IPS Mudah

Jelaskan 5 Penyebab Keberagaman Agama di Indonesia! Ini Jawabannya!

Advertisement
Advertisement
Indonesia dikenal sebagai bangsa yang majemuk dan beragam. Selain beragam dalam hal suku bangsa, ras, golongan, dan budaya, keberagaman Indonesia juga terjadi pada bidang keagamaan dan kepercayaan. Dalam praktiknya sendiri, secara yuridis ada 6 agama yang diakui di Indonesia, di antaranya yaitu Islam, Katolik, Protestan, Hindu, Budha, dan Khonghuchu. Masing-masing agama tersebut berkembang dengan baik dan pemeluknya pun dijamin untuk bebas menjalankan peribadatannya. Adapun jika ditilik lebih jauh, dapatkah Anda menjelaskan tentang apa yang sebetulnya menjadi penyebab keberagaman agama di Indonesia tersebut? Bila belum, simaklah artikel kali ini untuk mendapatkan jawabannya.

Penyebab Keberagaman Agama di Indonesia

Sedikitnya, ada 5 penyebab mengapa masyarakat Indonesia memiliki agama yang beragam. Kelima penyebab ini saling mendukung satu sama lain dalam perjalanan sejarah bangsa hingga menjadikan Indonesia sebagai tempat tumbuh suburnya berbagai agama seperti sekarang ini. Kelima penyebab tersebut di antaranya karena letak geografis Indonesia yang strategis, kekayaan alam yang berlimpah, wilayah Indonesia yang terdiri dari banyak pulau, sifat bangsa Indonesia yang terbuka, serta karena perbedaan sarana dan prasarana antar wilayah.

Jelaskan Penyebab Keberagaman Agama di Indonesia

1. Letak Geografis Indonesia di Jalur Perdagangan

Secara geografis, Indonesia memang terletak pada wilayah yang sangat strategis dalam jalur pelayaran dan perdagangan di masa silam. Indonesia terletak diantara 2 benua (Asia dan Australia) dan 2 samudera (Hindia dan Pasifik). Dengan letak yang sedemikian strategis, maka wilayah Indonesia dahulunya sering dilintasi para pedagang dari luar negeri seperti dari Arab, India, atau China. Selain berdagang, mereka juga memperkenalkan agama dan budaya mereka. Para pedagang India misalnya mengenalkan agama Hindu dan Budha, pedagang Arab memperkenalkan Islam, sementara para pedagang China memperkenalkan ajaran Kong Hu Chu dan Taoisme.

2. Kekayaan Indonesia yang Berlimpah

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam. Rempah-rempah yang menjadi komoditas utama negeri ini sangat dicari khususnya oleh orang-orang Eropa pada masa silam. Lewat penjelajahan samudera, orang-orang Eropa sampai ke Indonesia untuk membeli rempah-rempah langsung dari tempat asalnya untuk kemudian dijual di negerinya. Selain datang untuk mencari rempah-rempah, mereka juga melakukan kolonialisme dan penyebaran agama kristen lewat semboyan Gold, Glory, and Gospel.

3. Wilayah Indonesia yang terdiri dari Banyak Pulau

Wilayah yang terdiri atas banyak pulau juga telah menjadi salah satu penyebab keberagaman agama di Indonesia. Alasannya dapat ditinjau dari aspek keterjangkauan. Pulau-pulau yang sejarahnya lebih sering dikunjungi para pedagang asing akan memiliki tingkat kemajemukan agama yang lebih besar, contohnya adalah kepulauan Maluku. Sementara pulau-pulau yang jarang dikunjungi cenderung memiliki tingkat kemajemukan agama yang lebih rendah, contohnya pulau Papua dan pulau Sumba.

4. Perbedaan Sarana dan Prasarana

Perbedaan sarana dan prasarana masing-masing wilayah juga menjadi salah satu penyebab keberagaman agama di Indonesia. Daerah-daerah pesisir yang memiliki pelabuhan misalnya, tentu akan lebih banyak memperoleh pengaruh dari masyarakat luar, sementara daerah yang terletak di pegunungan atau daerah terpencil cenderung akan lambat mengikuti perubahan.

5. Sifat Bangsa Indonesia yang Terbuka

Semua alasan-alasan di atas tentu tidak akan bisa membuat Indonesia menjadi negara yang memiliki keberagaman agama, apabila masyarakat kita memiliki sifat yang tertutup pada perubahan. Oleh karenanya, tentu penyebab keberagaman agama di Indonesia juga disebabkan oleh sifat bangsa Indonesia yang terbuka. Dengan keterbukaan, segala perubahan menjadi mudah diterima dan dipahami sebagai suatu bentuk kemajuan, termasuk dalam segi beragama.

Nah, demikianlah beberapa penyebab keberagaman agama di Indonesia beserta penjelasannya. Keberagaman agama yang kita miliki tentunya adalah sebuah kekayaan yang harus dihargai dengan rasa tenggang rasa dan saling toleransi. Jangan sampai karena keberagaman ini, kita justru terpicu untuk saling berkonflik (Lebih lengkap : Contoh Konflik antar Agama).
Advertisement

0 Response to "Jelaskan 5 Penyebab Keberagaman Agama di Indonesia! Ini Jawabannya!"