IPS Mudah

Simbol Simbol pada Peta, Syarat, Jenis, dan Contoh Gambarnya

Advertisement
Advertisement
Simbol merupakan salah satu unsur atau komponen penting yang digunakan untuk menunjang fungsi peta. Dengan simbol, maka pengguna peta dapat memahami maksud dari suatu tampilan yang disajikan dalam peta sehingga sesuai dengan kondisi nyata suatu wilayah. Pada prakteknya, simbol simbol pada peta harus disajikan menggunakan prinsip-prinsip atau aturan tertentu. Selain itu, seorang pengguna peta juga harus memahami seperti apa jenis-jenis simbol pada peta sehingga ia dapat mengartikan suatu tampilan dengan benar. Lantas, apa saja jenis jenis simbol peta? Seperti apa syarat yang harus dipenuhi seorang kartograf dalam membuat simbol peta?

Simbol Simbol pada Peta

Simbol adalah jembatan yang menghubungkan maksud pembuat peta (kartograf) dengan para pengguna peta. Oleh karena itu, pembuat peta haruslah membuat simbol yang dapat dipahami dengan mudah oleh para pengguna. Simbol-simbol pada peta harus dibuat jelas (kontras), sederhana, mewakili bentuk aslinya, mudah digambar, mudah dipahami, dan diterjemahkan baik arti maupun nilainya.

Simbol Simbol pada Peta

Pada prakteknya, sebuah peta akan memiliki jumlah simbol yang sangat banyak. Oleh karena itu, untuk memudahkan pekerjaan pembuat peta dan meningkatkan pemahaman pengguna peta, simbol simbol pada peta kemudian diklasifikasikan berdasarkan variabel tertentu, misalnya berdasarkan kenampakan lingkungannya, berdasarkan bentuknya, dan berdasarkan wujudnya.

1. Jenis simbol berdasarkan kenampakannya

Berdasarkan kenampakan lingkungan yang digambarkan, simbol peta dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu simbol budaya dan simbol alam. Simbol budaya adalah simbol yang digunakan pada peta untuk mewakili suatu kenampakan budaya (sesuatu yang dibuat manusia), contohnya rel kereta api, kota, jalan raya, bangunan, candi, waduk, pelabuhan, bandar udara, dan lain sebagainya. Sementara itu, simbol alam adalah simbol yang digunakan pada peta untuk mewakili suatu kenampakan alam, contohnya gunung, sungai, perbukitan, danau, dan lain sebagainya.

2. Jenis simbol berdasarkan bentuknya

Berdasarkan bentuknya, simbol simbol pada peta dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu simbol garis, simbol titik, dan simbol area.

  1. Simbol titik adalah simbol yang kerap digunakan untuk mewakili sebuah tempat pada peta. Simbol titik bisa berupa simbol gambar (menggunakan gambar yang mewakili) maupun simbol geometrik (menggunakan gambar yang tidak mewakili). Perbedaan antara simbol gambar dan simbol geometrik dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
  2. Simbol garis adalah simbol yang kerap digunakan untuk mewakili sesuatu yang berhubungan dengan jarak atau batas. Contoh penggunaan simbol ini misalnya pada simbol sungai, jalan, batas wilayah, rel kereta api, dan lain sebagainya. Perlu diketahui, simbol garis juga kerap digunakan untuk membatasi suatu wilayah dengan fenomena alam atau fenomena sosial yang sama, seperti garis isohaline yang membatasi wilayah laut dengan kadar garam sama.
  3. Simbol area adalah simbol yang digunakan untuk mewakili suatu wilayah dengan luasan tertentu. Contoh jenis simbol ini misalnya simbol danau, daerah batu kapur, waduk, rawa, gurun, hutan, dan lain sebagainya.

Jenis simbol berdasarkan bentuknya

3. Jenis simbol berdasarkan wujudnya

Berdasarkan wujudnya, simbol simbol pada peta dibedakan menjadi 3 yaitu simbol piktorial, simbol abstrak, dan simbol angka huruf. Simbol piktorial adalah simbol berupa gambar yang mirip dengan keadaan sebenarnya, simbol abstrak adalah simbol berupa gambar yang tidak mirip dengan keadaan sebenarnya, sementara simbol angka huruf adalah simbol yang dituliskan dengan angka atau huruf tertentu.

Nah, demikianlah penjelasan tentang syarat dan jenis simbol simbol pada peta beserta contoh dan gambarnya. Semua simbol simbol pada peta nantinya akan disusun ke dalam sebuah legenda. Legenda adalah keterangan dari simbol-simbol yang digambarkan dalam peta. Legenda juga termasuk unsur unsur peta yang menunjang sebuah peta agar dapat berfungsi secara optimal. Kenali berbagai unsur unsur peta lainnya pada artikel berikutnya. Semoga bermanfaat!
Advertisement

0 Response to "Simbol Simbol pada Peta, Syarat, Jenis, dan Contoh Gambarnya"