IPS Mudah

10 Negara Termiskin Di Dunia Berdasarkan Data IMF Tahun 2018

Advertisement
Advertisement
Setiap negara di dunia memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi yang berbeda-beda karena beberapa faktor yang mempengaruhinya, seperti investasi, tingkat konsumsi, ekspor impor, dan pengeluaran negara. Adapun dalam mengukur tingkat pertumbuhan ekonomi suatu negara, biasanya digunakan variabel produk domestik bruto (PDB) rata-rata. Semakin kecil nilai produk domestik bruto per kapita suatu negara, maka semakin miskin pula negara tersebut. Data yang dihimpun Global Finance di tahun 2018 menyatakan bahwa ada 10 negara termiskin di dunia yang memiliki tingkat PDB yang sangat rendah. Manakah sajakah negara-negara yang dimaksud?

Negara Termiskin di Dunia

Daftar 10 negara termiskin di dunia yang dihimpun pada artikel ini bersumber dari data yang dirilis Global Finance pada tahun 2018. Seiring berjalannya waktu, mungkin daftar ini akan terus berubah karena perbaikan kondisi ekonomi di negara-negara tersebut.

Negara Termiskin di Dunia

1. Erteria / USD 657

Negara Erteria adalah negara yang terletak di Timur Laut Afrika. Negara ini dulunya merupakan koloni Kerajaan Italia hingga akhirnya merdeka karena melepaskan diri dari kekuasaan Ethiopia di tahun 1993. Meskipun memiliki sektor pertambangan yang cukup menjanjikan, negara ini nyatanya tidak bisa berkembang akibat kepemimpinan yang represif dan korup. Negara ini masuk ke dalam daftar ke 10 negara termiskin di dunia karena produk domestik bruto per kapita yang mampu dihasilkan masyarakatnya hanya sebesar USD 657. [Baca Juga : Ciri Ciri Negara Maju]

2. Mozambik / USD 630

Mozambik adalah sebuah negara yang terletak di Afrika bagian Selatan. Meski termasuk negara termiskin di dunia, sebenarnya, Mozambik telah mengalami pertumbuhan ekonomi yang baik pada beberapa dekade terakhir. Akan tetapi, keuntungan dari pertumbuhan ekonomi tersebut tidak digunakan untuk mendorong pembangunan produktif. Oleh karenanya, sejak tahun 2010-an, negara ini terus mengalami kesulitan ekonomi. IMF mencatat di tahun 2018, masyarakat negara ini hanya mampu menghasilkan pendapatan perkapita sebesar USD 630.

Negara Termiskin di Dunia

3. Republik Guinea / USD 573

Republik Guinea adalah sebuah negara yang terletak di Afrika Barat. Republik ini termasuk negara termiskin di dunia karena nilai produk domestik bruto per kapita masyarakatnya yang hanya sebesar USD 573. Epidemi virus Ebola yang melanda di tahun 2014 membuat banyak korban jiwa sekaligus menghantam kondisi ekonomi negara ini. Selain itu, kondisi politik yang kurang stabil juga berimplikasi terhadap kemandegan pembangunan dan pertumbuhan ekonominya.

Negara Termiskin di Dunia

4. Liberia / USD 484

Perang saudara yang terjadi selama 20 tahun membuat negara ini mengalami ketertinggalan di bidang pembangunan ekonomi dan sumber daya manusia. Buta huruf, kondisi kesehatan, dan budaya koruptif semakin memperburuk standar hidup masyarakat negara ini. Di tahun 2018, PDB nominal pekapita Liberia hanya sebesar USD 484.

Negara Termiskin di Dunia

5. Madagaskar / USD 475

Madagaskar adalah sebuah negara pulau yang terletak di timur Benua Afrika. Negara ini termasuk ke dalam daftar 10 negara termiskin di dunia karena nilai PDB nominal perkapitanya hanya sekitar USD 475. Penyebab utama kemiskinan di Madagaskar adalah tidak stabilnya kondisi politik yang kemudian membuat iklim investasi menjadi sangat buruk.

Negara Termiskin di Dunia

6. Niger / USD 469

Niger adalah negara yang terletak di Afrika bagian Barat. Selain karena kondisi alamnya yang ekstrim karena berbatasan langsung dengan gurun Sahara, negara ini juga memiliki kondisi politik yang sangat tidak stabil. Secara finansial negara ini juga sangat tergantung pada donor yang diberikan negara lain. Di tahun 2018, IMF mencatat masyarakat Niger hanya memiliki PDB sebesar USD 469.

Negara Termiskin di Dunia

7. Kongo / USD 453

Konflik horizontal dan vertikal yang terjadi di Kongo membuat negara ini mengalami keterbelakangan. Kemajuan ekonominya terbilang sangat rendah, karena iklim investasi yang sangat buruk di negara ini. Pendapatan PDB nominal masyarakat Kongo perkapitanya diperkirakan hanya sebesar USD 435 di tahun 2018.

8. Republik Afrika Tengah / USD 657

Afrika Tengah termasuk salah satu negara dunia yang paling tidak berkembang. Negara ini dibebani kekerasan sektarian bertahun-tahun, juga manajemen politik yang salah, korupsi, dan kemiskinan yang meluas. PDB nominal per kapita tahun 2018 adalah yang terendah di dunia, sekitar USD 380. Baca Juga : Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi]

9. Burundi / USD 336

Burundi terletak di Afrika bagian Timur. Sejak kemerdekaannya, negara ini memiliki situasi politik yang sangat tidak stabil dan intitusi yang koruptif. Keadaan tersebut membuat pembangunan ekonomi terseok-seok dan kemiskinan semakin merajalela. IMF mencatat PDB nominal perkapita masyarakat negara ini pada tahun 2018 hanya sebesar USD 336.

Negara Termiskin di Dunia

10. Malawi / USD 242

Malawi adalah negara yang terletak di Afrika Selatan. Negara ini memiliki tingkat inflasi yang sangat tinggi karena inefisiensi pembangunan dan pemerintahannya. Kemiskinan yang diderita negara ini membuat standar hidup dan indeks pembangunan manusia menjadi sangat rendah. Adapun PDB nominal perkapitanya yang hanya sebesar USD 242 menjadikan negara ini sebagai negara termiskin di dunia urutan pertama.

Negara Termiskin di Dunia

Nah, demikianlah kesepuluh daftar negara termiskin di dunia yang berhasil dihimpun dari data Global Finance di tahun 2018. Besaran PDB nominal masyarakat perkapita dari negara-negara tersebut memang sangat rendah. Sebagai perbandingan, dengan kondisi ekonomis seperti saat ini, masyarakat Indonesia rata-rata mampu menghasilkan pendapatan perkapita sebesar USD 3.509. Bisa dibayangkan bukan betapa miskinnya negara-negara tadi?
Advertisement

0 Response to "10 Negara Termiskin Di Dunia Berdasarkan Data IMF Tahun 2018"