IPS Mudah

10 Pengertian Peta menurut Para Ahli Lengkap dengan Tahunnya

Advertisement
Advertisement
Peta adalah salah satu unsur penting yang sangat penting dalam menunjang efektivitas kajian geografi. Dengan peta, gambaran suatu permukaan bumi dapat diketahui dan bisa membantu suatu analisa tentang objek kajian geografi yang meliputi kondisi fisik, sosial, dan regional suatu wilayah. Dalam praktiknya sendiri, pengertian peta dapat ditafsirkan beragam, tergantung ahli yang menafsirkannya. Berikut di artikel kali ini kita akan membahas tentang pengertian peta menurut para ahli tersebut secara lengkap sebagai tambahan wawasan bagi kita semua!

Pengertian Peta menurut Para Ahli

Secara bahasa, peta atau map sebetulnya berasal dari kata Mappa, kata dalam bahasa Yunani yang berarti taplak meja. Sementara secara istilah, peta dapat diartikan sebagai lembaran tentang gambar sebagian atau seluruh permukaan bumi pada suatu bidang datar yang diperkecil menggunakan skala tertentu.

10 Pengertian Peta menurut Para Ahli

Selain dari pengertian secara bahasa dan istilah di atas, para ahli geografi dan lembaga yang berkewenangan juga telah memiliki pendapatnya masing-masing terkait apa itu definisi peta. Berikut ini kami telah merangkum 10 pengertian peta menurut para ahli tersebut dilengkapi dengan ahli atau lembaga yang menyatakannya.

1. Menurut ICA (International Cartographic Association)

ICA (International Cartographic Association) adalah lembaga asosiasi para kartograf seluruh dunia. Menurut ICA, peta diartikan sebagai suatu representasi atau gambaran unsur-unsur kenampakan abstrak dari permukaan bumi yang ada kaitannya dengan permukaan bumi atau benda-benda angkasa dan umumnya digambarkan pada bidang datar secara diperkecil atau diskalakan.

2. Menurut Aryono Prihandito (1988)

Aryono Prihandito adalah salah seorang ahli kartografi dalam negeri yang telah menghasilkan banyak sekali peta. Menurut Aryono, peta adalah gambaran permukaan bumi dengan skala tertentu dan digambarkan pada bidang datar dengan sistem proyeksi tertentu.
Sekedar Tahu : Ilmu yang mempelajari tentang peta disebut Kartografi, sedangkan orang yang pekerjaannya membuat peta disebut Kartograf.

3. Menurut Erwin Raisz (1948)

Menurut Erwin Raisz, pengertian peta adalah gambaran konvensional kenampakan muka bumi yang diperkecil seperti ketampakan aslinya bila dilihat vertikal dari atas, peta dibuat pada bidang datar serta dilengkapi tulisan-tulisan sebagai penjelasan.

4. Menurut Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL, 2005)

Bakosurtanal adalah akronim dari Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional. Menurut lembaga ini, pengertian peta adalah wahana bagi penyimpanan dan penyajian data kondisi lingkungan yang dapat menjadi sumber informasi bagi para perencana dan pengambilan keputusan pada tahapan dan tingkatan pembangunan.

5. Menurut Soetarjo Soerjosumarmo

Pengertian peta menurut Soetarjo Soerjosumarmo adalah lukisan dengan tinta dari seluruh atau sebagian permukaan bumi yang diperkecil dengan perbandingan ukuran yang disebut skala atau kadar.

6. Menurut F.J Mounkhous dan H.R Wilkinson

Menurut F.J Mounkhous dan H.R Wilkinson, pengertian peta ialah suatu perakitan terpadu atau suatu sintesa dari empat kelompok infomasi yaitu titik, garis, wilayah dan nama yang dikemukakan dalam istilah : liputan, ciri, pola, bentuk, ukuran, ketebalan simbul dan lain-lain. Batasan tersebut di atas langsung menunjuk ke pada segi teknik penetapan simbul dan analisis keruangan aspek persebaran data dalam jenis dan besaran serta penamaan geografiknya (toponimy). Di antara pengertian peta menurut para ahli lainnya, rasanya pengertian inilah yang paling mendasar.

7. Menurut Badan Informasi Geospasial (BIG)

Peta adalah wahana untuk penyimpanan dan penyajian data kondisi sebuah lingkungan yang dapat difungsikan bagi perencana dan pengambil keputusan dalam peningkatan pembangunan.

8. Menurut KBBI

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, peta diartikan sebagai suatu gambar atau lukisan pada kertas yang menunjukkan letak tanah, laut, sungai, gunung, dan lain sebagainya;  representasi melalui gambar dari suatu daerah yang menyatakan sifat, seperti batas daerah, sifat permukaan, dan denah.

9. Menurut Wikipedia

Menurut Wikipedia, peta adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu melalui suatu sistem proyeksi. Peta bisa disajikan dalam berbagai cara yang berbeda, mulai dari peta konvensional yang tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer.

Nah, demikianlah 10 pengertian peta menurut para ahli yang dapat kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga dapat membantu tugas sekolah Anda! bila Anda memiliki daftar pengertian peta menurut para ahli lainnya, jangan sungkan untuk menyampaikannya pada kolom komentar supaya bisa berbagi dengan teman-teman lainnya. Salam.
Advertisement

0 Response to "10 Pengertian Peta menurut Para Ahli Lengkap dengan Tahunnya"