IPS Mudah

5 Ciri Ciri Perubahan Sosial, Penjelasan, dan Contohnya

Advertisement
Advertisement
Perubahan sosial adalah sebuah proses yang pasti berlangsung pada setiap kelompok masyarakat. Proses perubahan sosial dapat terjadi akibat dari adanya adaptasi kelompok masyarakat terhadap gejala atau kondisi eksternal maupun internal yang dialaminya. Kendati demikian, tidak semua gejala sosial bisa mengakibatkan perubahan dan bisa dikatakan sebuah perubahan sosial, karena gejala yang bisa mengakibatkan perubahan sosial bisa diamati dari adanya karakterisitik dan beberapa ciri. Nah, di artikel kali ini kita akan membahas apa saja karakteristik dan ciri ciri perubahan sosial tersebut beserta contoh-contohnya.

Ciri Ciri Perubahan Sosial

Menurut Janu Murdiyatmoko, dalam bukunya : Sosiologi, Memahami dan Mengkaji Masyarakat, suatu perubahan dapat dikatakan sebagai bentuk perubahan sosial bila memiliki beberapa karakteristik. Karakteristik atau ciri perubahan sosial tersebut meliputi beberapa hal, di antaranya:

Ciri Ciri Perubahan Sosial

1. Berkelanjutan

Ciri ciri perubahan sosial yang paling utama adalah sifatnya yang berkelanjutan. Ini artinya, setiap masyarakat akan selalu mengalami perubahan, baik secara cepat maupun lambat. Perubahan sosial merupakan konsekuensi dasar yang terjadi karena sifat manusia yang merupakan mahluk sosial. Dengan sifat tersebut, maka tidak mungkin ada masyarakat yang berhenti perkembangannya.

2. Imitatif

Perubahan sosial juga bersifat imitatif, artinya perubahan yang terjadi pada suatu kelompok masyarakat (lembaga) akan diikuti oleh kelompok masyarakat lainnya. Hal ini disebabkan karena masing-masing kelompok akan saling mempengaruhi (interdependen) dan tidak dapat mengisolir diri dari perubahan-perubahan yang ada. Dengan demikian, ciri ciri perubahan sosial ini bisa diartikan sebagai suatu kesinambungan yang menjadi keterkaitan (mata rantai).

Contoh perubahan sosial yang memberikan ciri imitatif misalnya perubahan desain rumah, gaya rambut, atau gaya berbusana yang ditampilkan para artis yang akan diimitasi oleh para penggemarnya hingga meluas kepada masyarakat umum.

3. Disorganisasi Sementara

Suatu perubahan sosial, terutama perubahan sosial yang bersifat cepat akan menimbulkan disorganisasi yang bersifat sementara. Disorganisasi adalah suatu keadaan yang kacau yang diakibatkan adaptasi bagian-bagian masyarakat terhadap perubahan sosial yang terjadi. Kendati demikian, disorganisasi biasanya akan diikuti oleh reorganisasi dan pemantapan atas adopsi norma dan kebudayaan baru yang diterima.

Contoh disorganisasi sementara yang terjadi pada perubahan sosial misalnya disorganisasi politik pasca reformasi yang dialami Indonesia di tahun 1998.

4. Hubungan Kausalitas (Timbal Balik)

Perubahan sosial tidak terbatas pada bidang material saja atau immaterial saja. Perubahan sosial dapat terjadi pada keduanya karena antara aspek material dan immaterial memiliki satu hubungan kausalitas (timbal balik). Contoh hubungan kausalitas ini misalnya terjadi antara penemuan teknologi komunikasi dengan pola komunikasi masyarakat.

5. Penggolongan Watak (Tipologis)

Secara tipologis atau golongan watak manusia, perubahan sosial dapat dikategorikan dalam beberapa bentuk, di antaranya proses sosial, segmentasi, perubahan struktur, dan perubahan struktur kelompok.

  • Proses sosial meliputi pergantian beragam penghargaan, fasilitas, dan anggota dari suatu struktur.
  • Segmentasi meliputi pemekaran unit-unit struktural yang tidak berbeda dengan unit-unit yang ada sebelumnya.
  • Perubahan struktur meliputi timbulnya perubahan peran dari organisasi yang baru.
  • Perubahan struktur kelompok meliputi suatu pergantian komposisi, tingkat kesadaran, maupun hubungan antar kelompok dalam masyarakat.


Nah, demikianlah ciri ciri perubahan sosial dan contohnya yang bisa kami sampaikan dalam kesempatan ini. Perubahan sosial memang merupakan sesuatu yang pasti terjadi, oleh karena itu kesiapan diri kita untuk beradaptasi terhadap segala macam perubahan mutlak diperlukan agar kita tidak tertinggal, dan justru bisa menjadi agen perubahan (agent of change). Semoga bermanfaat!
Indeks Perubahan Sosial : 1. Pengertian - 2. Ciri-Ciri - 3. Bentuk - 4. Contoh - 5. Faktor Penyebab - 6. Faktor Pendorong - 7. Faktor Penghambat - 8. Dampak Positif - 9. Dampak Negatif - 10. Teori Perubahan Sosial.
Advertisement

0 Response to "5 Ciri Ciri Perubahan Sosial, Penjelasan, dan Contohnya"