IPS Mudah

8 Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa serta Pelayanan yang Diberikan

Advertisement
Advertisement
Berdasarkan jenis produk yang dihasilkan, pekerjaan dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu kelompok pekerjaan yang menghasilkan barang dan kelompok pekerjaan yang menghasilkan jasa. Jika di artikel sebelumnya kita telah membahas beberapa contoh pekerjaan yang menghasilkan barang serta barang yang dihasilkannya, maka di artikel kali ini, kita akan melanjutkan pembahasan tersebut untuk mengetahui apa saja jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa serta jenis pelayanan yang diberikan? Berikut ini pemaparannya!

Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa

Pekerjaan yang menghasilkan jasa adalah setiap pekerjaan yang pekerjanya dituntut untuk memberikan suatu pelayanan kepada konsumennya. Pelayanan atau jasa yang diberikan tidak seperti barang. Jasa tidak berwujud dan tidak berbentuk, tapi hanya bisa dirasakan manfaatnya. Berikut ini contoh pekerjaan yang menghasilkan barang serta barang yang dihasilkannya.

Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa

1. Tukang pos

Tukang pos adalah salah satu contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa. Pelayanan yang diberikannya berupa jasa pengantar barang atau surat. Bayangkan bila tidak ada tukang pos, kita tentu akan kesulitan ketika harus mengirimkan paket barang kepada teman atau saudara yang jauh.

2. Supir taksi

Supit taksi juga termasuk pekerjaan yang menghasilkan jasa. Pelayanan yang diberikannya berupa layanan transportasi khusus yakni mengantarkan Anda dari suatu tempat ke tempat tujuan. Kemudahan untuk berpindah tempat tanpa harus mengantri menjadi layanan unggulan bagi penyedia jasa angkutan ini. [Baca Juga : Faktor Pendorong Perdagangan Internasional]

3. Tukang cukur

Setiap bulan Anda tentu mencukur rambut Anda yang terus tumbuh. Bila rambut tidak dipotong, alamat akan gondrong dan Anda mungkin akan dimarahi oleh guru Anda. Karena tidak bisa memotong rambut sendiri, maka kita akan membutuhkan jasa tukang cukur. Tukang cukur memberikan pelayanan pemotongan rambut sesuai model yang kita inginkan.

4. Tukang sedot WC

Septictank di rumah selalu diisi oleh kotoran karena setiap hari kita buang air besar. Ada kalanya, septictank itu penuh karena kapasitasnya yang terbatas. Kita tidak mungkin menyedot sendiri isi dalam septictank untuk membuang kotoran di dalamnya. Kita membutuhkan jasa tukang sedot WC. Mereka memiliki peralatan lengkap untuk melakukan pekerjaan ini.

5. Tukang laundry

Bagi orang yang sibuk sehingga tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaiannya sendiri, mereka akan membutuhkan jasa dan layanan dari tukang laundry. Tukang laundry memberikan layanan mencuci dan menyetrika baju kotor dengan tarif tertentu.

6. Bodyguard

Bagi orang penting seperti pejabat atau pengusaha besar, keamanan dirinya menjadi sebuah kebutuhan tersendiri. Untuk memperoleh keamanan tersebut, mereka membutuhkan pengawal pribadi yang bisa menjaga dirinya dari serangan musuh yang bisa datang kapan saja. Pengawal pribadi atau bodyguard dalam hal ini merupakan pekerjaan yang menghasilkan jasa keamanan bagi mereka. [Baca Juga : Ciri Ciri Negara Maju dan Contohnya]

7. Dokter

Contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa lainnya adalah dokter. Dokter memberikan layanan pemeriksaan dan konsultasi penyakit pasiennya. Mereka juga memberikan resep obat yang tepat untuk menyembuhkan orang-orang yang sedang sakit.

8. Guru

Guru Anda di sekolah atau guru les yang datang ke rumah setiap hari termasuk para pekerja jasa. Mereka memiliki pekerjaan yang menghasilkan jasa pengajaran. Mereka memberikan ilmu, pendidikan, dan akses pengetahuan kepada murid-muridnya untuk memperoleh uang.

Nah, itulah 8 contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa dan layanan yang diberikannya. Cukup mudah dipahami bukan? Masih banyak contoh pekerjaan lainnya yang menghasilkan produk jasa, misalnya badut, pelawak, perusahaan telekomunikasi, montir bengkel, dan lain sebagainya. Sekarang, tugas bagi Anda. Silakan Sebutkan 5 pekerjaan yang menghasilkan jasa beserta layanan yang diberikan! Tuliskan jawaban Anda di kolom komentar ya!
Advertisement

0 Response to "8 Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa serta Pelayanan yang Diberikan"