IPS Mudah

6 Contoh Peta Tematik, Pengertian, dan Gambar Petanya

Advertisement
Advertisement
Contoh Peta Tematik - Peta tematik adalah peta yang memuat satu tema khusus dari kenampakan suatu wilayah. Karena kekhususannya tersebut, maka peta tematik juga sering disebut peta khusus. Peta tematik memiliki fungsi yang sangat vital karena dapat menggambarkan keadaan suatu hal tertentu secara komprehensif dan jelas. Berikut di artikel kali ini kami akan membahas secara lebih dalam tentang apa itu peta tematik dan fungsinya, serta contoh contoh peta tematik yang nantinya mungkin akan Anda temui dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Peta Tematik

Selain menjadi media yang dapat digunakan untuk memperlihatkan bentuk suatu wilayah dan menunjukan letak atau lokasi suatu tempat, peta tematik juga berfungsi untuk menggambarkan bentuk penggunaan dan menyajikan data tentang potensi suatu wilayah. Peta tematik menjadi unsur yang tidak terpisahkan dalam perencanaan pembangunan sebuah daerah karena berkaitan dengan data statistik yang menjadi landasan dalam penentuan sebuah kebijakan. Fungsi peta tematik tersebut menjadi alasan mengapa jenis peta ini sangat penting bagi praktik penggunaan dan pemanfaatan suatu lahan atau wilayah.

Contoh Peta Tematik

Peta tematik dapat memuat data statistik yang distribusinya bersifat kualitatif maupun yang bersifat kuantitatif. Sebuah data pada peta tematik dikatakan memiliki distribusi kualitatif apabila hanya menunjukan variasi datanya dengan mengabaikan jumlah atau kuantitas variabelnya. Sementara, peta tematik dikatakan memiliki distribusi kuantitatif apabila dapat menunjukan variasi data lengkap dengan jumlah atau kuantitas datanya.

Berikut ini kami telah merangkum beberapa contoh peta tematik yang mungkin dapat membantu Anda dalam memahami apa itu peta tematik lengkap dengan gambarnya.

1. Peta kepadatan penduduk

Peta kepadatan penduduk merupakan salah satu contoh peta tematik yang digunakan untuk menggambarkan kondisi kepadatan penduduk di suatu wilayah. Gambar di atas adalah contoh peta kepadatan penduduk Indonesia dari berbagai provinsi. Semakin merah warna wilayah suatu provinsi maka semakin padat penduduk di provinsi tersebut. Secara sederhana, gambar peta di atas juga termasuk contoh peta distribusi kuantitatif.

2. Peta potensi hasil pertanian

Peta potensi hasil pertanian menggambarkan potensi yang dimiliki masing-masing wilayah dalam menghasilkan berbagai produk pertanian. Pada gambar di bawah ini, peta tematik hasil pertanian hanya menggambarkan variasi data dari produk-produk hasil pertanian daerah di Indonesia tanpa menyertakan data kuantitas atau jumlah produk yang dihasilkan. Oleh karena itu, peta di bawah ini juga dapat dikategorikan termasuk contoh peta tematik distribusi kuantitatif.

Pengertian Peta Tematik

3. Peta potensi hasil pertambangan

Contoh peta tematik selanjutnya yaitu peta potensi hasil pertambangan. Peta ini menggambarkan potensi alam yang dimiliki suatu daerah dalam hal kandungan mineral dan bahan tambang lainnya. Peta ini dapat dimanfaatkan sebagai rujukan para investor untuk membuka usaha pertambangan di Indonesia.

Fungsi Peta Tematik

4. Peta potensi pariwisata

Bagi para wisatawan, peta potensi pariwisata akan sangat penting untuk membantu mereka mencapai lokasi destinasi wisata yang hendak dikunjunginya. Secara sederhana, jenis peta tematik ini juga dapat dikategorikan sebagai peta distribusi kualitatif.

Gambar Peta Tematik

5. Peta zonasi gempa

Peta zonasi gempa juga termasuk contoh peta tematik. Peta ini sangat diperlukan dalam perencanaan pembangunan suatu daerah. Bila suatu daerah memiliki potensi lebih besar dalam mengalami gempa bumi, maka pembangunan di daerah tersebut akan difokuskan supaya dampak gempa yang sewaktu-waktu terjadi dapat diminimalkan, misalnya dengan pembangunan gedung tahan gempa. Untuk sekedar diketahui, peta zonasi gempa dibuat dengan kajian ilmu geologi.

Contoh Peta Tematik

6. Peta indeks ancaman bencana kekeringan

Peta ancaman bencana kekeringan menjadi sebuah media yang digunakan untuk menentukan arah pembangunan sistem irigasi, pengairan pertanian, dan pengembangan potensi pertanian. Contoh peta tematik ini umumnya dibuat melalui kajian meteorologi, klimatologi, dan geofisika, dimana salah satu aspek yang diperhatikan adalah sebaran curah hujannya.

Contoh Peta Tematik

Nah, demikianlah pengertian dan fungsi peta tematik lengkap dengan beberapa contoh peta tematik yang kelak mungkin akan Anda temukan ketika bekerja. Penggunaan peta tematik tidak terbatas pada tema-tema di atas. Segala yang berkaitan dengan gejala biosfer pada suatu wilayah dapat digambarkan dengan jenis peta ini. Semoga bermanfaat!
Advertisement

0 Response to "6 Contoh Peta Tematik, Pengertian, dan Gambar Petanya"