IPS Mudah

25 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli [TERLENGKAP]

Advertisement
Advertisement
Pengertian Geografi Menurut Para Ahli - Istilah geografi pertama kali diperkenalkan oleh Eratosthenes (276-104 SM) dalam bukunya Geographika. Kata geografi sendiri berasal dari bahasa Yunani, yang terdiri dari kata “geo” yang berarti “bumi” dan “graphein” yang berarti “tulisan”. Oleh karena itu, secara harfiah geografi dapat diartikan sebagai tulisan tentang bumi atau ilmu bumi. Kendati secara harfiah geografi memiliki arti yang sederhana, akan tetapi pada prakteknya, ilmu ini tidak hanya mempelajari tentang permukaan bumi saja, melainkan benda-benda di luar bumi (ruang angkasa) dan di dalam bumi juga termasuk ke dalam objek pengamatan geografi. Nah, bila demikian, lantas apakah pengertian yang tepat untuk mendefinisikan geografi secara lengkap? Bagaimana pengertian geografi menurut para ahli?

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Untuk mengakumulasi semua hal yang terkait dengan objek pengamatan geografi seperti bumi secara keseluruhan, penduduk, flora, fauna, iklim, udara,dan segala yang berinteraksi dengannya, para ahli terdahulu telah merumuskan berbagai pengertian geografi dari sudut pandangnya masing-masing.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Kami telah merangkum pendapat-pendapat mereka tersebut ke dalam daftar pengertian geografi menurut para ahli sebagaimana berikut:


