IPS Mudah

8 Simbol Warna pada Peta, Arti, Gambar, dan Contohnya

Advertisement
Advertisement
Sebuah peta yang ideal umumnya memiliki penggunaan warna tertentu sebagai salah satu kelengkapan simbol. Kelengkapan simbol warna pada peta diharapkan dapat mengoptimalkan pesan yang ingin disampaikan seorang kartograf kepada para pengguna peta. Selain itu, simbol warna peta juga dapat memberikan kesan menarik dan menciptakan tingkat kontras tertentu sehingga peta menjadi lebih mudah dilihat. Pada prakteknya, tidak semua warna yang ada digunakan dan dimasukan ke dalam tampilan sebuah peta. Hanya ada beberapa di antaranya yang sudah diakui secara global sebagai warna standar sebuah peta. Lantas, warna apa saja yang telah sering digunakan sebagai simbol warna pada peta? Apa pesan yang diwakili sebuah warna pada tampilan peta-peta yang ada saat ini? Untuk tahu jawabannya, silakan simak pembahasan berikut ini!

Simbol Warna Pada Peta

Sedikitnya, ada sekitar 9 jenis warna yang kerap digunakan sebagai standar warna pada peta. Masing-masing warna tersebut memiliki makna dan arti tersendiri, serta menggambarkan suatu keadaan tertentu dari sebuah wilayah yang terdapat pada peta.

Warna Peta

1. Warna Merah dan Hitam

Pada sebuah peta, warna merah dan hitam umumnya dipakai sebagai warna sebuah objek hasil budaya umat manusia. Jalan, batas daerah, ibukota, rel kereta api, dan lain sebagainya. Selain itu, warna merah dan hitam juga kerap digunakan untuk menandai apakah sebuah gunung berapi masih aktif atau tidak. Segitiga merah mewakili gunung aktif, sementara warna segitiga hitam mewakili gunung yang tidak aktif.

2. Warna Hijau

Warna hijau termasuk warna utama yang paling sering digunakan pada sebuah peta. Warna ini dipakai untuk mewakili kenampakan vegetasi suatu wilayah. Selain itu, ia juga digunakan untuk mewakili dataran rendah dengan tingkat ketinggian suatu wilayah kurang dari 500 meter di atas permukaan laut. Warna hijau tua menunjukan ketinggian antara 0 sd 100 mdpl dan warna hijau muda menunjukan ketinggian antara 100 sd 500 mdpl.

3. Warna Kuning, Orange, dan Coklat

Bila pada dataran rendah warna hijau digunakan sebagai simbol warna pada peta, maka pada dataran tinggi warna yang digunakan untuk mewakilinya adalah warna kuning, orange, dan coklat. Ketiga warna ini juga dibagi ke dalam beberapa tingkatan sesuai dengan ketinggian tempat yang digambarkan.

  1. Warna kuning muda menggambarkan wilayah dengan ketinggian antara 500 sd 1.000 mdpl.
  2. Warna kuning cerah menggambarkan wilayah dengan ketinggian antara 1.000 sd 1.500 mdpl.
  3. Warna kuning pekat menggambarkan wilayah dengan ketinggian antara 1.500 sd 2.000 mdpl.
  4. Warna orange muda menggambarkan wilayah dengan ketinggian antara 2.000 sd 2.500 mdpl.
  5. Warna orange tua menggambarkan wilayah dengan ketinggian antara 2.500 sd 3.000 mdpl.
  6. Warna coklat muda menggambarkan wilayah dengan ketinggian antara 3.000 sd 3.500 mdpl.
  7. Warna coklat tua menggambarkan wilayah dengan ketinggian antara 3.500 sd 4.000 mdpl.


Simbol Warna Pada Peta

4. Warna Biru

Untuk wilayah perairan, simbol warna pada peta yang kerap digunakan adalah warna biru. Warna biru pada peta mewakili wilayah perairan seperti laut, danau, sungai, atau waduk. Warna ini memiliki beberapa tingkatan kecerahan untuk menunjukan kedalaman wilayah perairan yang dimaksud. Semakin pekat warna biru ditunjukan pada sebuah wilayah di peta, maka semakin dalam pula wilayah perairan yang sebenarnya. Selengkapnya, Anda dapat melihat diagram warna biru pada gambar yang telah kami sajikan di atas.

5. Warna Putih

Warna putih adalah simbol warna pada peta yang digunakan untuk mewakili kenampakan gletser atau lapisan es di atas permukaan bumi. Lapisan es dapat ditemukan pada wilayah di sekitar kutub, baik kutub utara maupun kutub selatan, serta pada daerah dengan ketinggian > 4.000 mdpl. Inilah yang menjadi alasan mengapa puncak gunung yang tinggi, seperti Gunung Himalaya atau Gunung Jayawijaya digambarkan dengan warna putih.

Nah, demikianlah penjelasan tentang simbol warna pada peta lengkap dengan keterangan dan contoh gambarnya. Semoga dapat dengan mudah dipahami sehingga Anda dapat terus melanjutkan pemahaman pada topik berikutnya yang masih terkait seputar unsur unsur dan komponen peta. Semoga bermanfaat!
Advertisement

0 Response to "8 Simbol Warna pada Peta, Arti, Gambar, dan Contohnya"