IPS Mudah

3 Bunga Nasional Indonesia : Puspa Bangsa, Puspa Pesona, dan Puspa Langka

Advertisement
Advertisement
Setiap negara di dunia mengambil satu atau lebih jenis bunga yang tumbuh di wilayahnya untuk dijadikan lambang kepribadian bangsa. Bunga-bunga tersebut dikenal dengan istilah bunga bangsa atau bunga nasional. Negara Malaysia misalnya menjadikan kembang sepatu sebagai bunga nasionalnya, India dan Mesir dengan bunga teratai-nya, Belanda dan Turki dengan bunga tulip-nya, Portugal dengan bunga lavender-nya, dan lain sebagainya. Lantas, bagaimana dengan Indonesia? Bunga apa yang dijadikan sebagai lambang kepribadian bangsa kita? Benarkah bila ada lebih dari satu jenis bunga yang telah ditetapkan sebagai bunga nasional Indonesia? Berikut, Anda akan menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut di artikel kali ini.

Bunga Nasional Indonesia

Bunga nasional Indonesia memang ada 3 jenis, yaitu bunga melati putih (Jasminum sambac) yang ditetapkan sebagai puspa bangsa, bunga anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) yang ditetapkan sebagai puspa pesona, dan bunga padma raksasa (Rafflesia arnoldii) yang ditetapkan sebagai puspa langka.

Bunga Nasional Indonesia

Ketiga jenis bunga tersebut ditetapkan sebagai bunga nasional Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 4 tahun 1993.

1. Bunga melati putih (Jasminum sambac) sebagai puspa bangsa

Bunga melati putih sebetulnya merupakan spesies melati yang asalnya dari India, Asia Selatan. Bunga ini menyebar dimulai dari Hindustan, Indocina, Semenanjung Malaya, hingga akhirnya tumbuh di Indonesia. Selain dikenal sebagai bunga nasional Indonesia, bunga ini juga menjadi bunga nasional bagi negara Filiphina.

Bunga melati putih sebetulnya telah ditetapkan sebagai bunga nasional Indonesia lebih awal dibandingkan bunga anggrek bulan dan bunga padma raksasa. Ia telah ditetapkan secara resmi lewat Undang Undang tahun 1990 pada masa kepemerintahan Presiden Soeharto.

Bunga melati putih dipilih sebagai puspa bangsa karena dianggap memiliki sifat-sifat yang mewakili kepribadian bangsa Indonesia. Bunga ini melambangkan sifat kesucian, keanggunan, kesederhanan, serta kerendahan hati. Meskipun berukuran kecil, bunga melati putih memiliki harum yang semerbak dan mempesona. Sifat-sifat ini dianggap sama dengan sifat bangsa Indonesia yang rendah hati, suka hidup dalam kesederhanaan, dan tidak memiliki ambisi untuk berbuat keburukan bagi masyarakat dunia.

Dalam perjalanan tradisi masyarakat Indonesia, bunga melati putih juga telah dikenal dalam berbagai upacara dan ritual penting, misalnya upacara pernikahan bagi masyarakat Jawa, Sunda, Betawi, Makassar, dan Bugis, atau ritual keagamaan bagi masyarakat Hindu di Bali atau ritual ziarah bagi masyarakat Islam di Nusantara.

2. Bunga anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) sebagai puspa pesona

Bunga anggrek bulan ditetapkan sebagai salah satu bunga nasional Indonesia dengan julukan puspa pesona. Penetapan ini didasari pada beberapa karakter bunga anggrek bulan yang dianggap dapat mewakili pesona Indonesia yang penuh dengan keindahan. Selain itu, bunga anggrek bulan juga telah dikenal sejak lama dalam budaya masyarakat Indonesia. Corak bunga ini sudah digunakan sejak zaman kerajaan Hindu Budha sebagai corak hiasan keris dan corak dekoratif batik.

Bunga Nasional Indonesia

Pertimbangan lain yang membuat bunga anggrek bulan ditetapkan sebagai bunga nasional Indonesia adalah karena persebaran spesiesnya yang merata hampir di seluruh kepulauan Indonesia, jumlah kelopaknya yang berjumlah 5 buah dianggap melambangkan falsafah pancasila, daya tahannya terhadap kelayuan sangat tinggi supaya menjadi doa agar usia Indonesia bisa tetap abadi, serta karena jumlah kuntumnya yang sangat banyak namun tak mudah rontoh dapat melambangkan kekuatan persatuan bangsa.

3. Bunga padma raksasa (Rafflesia arnoldii) sebagai puspa langka

Bunga padma raksasa adalah bunga endemik Bengkulu yang berupa tumbuhan parasit tidak berakar, berdaun, maupun bertangkai. Bunga ini hanya dapat ditemukan di Sumatera dan tidak ditemukan di belahan bumi lainnya. Karena kekhasannya itulah bunga yang mengeluarkan aroma busuk ini dijadikan bunga bangsa Indonesia dengan julukan puspa langka atau bunga langka.

Bunga Nasional Indonesia

Nah, demikianlah ketiga jenis bunga nasional Indonesia lengkap dengan keterangan dan gambarnya. Sifat dan nilai-nilai filosofis yang terkandung dalam setiap bunga nasional tersebut, baik itu puspa bangsa, puspa pesona, maupun puspa langka seharusnya dapat mengingatkan masing-masing kita agar tetap memiliki kepribadian sejati bangsa Indonesia.
Advertisement

0 Response to "3 Bunga Nasional Indonesia : Puspa Bangsa, Puspa Pesona, dan Puspa Langka"