IPS Mudah

3 Ruang Lingkup Geografi (Fisik, Sosial, dan Regional), Pengertian, dan Contohnya

Advertisement
Advertisement
Geografi adalah cabang keilmuan dengan ruang lingkup yang cukup luas. Ruang lingkup geografi meliputi semua gejala geosfer, mulai dari yang terjadi di muka bumi, ruang angkasa, hingga interaksi antara kehidupan manusia dengan lingkungannya. Karena saking luasnya, ruang lingkup geografi tersebut kemudian diklasifikasikan untuk memudahkan pemahaman terhadap ilmu ini. Lantas, bagaimana sistem yang digunakan untuk mengklasifikasikan ruang lingkup geografi yang luas tersebut? Apa saja aspek-aspek utama yang dipelajari dalam praktik ilmu geografi selama ini?

Ruang Lingkup Geografi

Aspek-aspek ruang lingkup geografi meliputi 3 hal utama, yaitu aspek fisik, aspek sosial, dan aspek regional. Masing-masing aspek ini memiliki kesesuaian dengan pemahaman prinsip prinsip geografi yang meliputi prinsip keruangan, kewilayahan, dan prinsip ekologi (Selengkapnya : Prinsip Prinsip Geografi).

Ruang Lingkup Geografi

1. Geografi Fisik

Geografi fisik adalah bagian ilmu geografi yang mempelajari semua kondisi fisik pada peristiwa atau fenomena yang terjadi di muka bumi. Ruang lingkup geografi fisik meliputi semua gejala alam yang terjadi di antroposfer (ruang angkasa), atmosfer (lapisan udara), hidrosfer (lapisan air), pedosfer (lapisan tanah), biosfer (lapisan kehidupan), dan litosfer (lapisan batuan).

Geografi fisik dikaji dengan bantuan ilmu penunjang, di antaranya ilmu astronomi untuk mengkaji antroposfer, meteorologi, klimatologi, dan geofisika untuk mengkaji atmosfer, hidrologi untuk mengkaji hidrosfer, pedologi untuk mengkaji tanah, biologi yang mencakup zoologi dan fitologi untuk mengkaji biosfer, dan geologi untuk mempelajari litosfer.

Secara sederhana, kami telah merangkum beberapa contoh penerapan geografi dalam lingkup fisik, di antaranya proses terjadinya hujan, proses terjadinya pelangi, proses terjadinya siklus air, proses pembentukan tanah, proses sedimentasi, dan perbedaan iklim berdasarkan garis bujur.

2. Geografi Sosial

Gografi sosial adalah ruang lingkup geografi yang mempelajari segala aktivitas kehidupan manusia lengkap dengan interaksi yang dilakukannya dengan lingkungan, baik itu lingkungan ekonomi, lingkungan budaya, maupun lingkungan sosialnya. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa geografi sosial mempelajari dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan, serta kebalikannya yaitu dampak lingkungan terhadap manusia.

Beberapa contoh kajian geografi dalam ruang lingkup geografi sosial di antaranya pola pemukiman masyarakat daerah pesisir sungai, kepadatan penduduk di suatu wilayah terkait dengan relief permukaan tanah, dan pengaruh tingkat kesuburan tanah terhadap kegiatan ekonomi masyarakat.

3. Geografi Regional

Geografi regional adalah ruang lingkup geografi yang mempelajari tentang suatu topik khusus yang mencakup satu wilayah tertentu. Geografi regional bisa pula dianggap sebagai suatu bahasan menyeluruh dari aspek fisik dan aspek sosial pada sebuah wilayah, provinsi, negara, maupun regional tertentu.

Contoh kajian geografi dalam ruang lingkup regional misalnya kepadatan penduduk di wilayah negara-negara Asean, pola persebaran masyarakat etnis Tionghoa di Asia Tenggara, persebaran curah hujan di Indonesia.

Nah, demikianlah 3 ruang lingkup geografi yang berada di bawah cakupan keilmuan geografi. Tentu ketiga ruang lingkup geografi ini dapat dengan mudah dipahami karena disertai dengan beberapa contoh. Setelah memahami pembahasan ini, silakan lanjutkan pembahasan berikutnya tentang berbagai ilmu penunjang geografi sebagai dasar bagi Anda untuk mempelajari geografi agar lebih mudah dan menyenangkan. Semoga bermanfaat!
Indeks Halaman : 1. Pengertian Geografi menurut Para Ahli - 2. Konsep Esensial Geografi - 3. Ruang Lingkup Geografi - 4. Pendekatan Geografi - 5. Prinsip Prinsip Geografi - 6. Objek Studi Geografi - 7. Ilmu Penunjang Geografi
Advertisement

0 Response to "3 Ruang Lingkup Geografi (Fisik, Sosial, dan Regional), Pengertian, dan Contohnya"