IPS Mudah

8 Pekerjaan yang Menghasilkan Barang serta Barang yang Dihasilkan

Advertisement
Advertisement
Berdasarkan jenis produk yang dihasilkan, pekerjaan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu pekerjaan yang menghasilkan barang dan kelompok pekerjaan yang menghasilkan jasa. Di artikel kali ini, kita akan membahas tentang pengertian dan contoh dari kedua jenis pekerjaan tersebut. Apa saja pekerjaan yang menghasilkan barang dan barang apa yang dihasilkan? Berikut ini pemaparannya!

Pekerjaan yang Menghasilkan Barang

Pekerjaan yang menghasilkan barang adalah setiap pekerjaan yang pekerjanya dituntut untuk menghasilkan suatu produk nyata, berbentuk, dan dapat dipindahtangankan. Pekerja dalam hal ini bertindak selaku produsen sehingga ia baru akan memperoleh penghasilan ketika barang yang diproduksinya laku terjual. Berikut ini contoh pekerjaan yang menghasilkan barang serta barang yang dihasilkannya.

Pekerjaan yang Menghasilkan Barang serta Barang yang Dihasilkan

1. Petani menghasilkan padi

Petani termasuk contoh pekerjaan yang menghasilkan barang. Mereka bekerja menanam, merawat, dan memanen hasil pertaniannya untuk menghasilkan berbagai macam produk barang. Dalam hal ini, barang yang mereka hasilkan adalah produk-produk hasil pertanian seperti padi, jagung, kelapa, sayuran, dan lain sebagainya.

2. Peternak menghasilkan daging

Selain petani, peternak juga termasuk pekerjaan yang menghasilkan barang. Barang yang para peternak hasilkan bisa berupa daging, susu, kulit hewan, bulu, atau produk perikanan. Mereka baru akan memperoleh penghasilan setelah produk peternakan yang dihasilkan telah laku terjual. [Baca Juga : Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa dan Layanan yang Diberikan]

3. Penjahit menghasilkan baju

Para penjahit mengubah barang setengah jadi berupa kain menjadi barang siap pakai berupa pakaian. Oleh karena menghasilkan pakaian, maka para penjahit juga termasuk contoh pekerjaan yang menghasilkan barang. Kendati begitu, penjahit juga bisa termasuk jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa, misalnya bila Anda memintanya untuk menjahitkan pakaian Anda yang sobek atau rusak.

4. Pandai besi menghasilkan golok

Pandai besi adalah pekerjaan yang menghasilkan beragam alat pertanian seperti cangkul, golok, sabit, pisau, dan lain sebagainya. Karena menghasilkan barang berupa alat-alat pertanian tersebut, pandai besi juga termasuk contoh pekerjaan yang menghasilkan barang.

5. Penjaja makanan menghasilkan makanan

Para penjaja makanan seperti tukang gorengan, tukang bakso dan mie ayam, atau warung nasi termasuk orang-orang yang bekerja untuk menghasilkan barang. Dalam hal ini, barang yang mereka hasilkan adalah beragam jenis makanan yang siap dikonsumsi oleh para pembelinya. Mereka baru mendapatkan uang bila makanan yang dibuatnya laku terjual.

6. Tukang mebel menghasilkan perabotan kayu

Perabotan dari kayu yang ada di rumah Anda seperti meja, kursi, lemari, dan dipan adalah barang yang dihasilkan para tukang mebel. Tukang mebel mengubah bahan baku kayu menjadi perabotan tersebut dengan keahliannya. Oleh karena itu, mereka juga termasuk orang dengan pekerjaan yang menghasilkan barang. [Baca Juga : 4 Faktor Pendorong Perdagangan Internasional]

7. Desainer menghasilkan pola atau rancangan

Desainer adalah orang yang pekerjaannya merancang atau mendesain pola atau rancangan terhadap suatu produk baru, seperti bangunan (arsitektur), baju, atau desain produk. Produk yang mereka hasilkan adalah rancangan atau desain tersebut.

8. Pengrajin menghasilkan kerajinan tangan

Membuat kerajinan tangan juga termasuk pekerjaan yang menghasilkan barang. Para pengrajin mengubah barang-barang bekas menjadi suatu produk kerajinan yang memiliki nilai jual. Keset, bros, dan hiasan dinding adalah beberapa contoh produk barang yang mereka hasilkan.

Nah, itulah 8 contoh pekerjaan yang menghasilkan barang beserta jenis barang yang dihasilkan. Cukup mudah bukan? Jika sudah bisa dipahami, sekarang saya tantang Anda dengan soal ini : Sebutkan 5 pekerjaan yang menghasilkan barang beserta barang yang dihasilkan! Tuliskan jawaban Anda di kolom komentar ya!
Advertisement

0 Response to "8 Pekerjaan yang Menghasilkan Barang serta Barang yang Dihasilkan"