IPS Mudah

7 Kerajaan Islam di Sumatera, Sejarah, dan Daerah Kekuasaannya

Advertisement
Advertisement
Kerajaan Islam di Sumatera - Pengaruh budaya Islam di Indonesia pertama kali hadir dan dapat dirasakan pada kehidupan masyarakat Sumatera. Letak geografis pulau Sumatera yang berada paling dekat dengan daerah asal agama Islam menjadikannya sebagai salah satu faktor mengapa hal ini dapat terjadi. Pengaruh tersebut dapat dirasakan misalnya pada kehidupan politik kerajaan-kerajaan yang dahulunya menguasai daerah-daerah di pulau Sumatera. Nah, di artikel berikut ini kami akan membahas tentang apa saja kerajaan kerajaan Islam di Sumatera tersebut lengkap dengan sejarah dan peta daerah kekuasaannya. Silakan disimak!

Kerajaan Islam di Sumatera

Dari hasil penelusuran kami di situs Wikipedia, diketahui bahwa ada lebih dari 20 kerajaan bercorak Islam yang pernah berdiri di Pulau Sumatera pada masa silam. Namun, sebagian besar di antaranya ternyata hanya merupakan kerajaan-kerajaan kecil yang pernah menjadi daerah bagian dari kerajaan-kerajaan besar yang pernah menguasai Nusantara, seperti Majapahit, Sriwijaya, Singasari, dan Kerajaan Melayu.

Kerajaan Islam di Sumatera

Adapun di antara keduapuluh kerajaan tersebut yang termasuk kerajaan Islam di Sumatera dengan cakupan wilayah dan peninggalan sejarah yang cukup lengkap di antaranya adalah Kesultanan Perlak, Samudera Pasai, Kesultanan Aceh, Lamuri, Indrapura, Pagaruyung, dan Kesultanan Siguntur.

1. Kesultanan Perlak

Kesultanan Perlak atau Peureulak adalah kerajaan Islam di Sumatera yang berkuasa atas wilayah Peureulak, Aceh Timur antara tahun 840 sd 1292 Masehi. Kerajaan ini menempati wilayah dengan posisi yang sangat strategis dalam jalur pelayaran, tak heran bila kemudian ia berkembang menjadi daerah pelabuhan niaga yang maju sejak awal abad ke 8. Kapal-kapal dagang dari Persia, Arab, dan India selalu singgah di pelabuhan ini. Selain melakukan aktivitas perdagangan, pedagang-pedagang dari negeri seberang tersebut juga melakukan syiar Islam dengan ceramah, maupun jalur perkawinan campuran antara pedagang muslim dengan perempuan setempat. [Baca Juga : Kerajaan Islam di Sulawesi]

2. Kesultanan Samudera Pasai

Kesultanan Samudera Pasai juga merupakan kerajaan Islam di Sumatera yang berkuasa atas wilayah pesisir pantai Utara Aceh, tepatnya di sekitar Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara. Kerajaan ini didirikan Sultan Malik As-Saleh di sekitar tahun 1267 Masehi dan runtuh pada tahun 1521 setelah diserang Portugis yang ingin menguasai pelabuhan kerajaan ini.

Belum banyak bukti yang mengungkap fakta sejarah kerajaan ini. Bukti utama yang sering dirujuk misalnya Kitab Rihlah ila l-Masyriq karya Ibn Batuthah, Hikayat Raja-Raja Pasai, Catatan Marcopolo, dan kabar dari China. Selain itu, beberapa peninggalan kebendaan seperti koin-koin kuno dan bangunan kebendaan seperti lonceng Cakra Donya, Makam, dan Benteng juga menjadi acuan yang menggambarkan kejayaan kesultanan Islam ini di masa silam.

3. Kesultanan Aceh

Kesultanan Aceh Darussalam adalah kerajaan Islam di Sumatera yang didirikan Sultan Ali Mughayat Syah pada tahun 1496. Letak kerajaan ini mencakup wilayah yang cukup luas, mulai dari pesisir utara pantai Aceh, pesisir barat dan timur pulau Sumatera, hingga wilayah semenanjung Malaya.

