IPS Mudah

16 Candi Bercorak Budha di Indonesia, Gambar, dan Keterangannya

Advertisement
Advertisement
Masuknya dan menyebarnya agama Budha pada awal abad ke 2 Masehi telah memberikan banyak pengaruh bagi perjalanan sejarah nenek moyang bangsa Indonesia. Selain mengubah kepercayaan masyarakat, pengaruh agama Budha juga dapat dirasakan pada kehidupan berbudaya. Bukti pengaruh tersebut dapat kita lihat dari adanya beberapa peninggalan bersejarah berupa candi-candi bercorak Budha yang sebagian di antaranya masih berdiri kokoh hingga saat ini.  Lantas, dari sekian banyak candi yang ada di Indonesia, candi mana sajakah yang termasuk jenis candi Budha? Seperti apa ciri-ciri yang digunakan para ahli untuk mengidentifikasi perbedaan candi Hindu dan Budha? Untuk dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan ini silakan simak pembahasan lengkap pada artikel berikut ini!

Candi Bercorak Budha

Candi bercorak budha dapat dikenal dengan adanya beberapa ciri yang membedakannya dengan candi bercorak Hindu. Perbedaan ciri ciri candi bercorak hindu dan candi bercorak budha dapat diidentifikasi dari beberapa kenampakan sebagaimana dijelaskan pada tabel berikut!
Candi BudhaCandi Hindu
Bentuk bangunan yang tambun dan atap berundak.Bentuk bangunan ramping dengan tingkatan atap yang berpadu
Bangunan candi kebanyakan menghadap ke timur.Bangunan candi kebanyakan menghadap ke barat
Bahannya kebanyakan terbuat dari batu andesit.Bahannya kebanyakan terbuat dari batu bata merah
Puncaknya berbentuk ratna atau stupa.Puncaknya berbentuk kubus
Memiliki gawang pintu berhias kala makara.Memiliki gawang pintu berhias kala tanpa makara.
Memiliki relief timbul dengan gaya lukisan naturalis.Memilik relief timbul dengan gaya lukisan simbolis.
Candi induk berada di bagian tengah kompleks.Candi induk berada di bagian belakang kompleks.
Dari sekian banyak candi yang ada di Indonesia, sedikitnya ada sekitar 16 candi bercorak Budha yang hingga kini berhasil ditemukan. Candi-candi tersebut tersebar di seluruh penjuru Indonesia sebagai peninggalan sejarah dari kerajaan-kerajaan yang dulu pernah berkuasa nusantara.

Candi Bercorak Budha di Indonesia

1. Candi Borobudur

Yang pertama adalah candi Borobudur. Candi borobudur adalah candi bercorak budha terbesar di dunia yang dibangun pada masa dinasti Wangsa Sailendra, raja-raja kerajaan Mataram Kuno pada sekitar abad ke 8 Masehi. Candi ini terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dan selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara setiap hari.

2. Candi Batujaya

Candi Batujaya Candi Batujaya adalah candi bercorak Budha peninggalan kerajaan Tarumanegara yang dibangun di sekitar abad ke 4 Masehi. Dari usianya, para ahli memperkirakan bahwa candi ini merupakan candi Budha tertua di Indonesia. Karena saking tuanya, candi ini memiliki kondisi yang sudah sangat memprihatinkan. Candi Batujaya terletak di kecamatan Pakisjaya, Kab. Karawang, Jawa Barat.

3. Candi Kalasan

Candi Kalasan Candi Kalasan adalah candi Budha peninggalan kerajaan Mataram Kuno yang dibangun pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran, dinasti Syailendra pada tahun 778 Masehi sebagai persembahan kepada Dewi Tara. Candi yang terletak di desa Kalasan, Kab. Sleman, Jogjakarta ini memiliki desain yang megah denga 52 stupa di bagian atapnya dan dikelilingi oleh banyak bangunan kuno lainnya.

4. Candi Sari

Candi Sari Candi Sari (Candi Bendah) adalah candi bercorak Budha peninggalan kerajaan Mataram Kuno yang dibangun bersamaan dengan pembangunan candi Kalasan, yakni pada sekitar abad ke 8 Masehi. Letak candi ini juga berdekatan dengan candi Kalasan. Keunikan candi Sari terletak pada desain atapnya terdapat 9 stupa yang tersusun sejajar dalam 3 deretan.

5. Candi Sewu

Candi Sewu Candi Sewu adalah candi bercorak Budha yang didirikan sekitar tahun 792 Masehi oleh Rakai Pangkaran, raja kerajaan Mataram Kuno yang termahsyur. Candi ini terletak beberapa ratus meter dari Candi Prambanan. Candi ini sebetulnya memiliki nama Prasada Vajrasana Manjusrigrha, namun karena jumlah candi yang begitu banyak yakni sekitar 249 buah, masyarakat sekitar lantas menamakannya Candi Sewu (Jawa : Candi Seribu) untuk menggambarkan banyaknya jumlah candi pada kompleks percandian tersebut.

6. Candi Mendut

Candi Mendut Candi Mendut adalah sebuah candi bercorak Budha yang dibuat di tahun 824 Masehi, tepatnya pada masa pemerintahan Raja Indra, dari dinasti Syailendra, kerajaan Mataram Kuno. Candi ini terletak di Desa Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah atau sekitar 3 km dari letak berdirinya candi Borobudur. Sebagai bangunan bercorak Budha, candi ini dilengkapi dengan 48 stupa dan beberapa arca Boddhisatva.

7. Candi Pawon

Candi Pawon Candi Pawon adalah candi bercorak Budha yang diyakini dibuat pada masa pemerintahan Raja Indra, kerajaan Mataram Kuno atau sekitar tahun 824 Masehi. Candi Pawon terletak di Desa Borobudur, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah. Perlu diketahui bahwa candi Pawon, candi Mendut, dan candi Borobudur terletak pada suatu garis lurus jika dilihat dari atas. Hal ini memicu munculnya spekulasi dari para ahli tentang kemajuan ilmu pengetahuan, khususnya ilmu perbintangan yang dimiliki Kerajaan Mataram Kuno pada masa itu.

8. Candi Plaosan

Candi Plaosan Candi Plaosan adalah candi peninggalan kerajaan Mataram Kuno yang dibangun pada masa pemerintahan raja Rakai Pikatan atau sekitar abad ke 9 Masehi. Candi ini terdiri dari 2 bangunan candi kembar yang saling berhadapan, satu berada di sebelah selatan (Plaosan Kidul), dan satu lagi berada di sebelah utara (Plaosan Lor). Letak candi Plaosan berada di Desa Bugisan, Plaosan, Klaten Jawa Tengah atau sekitar 3 km timur laut dari kompleks candi Sewu dan candi Prambanan.

Untuk mengetahui keterangan dan gambar 8 candi bercorak Budha lainnya anda dapat menuju di artikel berikutnya.
Advertisement

0 Response to "16 Candi Bercorak Budha di Indonesia, Gambar, dan Keterangannya"