IPS Mudah

5 Contoh Konflik Pribadi, Gambar, dan Penjelasannya

Advertisement
Advertisement
Konflik dapat terjadi dalam beragam bentuk, mulai dari konflik pribadi, konflik antar kelompok, konflik rasial, konflik politik, dan konflik internasional. Bentuk-bentuk konflik tersebut dapat terjadi akibat adanya perselisihan, pertentangan, dan atau perbedaan kepentingan antar dua atau lebih individu/kelompok dalam mendapatkan suatu sumber daya untuk mempertahankan eksistensi, prinsip, atau keberlangsungan hidupnya. Di antara banyak bentuk konflik, konflik pribadi adalah konflik yang paling sederhana dan yang paling sering terjadi. Lantas, apakah yang dimaksud dengan konflik pribadi tersebut? Seperti apa contoh konflik pribadi yang terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari? Berikut di artikel kali ini kita akan membahasnya secara lengkap!

Contoh Konflik Pribadi

Yang dimaksud dengan konflik pribadi adalah suatu konflik yang terjadi antarpibadi karena adanya perbedaan-perbedaan tertentu yang saling dipertahankan oleh keduanya. Contoh konflik pribadi dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari, misalnya konflik masalah hutang piutang, konflik batas tanah, konflik rumah tangga, konflik harta warisan, atau konflik masalah jual beli.

Contoh Konflik Pribadi

1. Masalah Hutang Piutang

Masalah hutang piutang merupakan salah satu contoh konflik pribadi yang paling sering terjadi. Konflik ini didasari oleh tidak adanya rasa tanggung jawab dari salah satu pihak yang terkait dengan transaksi hutang piutang yang dilakukannya. Biasanya, orang yang meminjam uang akan sulit mengembalikan uang yang dipinjamnya karena berbagai alasan, baik itu karena malas membayar, belum memiliki uang, atau karena lupa membayar. Karena masalah hutang piutang, tidak jarang dua orang yang awalnya berteman menjadi saling bermusuhan dan tidak saling bertegur sapa.

2. Konflik Batas Tanah

Konflik batas tanah kerap terjadi antara 2 pribadi yang memiliki bidang tanah yang saling bersinggungan. Biasanya, konflik ini diawali oleh rasa tidak terima atas pemindahan batas tanah yang dilakukan secara sepihak oleh tetangganya. Kendati demikian, konflik ini dapat dengan mudah diatasi, baik secara perdata maupun secara kekeluargaan. [Baca Juga : Faktor Penyebab Konflik Sosial]

3. Masalah Rumah Tangga

Dalam hubungan rumah tangga, kadang kali terdapat konflik yang terjadi antara anggota keluarga. Baik itu antara anak dan orang tua, istri dengan suami, kakak dengan adik, dan lain sebagainya. Contoh konflik pribadi ini cenderung lebih mudah diatasi dengan adanya sikap saling pengertian dalam hubungan kekeluargaan. Akan tetapi, tak jarang jika dibiarkan berlarut-larut, konflik tersebut juga bisa menyebabkan perselisihan di ranah pengadilan.

4. Konflik Jual Beli

Konflik jual beli umumnya terjadi karena adanya ketidaksepakatan atas perjanjian transaksi jual beli yang dilakukan, baik itu terkait harga, garansi, maupun kualitas barang. Contoh konflik pribadi ini dapat diselesaikan dengan bentuk-bentuk akomodasi maupun pengaduan kepada pihak berwenang. [Baca Juga : Contoh Konflik antar Agama]

5. Konflik Harta Warisan

Contoh konflik pribadi selanjutnya adalah konflik terkait pembagian harta warisan. Konflik ini umumnya terjadi karena adanya ketidakadilan yang dirasakan salah satu pihak. Meskipun masih sama-sama saudara kandung, ketika seseorang merasa eksistensinya dibedakan, maka akan muncul ketidakpuasan yang berujung pada timbulnya konflik.

Kendati demikian, sebaiknya kita tidak menjadikan harta warisan sebagai biang konflik. Bila dikemudian hari Anda merasa ada ketidakadilan terkait pembagian harta waris, alangkah baiknya Anda diam dan tidak mempermasalahkannya, karena harta waris kadangkali justru membawa keburukan terutama bila didapatkan atas dasar keserakahan.

Nah, demikianlah beberapa contoh konflik pribadi yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Semoga kita semua dapat menghindari adanya konflik dalam keseharian kita, baik dengan saudara, tetangga, maupun orang lain, sehingga kita bisa hidup damai dalam kebahagiaan. Semoga bermanfaat!
Advertisement

0 Response to "5 Contoh Konflik Pribadi, Gambar, dan Penjelasannya"