IPS Mudah

Letak Kerajaan Tarumanegara, Ibukota, Peta Wilayah Kekuasaannya

Advertisement
Advertisement
Kerajaan Tarumanegara adalah kerajaan Hindu pertama yang berdiri di Pulau Jawa. Beberapa pendapat ahli juga menyebutkan bahwa kerajaan ini merupakan kerajaan Hindu pertama di Indonesia yang berdiri sebelum adanya kerajaan Kutai di Kalimantan Timur. Terkait dengan peradabannya, kerajaan Tarumanegara memang meninggalkan banyak bukti sejarah, baik berupa prasasti, bangunan candi, serat, maupun berita dari China. Oleh karena itu, pengungkapan sejarah kerajaan ini cenderung lebih mudah dilakukan sehingga para ahli pun lebih mudah dalam memperoleh kesepakatan tentang kisah perjalanan sejarahnya, termasuk dalam hal letak kerajaan Tarumanegara, wilayah kekuasaan, dan ibukotanya.

Letak Kerajaan Tarumanegara

Merujuk pada bukti sejarah yang ada, para ahli memperkirakan bahwa kerajaan ini berkuasa antara tahun 358 sd 669 Masehi atas seluruh wilayah Jawa Barat, Banten, dan sekitarnya. Bahkan pengaruh kerajaan ini juga dapat dirasakan hingga sekitar Jawa Tengah dan Jawa Timur. Adapun ilustrasi tentang wilayah kekuasaan dan letak kerajaan Tarumanegara dapat Anda lihat pada gambar ilustrasi di bawah ini.

Letak Kerajaan Tarumanegara


1. Berdirinya Kerajaan Tarumanegara

Berdasarkan kisah yang digambarkan dalam naskah Wangsakerta, diketahui bahwa Tarumanegara dahulunya merupakan bagian kecil dari wilayah kekuasaan Kerajaan Salakanagara yang berkuasa atas wilayah Pasundan di antara tahun 130 sd 362 Masehi.

Pemimpin Tarumanegara yang bernama Jayasingawarman lantas berhasil memberontak kekuasaan kerajaan Salakanegara pada tahun 358 Masehi. Ia kemudian mendirikan kerajaannya sendiri yang diberi nama Tarumanegara. Nama tersebut diberikan karena bermakna “Kerajaan di Tepi Sungai Citarum” sesuai dengan kondisi wilayah letak kerajaan Tarumanegara.

Bersumber dari naskah Wangsakerta tersebut, para ahli sejarah dan arkeolog lantas sepakat bahwa Jayasingawarman –lah orang yang menjadi pendiri kerajaan Tarumanegara. Dan darinya pula kekuasaan atas tahta Tarumanegara diwariskan secara turun temurun pada anak dan cucunya.

2. Masa Kejayaan dan Perluasan Wilayah

Tidak butuh waktu lama bagi Kerajaan Tarumanegara untuk memperluas wilayahnya. Tepat pada kepemimpinan Purnawarman –raja ketiga Tarumanegara yang juga merupakan cucu dari Jayasingawarman, kerajaan ini mampu menancapkan taji kekuasaannya hingga hampir menguasai wilayah yang dahulunya menjadi milik kerajaan Salakanegara.

Raja Purnawarman memang dikenal sebagai raja yang pemberani, arif, dan bijaksana. Prasasti Ciaruteun, Prasasti Kebon Kopi, dan beberapa prasasti lainnya mengisahkan bahwa raja Tarumanegara ini memang sangat pandai berperang. Ia berhasil melakukan perluasan wilayah dengan menaklukan kerajaan-kerajaan lainnya di tanah Jawa. Pada masa kepemimpinannya pula penggalian sungai Gomati dilakukan untuk mempermudah pengairan bagi para petani.

Adapun menurut prasasti Muara Cianteun, pada masa kepemimpinan Raja Purnawarman juga disebutkan bahwa pusat kerajaan telah dipindahkan dari suatu tempat yang tidak di ketahui ke daerah Sundapura. Para ahli meyakini bahwa daerah Sundapura kini terletak di wilayah dekat Tugu dan Bekasi .

3. Keruntuhan Kerajaan Tarumanegara

Tidak banyak bukti sejarah yang dapat digunakan sebagai dasar untuk merangkai cerita keruntuhan dan penyusutan wilayah kekuasaan atau letak kerajaan Tarumanegara. Prasasti-prasasti yang ditemukan hingga saat ini hanya berasal dari masa kepemimpinan raja Purnawarman. Adapun setelah itu, tidak ada lagi catatan lain yang ditinggalkan para penerusnya.

Dalam naskah Wangsakerta hanya disebutkan bahwa kepemimpinan atas tampuk kekuasaan Tarumanegara hanya berlangsung sebanyak 12 generasi dengan daftar raja-raja yang memimpin antara lain :
  1. Jayasingawarman (358-382)
  2. Dharmayawarman (382-395)
  3. Purnawarman (395-434)
  4. Wisnuwarman (434-455)
  5. Indrawarman (455-515)
  6. Candrawarman (515-535)
  7. Suryawarman (535-561)
  8. Kertawarman (561-628)
  9. Sudhawarman (628-639)
  10. Hariwangsawarman (639-640)
  11. Nagajayawarman (640-666)
  12. Linggawarman (666-669)


Nah, demikianlah penjelasan singkat tentang letak kerajaan Tarumanegara dan sejarah singkatnya mulai masa berdiri, masa kejayaan, dan keruntuhannya. Semoga dapat menjadi referensi bagi kita semua dalam mengenali dan menggali sejarah para pendahulu kita. Salam.
Advertisement

0 Response to "Letak Kerajaan Tarumanegara, Ibukota, Peta Wilayah Kekuasaannya"