut meliputi kondisi alam, agama, pekerjaan, status sosial, status ekonomi, adat istiadat, usia, peradaban, hobi, dan tingkat kepuasan. Faktor-faktor tersebut bisa saling mempengaruhi satu sama lain dalam mempengaruhi kebutuhan dan keinginan seseorang.

Faktor Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan

1. Kondisi Alam

Kondisi alam merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi jenis kebutuhan manusia. Kondisi alam yang berbeda menuntut adaptasi yang berbeda pula dari setiap manusia. Contoh pengaruh kondisi alam terhadap perbedaan kebutuhan misalnya terkait kebutuhan seseorang terhadap jenis pakaian yang digunakan. Orang yang hidup di daerah subtropis akan membutuhkan pakaian tebal agar tidak kedinginan, sedangkan orang yang hidup di daerah tropis membutuhkan pakaian yang tipis, menyejukan, dan mudah menyerap keringat.

2. Agama dan Kepercayaan

Ada banyak agama dan kepercayaan yang dianut masyarakat dunia. Masing-masing agama tersebut memiliki ritual atau ibadah yang berbeda-beda. Perbedaan inilah yang kemudian menjadi faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia. Contohnya, orang Muslim akan membutuhkan sejadah, rukuk, kopiah, dan sarung, sedangkan orang Hindu membutuhkan bunga, buah, dan pakaian ibadahnya sendiri.

3. Profesi atau Pekerjaan

Profesi atau pekerjaan juga menjadi faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia. Seorang petani membutuhkan cangkul, pupuk, pestisida, dan sarana pertanian lainnya, sedangkan para blogger membutuhkan komputer, akses internet, dan listrik.

4. Status Sosial

Status sosial adalah tingkat atau kedudukan seseorang dalam kehidupan sosial masyarakat yang diperoleh dengan sendirinya secara otomatis. Seseorang yang dianggap berasal dari keluarga priyayi misalnya, mereka akan memiliki kebutuhan yang lebih beragam sebagai konsekuensi dari status sosialnya di masyarakat. [Baca Juga : Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi]

5. Status Ekonomi

Semakin besar pendapatan, maka akan semakin banyak pula kebutuhan yang harus dipenuhi seseorang. Begitu juga sebaliknya, semakin sedikit pendapatan, maka semakin sedikit pula kebutuhan orang tersebut. Status ekonomi memang menjadi faktor yang mempengaruhi kebutuhan karena setiap orang akan menyesuaikan kebutuhannya dengan kemampuan ekonominya. Orang dengan status ekonomi tinggi (kaya) cenderung akan memperhatikan merk, kualitas, dan kepuasan dengan standar tertentu dalam memenuhi kebutuhannya.

6. Adat Istiadat

Adat istiadat setiap daerah dan kelompok masyarakat berbeda-beda. Perbedaan tersebut mengakibatkan kebutuhan masing-masing kelompok masyarakat juga berbeda. Contohnya, dalam penyelenggaraan upacara pernikahan adat Lampung cenderung akan membutuhkan biaya yang lebih besar dibandingkan dengan penyelenggaraan upacara adat Jawa.

7. Faktor Usia

Faktor usia juga termasuk faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia. Berbeda usia, maka berbeda pula kebutuhannya. Sebagai contoh, bayi dan balita cenderung membutuhkan makanan bertekstur lembut dalam jumlah yang sedikit, sementara orang dewasa membutuhkan makanan yang lebih banyak dan lebih variatif. Perbedaan kebutuhan berdasarkan faktor usia juga bisa kita lihat pada variabel-variabel lainnya, seperti jenis dan ukuran pakaian atau kebutuhan akan hiburan dan rekreasi.

8. Tingkat Peradaban atau Pendidikan

Tingkat kemajuan peradaban juga mempengaruhi kebutuhan manusia. Seseorang dengan peradaban yang terbelakang, seperti masyarakat yang hidup di pedalaman Papua tentu tidak membutuhkan pulsa, voucher game, kartu kredit, atau rekening bank. Berbeda dengan masyarakat di kota kota besar yang justru membutuhkan hal-hal tersebut.

9. Hobi dan Kegemaran

Setiap orang memiliki hobi atau kegemaran yang berbeda-beda. Ada orang yang hobinya memancing, membaca, menulis, bernyanyi, golf, sepakbola, dan lain sebagainya. Masing-masing hobi tersebut memberikan konsekuensi terhadap perbedaan kebutuhan mereka. Orang yang hobi memancing lebih membutuhkan alat-alat pancing dibandingkan buku-buku bacaan. Begitu sebaliknya, orang yang hobi membaca pasti lebih butuh dengan buku bacaan dibanding alat alat pancing.

10. Tingkat Kepuasan

Setiap orang memiliki tingkat kepuasan yang berbeda-beda. Misalnya, ada orang yang sudah puas dengan makan dengan mie instan saja, namun ada pula orang yang menganggap belum makan bila ia hanya memakan mie instan. Tingkat kepuasan inilah yang kemudian menjadikan kebutuhan tiap orang menjadi berbeda.

Nah, demikianlah beberapa faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia lengkap dengan contoh-contoh perbandingannya. Kebutuhan setiap orang memang berbeda-beda, itulah yang mendasari para produsen untuk memproduksi barang-barang dengan spesifikasi dan kegunaan yang berbeda-beda pula.
Advertisement

0 Response to "10 Faktor Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan dan Gambarnya"