IPS Mudah

7 Alasan Mengapa Islam bisa Cepat Diterima oleh Masyarakat Indonesia

Advertisement
Advertisement
Proses penyebaran agama Islam di Indonesia pada masa silam dapat berjalan dengan sangat cepat. Meskipun sebelumnya masyarakat Nusantara telah mengenal 2 agama besar, yakni agama Hindu dan Budha dalam kehidupannya, namun perkembangan Islam rupanya bisa mengalahkan eksistensi kedua agama tersebut secara signifikan. Ditilik dari sejarahnya, ternyata ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini bisa terjadi. Apa saja? Berikut ini kami akan jelaskan beberapa faktor tersebut beserta alasan mengapa Islam bisa cepat diterima oleh masyarakat Indonesia.

Mengapa Islam bisa Cepat Diterima oleh Masyarakat Indonesia

Sedikitnya ada 7 alasan yang menyebabkan mengapa Islam bisa cepat diterima oleh masyarakat Indonesia. Ketujuh alasan yang meliputi faktor langsung maupun tidak langsung di antaranya karena syarat masuk Islam yang mudah, pelaksanaan ibadah yang sederhana, Islam tidak mengenal pembagian kasta, syariat Islam yang bersifat fleksibel, adanya pengaruh tasawuf, penyebaran Islam dilakukan dengan damai, serta karena runtuhnya kerajaan Majapahit.

Mengapa Islam bisa Cepat Diterima oleh Masyarakat Indonesia

1. Syarat masuk Islam sangat mudah

Alasan pertama yang menjadi sebab mengapa Islam bisa cepat diterima oleh masyarakat Indonesia adalah karena syarat masuk Islam yang amat sangat mudah. Seseorang dikatakan telah masuk Islam ketika ia telah mengucapkan dan mengikrarkan 2 kalimat syahadat dengan mulut dan hatinya. Hal ini tentu berbeda dengan syarat seseorang ketika hendak masuk ke agama lainnya yang cenderung lebih banyak dan lebih rumit.

2. Pelaksanaan ibadah sangat sederhana

Selain karena syarat masuknya yang mudah, pelaksanaan ibadah yang sangat sederhana juga menjadi sebab mengapa Islam bisa cepat diterima oleh masyarakat Indonesia. Pelaksanaan ibadah dalam agama Islam juga tidak membutuhkan biaya yang besar seperti halnya agama-agama lainnya yang dipenuhi dengan berbagai ritual mewah.

3. Agama islam tidak mengenal pembagian kasta

Ajaran agama Islam tidak mengenal sistem pembagian kasta. Agama ini memandang bahwa pada dasarnya semua manusia memiliki derajat yang sama di mata Sang Pencipta, yang membedakan semuanya terletak pada kadar ketakwaannya masing-masing. Dengan demikian, banyak kelompok masyarakat (utamanya dari golongan strata sosial rendah) yang berbondong-bondong masuk Islam karena ingin memperoleh persamaan derajat. [Baca Juga : Kasta dalam Agama Hindu]

4. Syariat (aturan) dalam Islam bersifat fleksibel

Syariat Islam yang bersifat fleksibel dan tidak memaksa juga menjadi salah satu faktor pendorong mengapa Islam bisa cepat diterima oleh masyarakat Indonesia. Syariat Islam yang fleksibel ini dapat dilihat dari berbagai aspek peribadatan, misalnya ketika seseorang tidak dapat melakukan sholat dengan berdiri (karena sakit), maka diperbolehkan untuk melaksanakannya sembari duduk. Bila tidak bisa sambil duduk, sholat juga dapat dilakukan dengan berbaring.

5. Dikenalnya pengaruh tasawuf

Agama islam yang masuk melalui Gujarat, India memperoleh pengaruh tasawuf (Hindu). Oleh karena itu, masyarakat Indonesia yang awalnya memeluk agama Hindu menjadi lebih mudah memahami dan menerima ajaran Islam. Pengaruh tasawuf hingga kini masih dapat kita rasakan dalam pemahaman sebagian besar masyarakat Islam di nusantara, contohnya dalam tradisi upacara sekaten, nyadran, dan lain sebagainya.

6. Penyebaran Islam dilakukan secara damai

Penyebaran agama Islam yang dilakukan secara damai tanpa kekerasan juga menjadi faktor pendorong mengapa Islam bisa cepat diterima oleh masyarakat Indonesia. Islam disebarkan dengan memperhatikan kondisi sosial budaya masyarakat yang sudah ada sehingga dapat diikuti sebagai suatu bentuk pembaruan dalam kehidupan beragama.

7. Runtuhnya kerajaan Majapahit

Keberadaan kerajaan Majapahit yang merupakan kerajaan Hindu Budha terbesar di nusantara sedikit banyak akan berpengaruh terhadap proses penyebaran Islam. Dengan runtuhnya kerajaan tersebut di akhir abad ke 15, maka penyebaran Islam menjadi lebih mudah dilakukan.

Nah, itulah 7 alasan mengapa Islam bisa cepat diterima oleh masyarakat Indonesia pada masa awal penyebarannya. Faktor-faktor inilah yang menjadikan masyarakat Indonesia meninggalkan agama yang dianutnya dulu dan berbondong-bondong memeluk islam sehingga menjadi Islam sebagai agama mayoritas masyarakat Indonesia hingga saat ini.
Advertisement

0 Response to "7 Alasan Mengapa Islam bisa Cepat Diterima oleh Masyarakat Indonesia"