IPS Mudah

13 Ilmu Penunjang Geografi, Pengertian, Fungsi, dan Penjelasannya

Advertisement
Advertisement
Geografi adalah sebuah ilmu dengan cakupan kajian yang sangat luas karena mempelajari bumi baik secara fisik, sosial, teritorial, hingga hal-hal yang berkaitan dengan interaksi antar manusia. Oleh karena itu, dalam melakukan kajian ilmu ini, kita membutuhkan pemahaman terhadap beberapa ilmu penunjang. Ilmu penunjang geografi tersebut akan membuat kita menjadi lebih mudah memahami berbagai aspek dan objek yang dipelajari dalam kajian ilmu geografi. Lantas, apa saja ilmu yang termasuk jenis ilmu penunjang geografi? Berikut ini daftar dan pengertiannya untuk dapat dipahami!

Ilmu Penunjang Geografi

Sedikitnya, ada 13 ilmu penunjang yang sebaiknya dikuasai atau minimal diketahui oleh seseorang yang hendak mengkaji ilmu geografi. Ketiga belas ilmu penunjang geografi tersebut digolongkan menjadi 2, yaitu ilmu penunjang geografi fisik dan ilmu penunjang geografi sosial. Yang termasuk ilmu penunjang geografi fisik yaitu ilmu geologi, geomorfologi, geofisika, meteorologi, hidrologi, oseanografi, astronomi, klimatologi, pedologi dan kartografi. Sementara yang termasuk ilmu penunjang geografi sosial yaitu biogeografi, etnografi, demografi,

Ilmu Penunjang Geografi, Pengertian, Fungsi, dan Penjelasannya

1. Ilmu Geologi

Geologi adalah ilmu yang mengkaji bumi secara keseluruhan. Geologi termasuk ilmu penunjang geografi yang cukup vital peranannya. Ilmu ini mempelajari mulai dari sejarah dan asal mula pembentukan bumi, struktur, komposisi, hingga perkembangannya.

2. Ilmu Geomorfologi

Geomorfologi adalah ilmu yang mengkaji bentuk bentuk permukaan bumi. Kajian ilmu geomorfologi juga meliputi proses dan tahapan yang harus dilalui permukaan bumi hingga memperoleh bentang alam yang sedemikian rupa.

3. Ilmu Geofisika

Geofisika adalah ilmu yang mempelajari sifat fisik bumi bagian dalam melalui metode pemahaman fisika. Contoh kajian dalam ilmu penunjang geografi ini misalnya kajian tentang gejala magnetik, gaya berat, gravitasi, dan lain sebagainya.

4. Ilmu Meteorologi

Meteorologi adalah ilmu yang mempelajari berbagai unsur di atmosfer bumi. kajian meteorologi meliputi udara, cuaca, suhu, curah hujan, dan angin. Di Indonesia, meteorologi dipraktekan untuk mengetahui prakiraan cuaca dan iklim yang diterapkan dalam usaha pertanian, perhubungan, penerbangan, dan lain sebagainya.

5. Ilmu Hidrologi

Hidrologi adalah ilmu yang mempelajari tentang air. Objek yang dipelajarai ilmu hidrologi meliputi air permukaan, air bawah permukaan (air tanah), dan air di udara. Ilmu hidrologi memiliki beberapa cabang lagi, salah satunya adalah ilmu oseanografi.

6. Ilmu Oseanografi

Ilmu oseanografi adalah ilmu penunjang geografi yang khusus mempelajari tentang perairan laut beserta segala isinya. Objek yang dipelajari meliputi sifat sifat air laut, terjadinya pasang surut, kedalaman, geologi dasar laut, flora dan fauna laut, arus, serta hubungan antara laut dengan atmosfer.

7. Ilmu Demografi

Ilmu demografi adalah ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, penyelidikan, dan statistik penduduk di suatu regional. Ilmu penunjang geogradi ini mengkaji tentang perkembangan, kelahiran, kematian, migrasi, kepadatan, migrasi serta persebaran penduduk secara keseluruhan.

8. Ilmu Astronomi

Ilmu astronomi adalah ilmu yang mempelajari benda langit yang terdapat di luar atmosfer bumi, seperti matahari, bintang, bulan, asteroid, planet, asteroid, komet, dan benda ruang angkasa lainnya. Sifat fisik, kimia, maupun gerakan dan proses terbentuknya benda-benda langit tersebut dipelajari dalam kajian ilmu penunjang geografi ini.

9. Ilmu Klimatologi

Klimatologi adalah ilmu yang mempelajari cuaca dan iklim serta unsur-unsur yang mempengaruhinya. Ilmu ini sangat penting bukan hanya sebagai ilmu penunjang geografi, melainkan juga sebagai ilmu terapan dalam berbagai aspek kehidupan manusia.

10. Ilmu Pedologi

Ilmu pedologi adalah ilmu yang mempelajari tanah dan batuan. Kajian ilmu ini meliputi jenis, struktur, unsur-unsur tanah, hingga proses pembentukan tanah. Dalam kehidupan sehari-hari, pedologi sering diterapkan dalam usaha pertanian dan konstruksi.

11. Ilmu Biogeografi

Biogeografi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan mahluk hidup di permukaan bumi. terdapat 2 cabang dalam kajian ilmu penunjang geografi ini, yaitu ilmu geografi tumbuhan (fitologi) dan ilmu geografi hewan (zoologi).

12. Ilmu Etnografi

Etnografi adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang jenis ras manusia dan penyebaran bangsa-bangsa di seluruh dunia yang dilihat dari sudut pandang geografis. Teori yang menyatakan bahwa asal usul nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan, China Selatan dihasilkan dari ilmu yang satu ini.

13. Ilmu Kartografi

Kartografi adalah ilmu yang mempelajari tentang peta dan pemetaan. Kajian ilmu ini mencakup teknik pembuatan peta, jenis, dan pemanfaatannya. Peta-peta yang ada saat ini merupakan hasil dari penerapan ilmu penunjang geografi yang satu ini.

Nah, demikianlah 13 ilmu penunjang geografi lengkap dengan pengertian dan fungsinya. Agar dalam kegiatan pembelajaran geografi Anda mengalami kemudahan dalam memahami setiap objek yang diamati, pelajarilah juga kesemua ilmu penunjang geografi tersebut. Semoga bermanfaat dan dapat membantu tugas sekolah Anda.
Indeks Halaman : 1. Pengertian Geografi menurut Para Ahli - 2. Konsep Esensial Geografi - 3. Ruang Lingkup Geografi - 4. Pendekatan Geografi - 5. Prinsip Prinsip Geografi - 6. Objek Studi Geografi - 7. Ilmu Penunjang Geografi
Advertisement

0 Response to "13 Ilmu Penunjang Geografi, Pengertian, Fungsi, dan Penjelasannya"