Dibandingkan kerajaan Islam lainnya yang ada di Aceh, Kesultanan Aceh dianggap memiliki sistem pemerintahan yang lebih sistematis. Selain memiliki pusat kajian ilmu pengetahuan, pertahanan mileter yang memadai, kesultanan ini juga telah menjalin kerjasama diplomatik dengan kerajaan-kerajaan lain di benua Asia. Kendati demikian, Kesultanan Aceh kemudian runtuh pada tahun 1903 akibat adanya perang saudara karena perebutan kekuasaan antara para pewaris tahta kerajaan. [Baca Juga : Kerajaan Islam di Jawa]

4. Kesultanan Lamuri

Kesultanan Lamuri adalah sebuah kerajaan kecil yang terletak di Kabupaten Aceh Besar. Kerajaan ini merupakan cikal bakal dari beridinya kesultanan Aceh. Catatan tentang sejarah kerajaan Islam ini terdapat pada kitab Nagarakertagama, Suma Oriental, dan catatan penulis Tionghoa. Berdasarkan sumber-sumber sejarah tersebut, diketahui bahwa kerajaan ini dulunya adalah wilayah taklukan dari kerajaan Sriwijaya, namun setelah masuknya pengaruh budaya Islam dan melemahnya Sriwijaya, Lamuri berdiri sendiri sebagai sebuah kerajaan independen.

Selain dari catatan, bukti keberadaan Kesultanan Lamuri juga ditunjukan dengan adanya beberapa peninggalan bersejarah, seperti batu nisan di Lam Reh, benteng Kuta Lubok, dan berbagai pecahan tembikar yang ditemukan di reruntuhan situs istana kerajaan.

5. Kesultanan Pagaruyung

Kesultanan Pagaruyung adalah kerajaan Islam di Sumatera Barat yang berdiri tahun 1347 dan runtuh pada tahun 1825 setelah terjadinya perang Padri. Awalnya, kerajaan ini adalah kerajaan bercorak Budha, namun seiring masuknya pengaruh budaya Islam, corak kerajaan pun berubah. Kesultanan Pagaruyung tidak meninggalkan banyak bukti sejarah, oleh karena itu ia masih belum begitu dikenal sebagaimana kerajaan-kerajaan lain yang pernah berdiri di Nusantara.

6. Kesultanan Indrapura

Kerajaan Inderapura adalah sebuah kerajaan Islam di Sumatera, yang letak tepatnya berada di perbatasan antara wilayah Provinsi Bengkulu dan Jambi. Kerajaan ini berdiri pada tahun 1347 M dan runtuh akibat invasi Belanda pada 1792 M. Dahulunya, kerajaan Indrapura merupakan kerajaan kecil dibawah naungan kekuasaan Pagaruyung, tak heran bila kadang ia juga disebut dengan nama Kesultanan Ujung Pagaruyung.

7. Kesultanan Siguntur

Kerajaan Siguntur adalah kerajaan Islam yang berdiri di sekitar Sumatera Barat pada tahun 1250 setelah keruntuhan kerajaan Dharmasyara. Sama seperti kesultanan Indrapura, kerajaan ini juga dikuasai oleh Pagaruyung dan selalu memberikan upeti setiap tahunnya.

Nah, demikianlah beberapa kerajaan bercorak Islam yang pernah berdiri di Sumatera pada masa silam. selain ketujuh kerajaan tersebut, masih ada beberapa kerajaan Islam di Sumatera lainnya yang pernah tercatat dalam sejarah, seperti Kerajaan Bungo Setangkai, Kesultanan Jambi, Kesultanan Serdang, Kesultanan Asahan, dan Kesultanan Deli. Selengkapnya tentang daftar kerajaan tersebut, Anda dapat menuju link ini. Semoga bermanfaat!
Advertisement

0 Response to "7 Kerajaan Islam di Sumatera, Sejarah, dan Daerah Kekuasaannya"