IPS Mudah

10 Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia dan Produksinya per Tahun

Advertisement
Advertisement
Emas adalah logam mulia benilai tinggi yang kerap dipakai sebagai komoditas investasi jangka panjang. Investasi emas bisa diwujudkan dalam bentuk perhiasan, emas batangan, maupun koin emas. Emas ditambang dan diproduksi setiap tahun oleh beberapa negara penghasil emas dengan produksi secara global di tahun 2016 sendiri menyentuh angka 2800 ton. Lantas, mana sajakah negara-negara yang termasuk sebagai negara penghasil emas terbesar di dunia? Berapa besar produksi emas Indonesia di setiap tahunnya? Berikut ini daftar dan pembahasannya untuk bisa Anda simak!

Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia

Secara sederhana, total produksi emas dari beberapa negara penghasil emas bisa Anda ketahui pada pembahasan daftar berikut ini!

Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia

10. Uzbekistan – 90 ton ton/tahun

Uzbekistan adalah sebuah negara yang terletak di dataran Asia Tengah. Negara ini termasuk negara penghasil emas terbesar di dunia dengan total produksi 90 ton emas per tahun. Tambang-tambang emas di Uzbekistan telah dinasionalisasi dan dikelola oleh BUMN bidang pertambangan seperti Navoi Mining dan Metallurgial Combinant.

Perlu diketahui bahwa emas bukanlah satu-satunya logam berharga yang dikandung dalam tanah Uzbekistan. Di sana juga terdapat cadangan tembaga, perak, molibdenum, dan uranium yang tak kalah banyak. Dengan kandungan mineral-mineral tersebut, Uzbekistan menjadi salah satu negara dengan tingkat ekonomi paling stabil di dunia.

9. Indonesia - 100 ton/tahun

Siapa sangka, bila Indonesia termasuk sebagai salah satu negara penghasil emas terbesar di dunia. Dengan pusat pertambangan emas terbesar berada di Gasberg, Papua, Indonesia mampu memproduksi sekitar 100 ton emas murni per tahun.

Akan tetapi, besarnya produksi emas tersebut nyatanya tidak memberikan banyak manfaat bagi kemajuan ekonomi Indonesia. Bahkan, kerusakan alam dan lingkungan justru memunculkan dampak yang cukup serius karena adanya pertambangan ini.

Gasberg sebagai salah satu pusat pertambangan emas terbesar nyatanya telah menjadi tempat paling beracun di dunia. Setiap tahun, dari lokasi ini lepas sekitar 1 ton merkuri ke atmosfer dan ke wilayah perairan di sekitarnya. Ikan-ikan yang berada di sekitar Gasberg telah banyak yang tercemar merkuri sehingga sangat membahayakan bila dikonsumsi.

8. Ghana – 100 ton/tahun

Ghana adalah salah satu negara yang terletak di benua Afrika. Negara ini mampu menghasilkan emas sebanyak 100 ton setiap tahun dan menjadikannya sebagai negara penghasil emas terbesar di dunia. Dari industri pertambangan emas inilah Ghana memperoleh 5% dari produk domestik brutonya.

Meski mampu memproduksi emas dalam jumlah banyak di setiap tahunnya, sebetulnya cadangan emas Ghana tidaklah banyak. Riset lembaga geologi Amerika Serikat memperkirakan bahwa cadangan emas Ghana hanya tinggal sekitar 1.400 ton sehingga akan habis di tahun 2030-an.

7. Kanada – 110 ton/tahun

Kanada mampu menghasilkan emas sebanyak 110 ton setiap tahun. Jumlah ini diperoleh dari pusat pertambangan Red Lake di Ontario. Selain menghasilkan emas, industri pertambangan Kanada juga menghasilkan banyak minyak bumi dan logam-logam mulia lainnya.

6. Peru – 150 ton/tahun

Peru adalah negara penghasil emas terbesar di Amerika Latin, dan terbesar kedua di Benua Amerika setelah Amerika Serikat. Negara ini mampu menghasilkan 150 ton emas murni setiap tahun. Dari keuntungan penambangan itulah, Peru membiayai roda pemerintahannya.

Sementara penambangan emas telah memberikan banyak keuntungan bagi devisa negara, dampak negatif terhadap lingkungan dari proses pertambangan emas di Peru ternyata juga cukup besar. Kandungan merkuri di sungai Amazon yang melintasi Peru sangatlah tinggi sehingga merusak kehidupan biota sungai.

5. Afrika Selatan – 190 ton/tahun

Negara penghasil emas nomor satu di seluruh Afrika adalah Afrika Selatan. Usaha pertambangan negara ini mampu menghasilkan emas sebanyak 190 ton per tahun. Jumlah ini akan terus meningkat setelah ditemukannya beberapa lokasi cadangan emas dengan perkiraan nilai total sebesar 6.000 ton. Dengan cadangan emas sebesar itu, Afrika Selatan telah menjadi salah satu kekuatan baru di kancah pergaulan ekonomi global.

4. Rusia – 200 ton/tahun

Dengan luasnya yang sebesar ⅙ daratan planet ini, tidak mengherankan bila Rusia menjadi salah satu negara penghasil emas terbesar di dunia. Negara ini menghasilkan sekitar 200 ton emas tiap tahun dengan cadangan emas yang belum tersentuh sekitar 5.000 ton. Tidak semua emas yang dihasilkan dari pertambangan diekspor ke luar negeri. Sebagian besar di antaranya justru disimpan di bank atau tempat rahasia sebagai persiapan pendanaan untuk menghadapi perang yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

3. Amerika Serikat – 237 ton/tahun

Pusat pertambangan emas Amerika Serikat berada di Nevada dan Montana. Dari kedua pusat pertambangan itu, dihasilkan sekitar 237 ton emas murni pertahun. Kendati terbilang sebagai salah satu negara penghasil emas terbesar di dunia, nyatanya sumbangan sektor ini terhadap devisa tidaklah banyak dibandingkan sumbangan sektor industri lainnya.

2. Australia – 270 ton/tahun

Siapa sangka bila di bawah benua bertanah tandus dan gersang ini tersimpan emas yang begitu banyak. Dengan total produksi 270 ton emas murni pertahun, negara benua ini menjadi negara penghasil emas terbesar di dunia urutan ke dua. Pusat pertambangan emas Australia berada di Australia Barat, tepatnya di pertambangan Golden Mile, Perth dengan total cadangan emas yang belum disentuh sebesar 7.400 ton.

1. China – 355 ton/tahun

Dan inilah negara penghasil emas terbesar nomor 1 di dunia. China, selain dikenal sebagai produsen barang-barang murah ternyata negara berpaham komunis ini juga memiliki pertambangan emas yang sangat besar. Sebagian besar tambang ada di Provinsi Shandong, provinsi yang terletak antara Beijing dan Shanghai. Tambang-tambang emas tersebut dikelola sepenuhnya oleh China National Gold Group, perusahaan BUMN yang khusus menangani penambangan emas. Cadangan emas yang belum tersentuh hingga saat ini sendiri ada sekitar 2600 ton.

Nah, demikianlah daftar 10 negara penghasil emas terbesar di dunia beserta profil dan jumlah cadanganya. Ternyata, dengan produksi emas sekitar 100 ton pertahun, negara kita merupakan negara yang cukup kaya. Akan tetapi, kemanakah larinya kekayaan alam kita tersebut?
Advertisement

0 Response to "10 Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia dan Produksinya per Tahun"