  1. Pengertian geografi menurut Abler adalah ilmu yang mengkaji struktur dan proses fenomena dan permasalahan dalam ruang. Berkaitan dengan itu, maka geografi selalu berbicara dengan peta untuk mengkaji struktur keruangan dari suatu permasalahan.
  2. Pengertian geografi menurut Basri Mustofa adalah ilmu yang menguraikan tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, serta basil-basil yang diperoleh dari bumi. 
  3. Pengertian geografi menurut Bintarto adalah ilmu pengetahuan yang mencitrakan dan menerangkan sifat-sifat bumi, menganalisis gejala-gejala alam dan penduduk, serta mempelajari corak khas mengenai penghidupan dan berusaha mencari fungsi dari unsur-unsur bumi dalam ruang dan waktu.
  4. Pengertian geografi menurut Claudius Ptolomaeus adalah suatu penyajian melalui peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi. 
  5. Pengertian geografi menurut Dr. I Made Sandy adalah ilmu yang berusaha menceritakan dan memahami adanya persamaan-persamaan atau perbedaan-perbedaan yang terdapat dalam ruang muka bumi.
  6. Pengertian geografi menurut Drs. Nathanael Daljoeni adalah uraian tentang bumi dengan segenap isinya, yakni manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan.
  7. Pengertian geografi menurut E. A. Ackerman adalah ilmu yang bertujuan rnengetahui sistem yang berinteraksi secara cepat antara semua budaya manusia dan lingkungan alamiahnya di permukaan bumi.
  8. Pengertian geografi menurut Erastothenes adalah penulisan atau penggambaran mengenai bentuk muka bumi.
  9. Pengertian geografi menurut Ferdinan Von Richthofen adalah ilmu yang mempelajari tentang gejala dan sifat-sifat permukaan bumi dan penduduknya, serta menerangkan hubungan sebab akibat ataupun terdapatnya gejala dari sifat-sifat itu secara bersamaan. 
  10. Pengertian geografi menurut Frank Debenham adalah ilmu yang bertugas untuk menafsirkan persebaran gejala dan fakta fenomena geografi, menemukan hubungan antara kehidupan manusia dengan lingkungan fisik, dan menjelaskan interaksi antara manusia dan lingkungan.
  11. Pengertian geografi menurut Halim Khan adalah studi yang mendeskripsikan, menganalisis, dan menikmati tingkah laku manusia di bumi.
  12. Pengertian geografi menurut Haris adalah suatu ilmu yang mengkaji segala aspek-aspek yang ada di permukaan bumi dengan konsep spesial untuk pemanfaatan pembangunan yang ada di permukaan.  
  13. Pengertian geografi menurut Harstone adalah sebuah ilmu yang menampilkan realitas deferensiasi muka bumi seperti apa adanya, tidak hanya arti perbedaan-perbedaan dalam hal tertentu, tetapi juga dalam arti kombinasi keseluruhan fenomena di setiap tempat, yang berbeda dari keadaannya di tempat lain.  
  14. Pengertian geografi menurut hasil seminar dan lokakarya geografi di Semarang tahun 1988 adalah pengetahuan mengenai persamaan dan perbedaan gejala alam dan kehidupan di muka bumi (gejala geosfer) serta interaksi antara manusia dan lingkungannya dalam konteks keruangan dan kewilayahan.
  15. Pengertian geografi menurut Jhon Alexander adalah disiplin ilmu yang menganalisis variasi keruangan dalam variabel kawasan-kawasan hubungan antar variabel. 
  16. Pengertian geografi menurut Lobeck adalah suatu studi tentang hubungan-hubungan yang ada antara kehidupan dengan lingkungan fisiknya.
  17. Pengertian geografi menurut M Yeates adalah suatu ilmu yang memperhatikan perkembangan rasional dari berbagai sifat yang beraneka ragam di permukaan bumi.
  18. Pengertian geografi menurut P. Haggett adalah ilmu yang memberikan perhatian terutama pada sistem ekologi (manusia dan lingkungannya), dan sistem keruangan (hubungan antar wilayah).
  19. Pengertian geografi menurut Paul Vidal de La Blance adalah studi tentang kualitas negara-negara, dimana penentuan suatu kehidupan tergantung bagaimana manusia mengelola alam ini. 
  20. Pengertian geografi menurut Preston E. James adalah induk dari segala ilmu pengetahuan karena bidang ilmu pengetahuan selalu dimulai dari keadaan muka bumi untuk beralih pada studi masing-masing.
  21. Pengertian geografi menurut R. Hartshorne adalah bertujuan untuk memberikan deskripsi yang teliti, beraturan, dan rasional tentang sifat variabel dari permukaan bumi.
  22. Pengertian geografi menurut Sidney E. Ekblaw dan D. Mulkurne adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi dan kehidupannya yang memengaruhi cara kita hidup, makanan yang kita makan, pakaian yang kita pakai, rumah yang kita bangun, dan aktivitas rekreasi yang kita nikmati.
  23. Pengertian geografi menurut Strabo adalah ilmu yang berkaitan erat dengan faktor lokasi, karakteristik tertentu, dan hubungan antar wilayah secara keseluruhan. Pendapat Strabo ini disebut pula dengan istilah Natural Atribut of Place
  24. Pengertian geografi menurut Ullman adalah ilmu yang membahas interaksi antar ruang.
  25. Pengertian geografi menurut Von Rithoffen adalah studi tentang gejala dan sifat-sifat permukaan bumi serta penduduknya yang disusun berdasarkan letaknya, dan mencoba menjelaskan hubungan timbal balik antara gejala-gejala, dan sifat tersebut. 


Dari semua pendapat tentang pengertian geografi menurut para ahli tersebut, dapat kita simpulkan bahwa geografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang gejala alam dan kehidupan di muka bumi serta interaksi antara manusia dan lingkungannya dalam kaitannya dengan hubungan atau susunan keruangan dan kewilayahan. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi bahan acuan untuk kita semua!
Indeks Halaman : 1. Pengertian Geografi menurut Para Ahli - 2. Konsep Esensial Geografi - 3. Ruang Lingkup Geografi - 4. Pendekatan Geografi - 5. Prinsip Prinsip Geografi - 6. Objek Studi Geografi - 7. Ilmu Penunjang Geografi
Advertisement

0 Response to "25 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli [TERLENGKAP]"