IPS Mudah

4 Prinsip Prinsip Geografi, Pengertian, dan Contoh Penerapannya

Advertisement
Advertisement
Dalam menganalisa suatu gejala atau fenomena di dalam kehidupan sehari-hari, suatu cabang ilmu pengetahuan pastilah memiliki beberapa prinsip atau konsep untuk menjelaskan gejala tersebut sesuai dengan kaidah keilmuan yang dianutnya. Hal yang sama juga berlaku pada cabang ilmu geografi. Ilmu geografi memiliki 4 prinsip utama yang selalu digunakan untuk menganalisa gejala-gejala geografi di lingkungan. Lantas, apa saja keempat prinsip prinsip geografi tersebut? Bagaimana penerapan prinsip prinsip ini dalam contoh kehidupan sehari-hari?

Prinsip Prinsip Geografi

Ada 4 prinsip geografi yang selalu digunakan para ahli untuk menganalisa sebuah gejala geografi dalam kehidupan sehari-hari. Keempat prinsip tersebut yaitu prinsip distribusi (persebaran), prinsip interelasi (keterkaitan), prinsip deskripsi (penggambaran), dan prinsip korologi (penggabungan). Masing-masing prinsip tersebut dijalankan secara bertahap untuk menghasilkan suatu kesimpulan tentang fenomena geografi yang terjadi. Berikut ini penjelasan keempat prinsip tersebut beserta contohnya.

Prinsip Prinsip Geografi

1. Prinsip Distribusi (Persebaran)

Prinsip persebaran atau prinsip distribusi adalah prinsip yang digunakan untuk menelaah sebuah gejala yang terjadi di permukaan bumi dengan distribusi atau persebaran yang tidak merata. Persebaran yang dimaksud meliputi semua objek materil geografi. Contohnya seperti persebaran flora fauna di sebuah wilayah, persebaran penduduk, persebaran curah hujan, dan persebaran bentang alam di suatu wilayah.

Dengan prinsip ini, ilmu geografi dituntut untuk dapat menjelaskan sebab, akibat, dampak dan proses terjadinya suatu gejala atau fenomena geografi pada sebuah wilayah tertentu. Perpedaan persebaran sebuah objek geografi juga menjadi fokus dalam kajian ilmu ini.
Baca Juga : Ilmu Penunjang Geografi dan Pengertiannya

2. Prinsip Interelasi (Keterkaitan)

Prinsip interelasi atau prinsip keterkaitan adalah prinsip yang digunakan untuk menjelaskan keterkaitan atau hubungan yang saling mengikat antar objek geografi, baik antar objek fisik, antar objek sosial, maupun antara objek fisik dan objek sosial.

Contoh penggunaan prinsip geografi ini misalnya kajian yang menjelaskan hubungan antara peningkatan curah hujan dengan dampak lanina (objek fisik dan fisik), hubungan antara tingkat kesejahteraan masyarakat dengan kepadatan penduduk (objek sosial dan objek sosial), atau hubungan antara kesuburan tanah suatu wilayah dengan tingkat kepadatan penduduk (objek fisik dan sosial).

3. Prinsip Deksripsi (Penggambaran)

Prinsip deskripsi adalah prinsip yang digunakan untuk menjelaskan secara rinci suatu gejala geografi yang dikaji. Prinsip deskripsi menyajikan suatu gejala geografi dengan tulisan, diagram, tabel, peta, atau gambar dengan data kualitatif atau kuantitatif yang akurat. Contoh penerapan prinsip geografi ini misalnya terjadi pada pembuatan peta persebaran penduduk di Indonesia, pembuatan diagram dan data angka buta huruf di sebuah negara, dan lain sebagainya.

4. Prinsip Korologi (Penggabungan)

Prinsip korologi adalah prinsip yang digunakan untuk menggabungkan kajian distribusi, interelasi, dan deskripsi secara komprehensif. Prinsip ini digunakan untuk memperoleh suatu hasil akhir atau kesimpulan tentang kajian suatu objek atau gejala geografi. Penggunaan prinsip ini merupakan salah satu ciri perkembangan geografi modern.

Adapun sebagai contohnya, prinsip korologi yang merupakan gabungan dari kajian distribusi, interelasi, dan deskripsi secara komprehensif akan mampu menjelaskan secara lengkap berbagai pertanyaan dari gejala-gejala geografi. Misalnya bagaimana persebaran curah hujan di Indonesia pada tahun 2012?, Mengapa di kawasan Indonesia Barat curah hujan menjadi lebih tinggi dibandingkan kawasan Indonesia Timur?, Seperti apa hubungan antara tingkat chujan dengan jenis-jenis vegetasi yang hidup di suatu wilayah?, Apa saja manfaat hujan bagi kehidupan manusia?, dan seterusnya.

Nah, demikianlah penjelasan tentang 4 prinsip prinsip geografi dan contohnya yang dapat kami sampaikan di kesempatan artikel kali ini. Semoga bermanfaat untuk menambah pemahaman Anda sehingga dapat membantu Anda menyelesaikan tugas sekolah. Salam.
Indeks Halaman : 1. Pengertian Geografi menurut Para Ahli - 2. Konsep Esensial Geografi - 3. Ruang Lingkup Geografi - 4. Pendekatan Geografi - 5. Prinsip Prinsip Geografi - 6. Objek Studi Geografi - 7. Ilmu Penunjang Geografi
Advertisement

0 Response to "4 Prinsip Prinsip Geografi, Pengertian, dan Contoh Penerapannya"