IPS Mudah

6 Agama Terbesar di Dunia, Urutan, Profil, dan Tingkat Pertumbuhannya

Advertisement
Advertisement
Ada banyak agama dan kepercayaan yang lahir selama perjalanan sejarah peradaban manusia. Di antara banyak agama tersebut, ada beberapa agama yang hampir punah karena jumlah penganutnya terus menurun, namun ada pula agama yang terus berkembang dengan jumlah penganut yang sangat besar. Lantas, bila demikian, apakah agama terbesar di dunia yang saat ini memiliki jumlah penganut terbanyak? Bagaimana profil pertumbuhan populasi penganut agama-agama tersebut dan faktor apa saja yang mempengaruhinya? Nah, khusus di artikel kali ini, IPSMudah.com akan memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut, khusus untuk Anda yang ingin memperluas wawasan cakrawala dunia.

Agama Terbesar di Dunia

Berdasarkan data yang dirilis oleh Pew Research Center di tahun 2017 diketahui bahwa sedikitnya ada 6 agama di dunia yang memiliki populasi penganut terbanyak dan tingkat perkembangan yang tinggi. Keenam agama terbesar di dunia tersebut yaitu agama Budha, agama Tradisional China (Konghuchu dan Taoisme), agama Hindu, Atheis, agama Islam, dan agama Kristen.

Agama Terbesar di Dunia

6. Agama Budha / 376 Juta Orang

Dari ratusan agama dan kepercayaan yang ada saat ini, agama Budha menjadi agama dengan jumlah penganut terbesar ke-6 di dunia. Dari data tahun 2017, penganut agama ini berjumlah 376 juta orang atau sekitar 5,25% dari keseluruhan populasi dunia.

Para penganut agama Budha tersebar di beberapa negara Asia Timur dan Asia Tenggara. Lima negara dengan persentase populasi penganut agama Budha terbesar di antaranya mulai dari Kamboja (96%), Thailand (93%), Myanmar (80%), Bhutan (74%), dan Srilanka (69%). Sementara, lima negara dengan populasi penganut Budha terbanyak yaitu Tiongkok ( 244 juta jiwa), Thailand (64 juta jiwa), Jepang (46 juta jiwa), Myanmar (38 juta jiwa), dan Srilanka (15 juta jiwa).

agama terbanyak di dunia 2018

Meski termasuk agama terbesar di dunia, namun belakangan pertumbuhan agama Budha tergolong paling rendah di antara 6 agama lainnya. Dari data yang dihimpun oleh riset Brian dan Todd, populasi pemeluk agama ini hanya bertambah sebanyak 0,01% setiap tahunnya.

5. Agama Tradisional China / 394 Juta Orang

Sebagai bangsa dengan sejarah peradaban tertua, bangsa China memiliki beberapa kepercayaan tradisional yang dianut oleh masyarakatnya. Meski terus didera arus globalisasi dan modernisasi, kepercayaan tradisional China seperti Taoisme dan Konghuchu, hingga kini tetap eksis dan tetap dianut sebagian besar masyarakat China hingga sekarang.

Data riset yang dilakukan UNESCO di tahun 2016 lalu menyebutkan bahwa populasi pemeluk kepercayaan tradisional China telah mencapai angka 394 juta jiwa atau sekitar 5,5% dari keseluruhan populasi dunia. Angka tersebut diketahui akan terus bertambah sebesar 0,016% setiap tahunnya.

Mayoritas pemeluk agama tradisional China adalah keturunan Tionghoa yang menyebar di berbagai penjuru dunia, seperti Taiwan, China, Hongkong, Makau, Singapura, Malaysia, hingga Indonesia.

4. Hindu / 1 Milyar Orang

Agama Hindu termasuk agama tertua di dunia. Tak heran jika ia kemudian menjadi salah satu dari 6 agama terbesar di dunia saat ini.

