IPS Mudah

[Lanjutan] 8 Prasasti Kerajaan Tarumanegara, Isi, dan Gambarnya

Advertisement
Advertisement
Ini merupakan lanjutan atau bagian kedua dari artikel kami yang membahas tentang prasasti prasasti peninggalan kerajaan Tarumanegara. Bila Anda belum membaca bagian pertama artikel, silakan menuju ke link ini.

6. Prasasti Tugu

Prasasti Tugu
Prasasti Tugu ditemukan di desa Tugu, Kec. Koja, Jakarta Utara pada tahun 1911. Atas prakarsa P. de Roo de la Faille, prasasti berbentu bulat telur ini lantas langsung dipindahkan ke Museum Nasional. Prasasti Tugu beraksara huruf Pallawa yang disusun dalam bentuk Seloka bahasa Sansekerta dengan gaya Metrum Anustubh.

Isi prasasti Tugu adalah yang paling panjang dibandingkan prasasti kerajaan Tarumanegara lainnya. Prasasti ini menceritakan kabar tentang penggalian sungai Gomati dan sungai Candrabraga pada periode 22 tahun kepemerintahan Raja Purnawarman. Berikut ini teks dan terjemahan dari isi prasasti Tugu.

Teks: “ pura rajadhirajena guruna pinabahuna khata khyatam purim prapya candrabhagarnnavam yayau// pravarddhamane dvavingsad vatsare sri gunau jasa narendradhvajabhutena srimata purnavarmmana// prarabhya phalguna mase khata krsnastami tithau caitra sukla trayodasyam dinais siddhaikavingsakaih ayata satsahasrena dhanusamsasatena ca dvavingsena nadi ramya gomati nirmalodaka// pitamahasya rajarser vvidaryya sibiravanim brahmanair ggo sahasrena prayati krtadaksina//
Terjemahan: “Dahulu sungai yang bernama Candrabhaga telah digali oleh maharaja yang mulia dan yang memilki lengan kencang serta kuat yakni Purnnawarmman, untuk mengalirkannya ke laut, setelah kali (saluran sungai) ini sampai di istana kerajaan yang termashur. Pada tahun ke-22 dari tahta Yang Mulia Raja Purnnawarmman yang berkilau-kilauan karena kepandaian dan kebijaksanaannya serta menjadi panji-panji segala raja-raja, (maka sekarang) dia pun menitahkan pula menggali kali (saluran sungai) yang permai dan berair jernih Gomati namanya, setelah kali (saluran sungai) tersebut mengalir melintas di tengah-tegah tanah kediaman Yang Mulia Sang Pendeta Nenekda (Raja Purnnawarmman). Pekerjaan ini dimulai pada hari baik, tanggal 8 paro-gelap bulan dan disudahi pada hari tanggal ke 13 paro terang bulan Caitra,jadi hanya berlangsung 21 hari lamanya, sedangkan saluran galian tersebut panjangnya 6122 busur. Selamatan baginya dilakukan oleh para Brahmana disertai 1000 ekor sapi yang dihadiahkan”

7. Prasasti Kebonkopi I

Prasasti Kebonkopi I
Prasasti Kebonkopi I ditemukan di Muara Hilir, Kec. Cibungbulang, Bogor oleh seorang tuan tanah berkebangsaan Belanda bernama Jonathan Rig pada tahun 1863. Prasasti ini dipahat pada sebuah batu besar dengan isi berupa gambar kaki gajah dan teks singkat beraksara Pallawa berbahasa Sansekerta.

Pahatan telapak kaki gajah pada prasasti Kebon Kopi dianggap sebagai bekas telapak kaki gajah Airawata tunggangan dewa Indra. Adapun teksnya adalah sebagai berikut:
Teks: “Jayavisalasya Tarumendrasya hastinah ~ ~ Airwavatabhasya vibhatidam ~ padadvayam.”
Terjemahan: “Di sini nampak tergambar sepasang telapak kaki …yang seperti Airawata, gajah penguasa Taruma yang agung dalam….dan (?) kejayaan”

8. Prasasti Kebonkopi II

Prasasti Kebonkopi II ditemukan di sekitar lokasi penemuan prasasti kebon kopi I, namun ia hilang dicuri pada sekitar tahun 1940. Adapun ahli bernama FDK Bosch yang sempat mempelajarinya menyebutkan bahwa prasasti ini bertuliskan huruf Kawi dan berbahasa Melayu Kuno yang menunjukan adanya pengaruh kerajaan Sriwijaya pada masa itu.

Isi prasasti peninggalan Tarumanegara ini sendiri adalah berita tentang pengembalian kekuasaan atas Tarumanegara kepada raja Sunda. Berikut teks dan terjemahannya.
Teks : “Ini sabdakalanda rakryang juru pengambat I kawihaji panyaca pasagi marsandeca ~ berpulihkan hajiri Sunda.”
Terjemahan: “Batu peringatan ini adalah ucapan Rakryan Juru Pangambat, pada tahun 458 Saka (932 Masehi), bahwa tatanan pemerintah dikembalikan kepada kekuasaan raja Sunda.”
Nah, demikianlah 8 prasasti kerajaan Tarumanegara beserta gambar dan isinya. Dari catatan yang terdapat dalam prasasti-prasasti inilah sejarah kerajaan Hindu kuno ini diungkap. Semoga dapat bermanfaat dalam membantu tugas sekolah Anda. Salam.
Advertisement

0 Response to "[Lanjutan] 8 Prasasti Kerajaan Tarumanegara, Isi, dan Gambarnya"