IPS Mudah

7 Faktor Penyebab Perubahan Sosial (Eksternal dan Internal) serta Contohnya

Advertisement
Advertisement
Secara sosiologis, perubahan sosial akan selalu terjadi pada pola kehidupan manusia seiring dengan berjalannya waktu. Sebagai mahluk sosial, manusia akan selalu menyesuaikan dirinya untuk bisa memperoleh kehidupan yang lebih baik dalam setiap keadaan yang dihadapinya. Perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat bisa terjadi baik dalam aspek norma maupun aspek kebudayaan karena adanya beberapa faktor penyebab. Nah, apa saja faktor penyebab perubahan sosial itu? Berikut ini kami akan membahasnya secara lengkap beserta contoh-contohnya.

Faktor Penyebab Perubahan Sosial

Secara garis besar, faktor penyebab perubahan sosial dikelompokan menjadi 2 jenis, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam kehidupan masyarakat sendiri, sementara faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar masyarakat.

Faktor Penyebab Perubahan Sosial

Yang termasuk faktor intern di antaranya dinamika penduduk, adanya penemuan baru, adanya konflik dalam masyarakat, dan revolusi (pemberontakan). Sedangkan yang termasuk faktor ekstern di antaranya kondisi alam, adanya perang, dan pengaruh kebudayaan masyarakat lain.

1. Dinamika Penduduk

Dinamika penduduk adalah suatu kondisi perubahan jumlah penduduk di suatu kelompok masyarakat, baik yang berupa pertambahan maupun pengurangan. Dinamika penduduk dapat terjadi akibat migrasi (perpindahan), kelahiran, dan kematian.

Dinamika penduduk dapat menjadi salah satu faktor penyebab perubahan sosial dalam suatu kelompok masyarakat karena bisa mempengaruhi tingkat persaingan antar individu dalam masyarakat untuk memperoleh sumber daya bagi keberlangsungan hidupnya. Contoh perubahan sosial yang disebabkan oleh dinamika penduduk misalnya menjamurnya jasa ojek online di kota-kota besar akibat jumlah kebutuhan masyarakat akan moda transportasi yang nyaman tanpa harus berdesak-desakan.

2. Adanya Penemuan-Penemuan Baru

Penemuan dapat digolongkan menjadi 2 jenis, yaitu penemuan atas suatu hal yang benar-benar baru (discovery) dan penemuan yang berupa penyempurnaan suatu penemuan lama (invention). Penemuan baru merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya perubahan sosial di masyarakat karena dapat memicu adaptasi atas pembaruan norma dan kebudayaan yang timbul dari hasil penemuan.

Contoh perubahan sosial yang disebabkan penemuan baru misalnya adalah pola pemanenan petani atas tanaman padi yang ditanamnya. Sebelum ditemukannya mesin pemanen padi (harvester), para petani biasanya melakukan pemanenan secara bertahap dan bergotong royong, sedangkan setelah ditemukannya mesin tersebut, pemanenan dapat dilakukan secara langsung tanpa harus melibatkan petani lainnya.

3. Konflik dalam Masyarakat

Konflik antar kelompok dalam masyarakat juga merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya perubahan sosial budaya. Kita bisa melihat adanya perubahan sosial dengan membandingkan kondisi sosial masyarakat yang ada antara sebelum dan sesudah terjadinya konflik.

Contoh perubahan sosial yang disebabkan konflik misalnya peningkatan rasa dan sikap toleransi antar umat beragama di Indonesia setelah adanya tragedi pembakaran masjid di Tolikora, Papua.

4. Pemberontakan dan Revolusi

Revolusi dapat terjadi karena adanya keinginan kuat dari masyarakat untuk mengubah keadaan. Sedangkan pemberontakan terjadi karena keinginan masyarakat yang kuat untuk menciptakan perubahan ditentang atau ditolak oleh pemimpin masyarakat tersebut.

Revolusi dan pemberontakan merupakan faktor pendorong perubahan sosial yang terjadi secara cepat. Contoh perubahan sosial yang disebabkan revolusi misalnya revolusi industri di Eropa, revolusi Rusia, dan Reformasi di Indonesia.

  • Revolusi industri di Eropa pada abad ke 16 Masehi menyebabkan perubahan pola produksi masyarakat dengan digunakannya berbagai mesin dan peralatan canggih hasil teknologi yang ditemukan.
  • Revolusi di Rusia pada tahun 1917 mengubah sistem pemerintahan Rusia yang awalnya berupa kerajaan menjadi diktator proletariat berlandas doktrin Marxisme.
  • Reformasi di Indonesia pada tahun 1998 meruntuhkan kekuasaan orde baru yang diktator dan menciptakan sebuah sistem demokrasi yang terbuka.


5. Kondisi Alam

Kondisi alam merupakan faktor penyebab perubahan sosial budaya yang tidak dapat dihindari karena merupakan kodrat yang berasal dari Tuhan. Faktor ini dapat berupa bencana alam, perubahan iklim, maupun fenomena alam.

Contoh perubahan sosial yang disebabkan kondisi alam misalnya pola pemukiman di daerah aliran sungai, pola pertanian di daerah bercurah hujan rendah, dan pola struktur bangunan di daerah rawan gempa.

6. Peperangan

Peperangan dapat menjadi faktor penyebab perubahan sosial karena biasanya pihak pemenang perang akan memaksakan ideologi dan kepentingannya kepada pihak yang kalah. Dengan pemaksaan tersebut, pihak yang kalah mau tidak mau akan mengubah pola kehidupan sosialnya sesuai dengan yang diinginkan para pemenang perang.

Contoh perubahan sosial yang disebabkan peperangan terjadi pada kehidupan masyarakat Jepang lebih disiplin setelah negara mereka kalah dalam Perang Dunia II, kehidupan masyarakat Iraq setelah perang, serta kehidupan masyarakat Indonesia pada masa kolonialisasi Belanda.

7. Pengaruh Kebudayaan dari Masyarakat Lain

Dua masyarakat yang saling memiliki perbedaan budaya dan norma akan melakukan hubungan timbal balik satu sama lain. Hubungan timbal balik tersebut misalnya berupa pertukaran budaya. Pertukaran kebudayaan antara dua masyarakat dapat terjadi tanpa paksaan (demonstration effect), saling menolak (cultural animosity), dan salah satu pihak saja yang menerima (immitation).

Contoh perubahan sosial yang terjadi akibat pengaruh kebudayaan masyarakat lain misalnya perubahan kepercayaan nenek moyang Indonesia yang awalnya animisme dinamisme menjadi beragama Hindu Budha setelah masuknya pengaruh pedagang India.

Nah, demikianlah penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang 7 faktor penyebab perubahan sosial dan contoh-contohnya. Semoga bermanfaat dan membantu pelajaran di sekolah. Salam!
Indeks Perubahan Sosial : 1. Pengertian - 2. Ciri-Ciri - 3. Bentuk - 4. Contoh - 5. Faktor Penyebab - 6. Faktor Pendorong - 7. Faktor Penghambat - 8. Dampak Positif - 9. Dampak Negatif - 10. Teori Perubahan Sosial.
Advertisement

0 Response to "7 Faktor Penyebab Perubahan Sosial (Eksternal dan Internal) serta Contohnya"