Data tahun 2016 menyebutkan bahwa pemeluk agama Hindu berjumlah 1 milyar jiwa atau sekitar 14% dari total populasi masyarakat dunia. Jumlah pemeluk hindu tersebut tersebar di seluruh penjuru dunia, utamanya di India dan Nepal. Pertumbuhan agama ini juga cukup besar dibandingkan agama-agama lain, yakni mencapai 0,014% setiap tahunnya.

pemeluk agama terbanyak di dunia

3. Atheis / 1,1 Milyar Orang

Modernisasi telah mendorong pertumbuhan paham ateisme semakin tinggi beberapa dekade terakhir. Atheisme adalah paham yang dianut oleh orang-orang yang tidak beragama. Penganut atheisme tidak percaya akan adanya tuhan atau dewa-dewi, sehingga menganggap agama hanyalah dongeng belaka.

urutan agama terbesar di dunia

Dirunut secara global, penganut Atheisme ternyata cukup besar, yakni sekitar 1,1 milyar orang atau sekitar 15% dari total populasi dunia. Mereka tersebar di banyak negara, seperti China, Jepang, Denmark, Belanda, Norwegia, Prancis, Rusia, dan masih banyak lagi.

Meski terbilang memiliki populasi yang besar, atheisme nyatanya memiliki pertumbuhan yang terbatas, yakni sekitar 0,005% setiap tahun.

2. Islam / 1,6 Milyar Orang

Agama Islam sementara ini berada di urutan ke 2 dalam daftar agama terbesar di dunia. Penganut agama Islam atau kerap disebut Muslim, berjumlah 1,6 milyar jiwa atau sekitar 22,3% dari populasi dunia.

jumlah umat ISLAM di dunia

Jumlah muslim tersebut tersebar di seluruh dunia, dengan konsentrasi di sekitar negara-negara Arab dan Asia Tenggara. Indonesia sendiri merupakan negara dengan populasi muslim terbesar dunia dengan jumlah penganut sekitar 206 juta jiwa.

Meskipun baru menempati urutan kedua, agama Islam nyatanya memiliki pertumbuhan jumlah penganut yang sangat tinggi. Agama Islam tumbuh pesat belakangan ini di angka 0,2% per tahun. Dengan tingkat pertumbuhan tersebut, diperkirakan agama Islam menjadi agama terbesar di dunia pada tahun 2070. [Baca Juga : Teori Masuknya Islam ke Indonesia]

1. Kristen / 2,2 Milyar Orang

Dan yang menjadi agama terbesar di dunia urutan pertama adalah agama Kristen. Terlepas dari sekterian yang terjadi di dalamnya, jumlah orang yang menganut agama ini terbilang sangat besar. Jumlahnya berkisar di angka 2,2 milyar jiwa atau sekitar 31,5% dari total populasi dunia.

jumlah umat kristen di dunia

Penganut agama Kristen hampir ada di setiap negara di dunia, dengan populasi terbesar ada di Amerika Serikat, Brazil, Meksiko, Nigeria, dan Filiphina.

Meski memiliki populasi penganut terbanyak, nyatanya pertumbuhan agama ini terus mengalami penurunan. Pertumbuhan populasi penganut Kristiani adalah yang terkecil dibandingkan agama-agama lainnya, yakni hanya sebesar 0,13% pertahun.

Dengan tingkat pertumbuhan sekecil itu, diperkirakan pada tahun 2070 nanti gelar agama terbesar di dunia yang selama ini dipegang agama Kristen akan tersalip oleh eksistensi agama Islam.

Nah, demikianlah daftar 5 agama terbesar di dunia beserta jumlah populasi dan tingkat pertumbuhan penganutnya. Untuk diperhatikan, agama adalah hak masing-masing pribadi. Oleh karena itu, jangan sekali-kali mencoba saling mengusik dan mencemooh agama lain yang tidak Anda yakini. Tetap jaga persatuan dan kesatuan karena kita Satu Indonesia. Salam!
Advertisement

0 Response to "6 Agama Terbesar di Dunia, Urutan, Profil, dan Tingkat Pertumbuhannya"