IPS Mudah

5 Manfaat Perdagangan Internasional, Penjelasan, dan Contohnya

Advertisement
Advertisement
Setiap negara di dunia melakukan perdagangan internasional sebagai langkah untuk menghidupkan roda perekonomiannya. Adanya beragam manfaat yang bisa diperoleh dari melakukan perdagangan internasional menjadi alasan mengapa aktivitas ini selalu dilakukan setiap negara dalam hubungannya dengan negara lain. Lalu apa saja manfaat perdagangan internasional bagi suatu negara? Berikut ini penjelasan dan contoh-contohnya!

Manfaat Perdagangan Internasional

Sedikitnya ada 5 manfaat yang bisa diperoleh suatu negara ketika melakukan aktivitas perdagangan internasional. Kelima manfaat perdagangan internasional tersebut di antaranya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, memperluas pasar, mendapat keuntungan dari spesialisasi, mentransfer teknologi modern, serta menambah cadangan devisa negara.

Manfaat Perdagangan Internasional

1. Memenuhi Kebutuhan Dalam Negeri

Manfaat perdagangan internasional yang pertama adalah untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Seperti diketahui bahwa setiap negara pasti memiliki jenis dan jumlah kebutuhan yang berbeda. Hal ini dilatar belakangi beberapa faktor seperti keterbatasan produksi, tingkat permintaan yang tinggi, atau karena perbedaan tingkat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. [Baca Juga : Faktor Pendorong Perdagangan Internasional]

Kebutuhan yang berbeda menyebabkan tidak semua barang atau jasa dapat dipenuhi oleh kapasitas produksi dalam negeri. Untuk itu, negara harus melakukan impor terhadap suatu produk dari negara lain lewat jalur perdagangan internasional. Dengan perdagangan internasional, kebutuhan dalam negeri kemudian dapat terpenuhi. Contoh manfaat ini dirasakan Indonesia saat stok beras dalam negeri tidak mencukupi kebutuhan masyarakat. Indonesia kemudian mengimpor beras dari Vietnam dan Thailand untuk mencukupi kebutuhan tersebut.

2. Mendapatkan Keuntungan dari Spesialisasi

Perdagangan internasional juga dapat menjadi sarana bagi suatu negara untuk memasarkan kelebihan produksi dalam negeri. Dengan kondisi lingkungan dan tingkat kemajuan iptek tertentu, suatu negara pasti memiliki keunggulan atau spesialisasi dalam produksi suatu barang atau jasa. Kelebihan jumlah produksi dari spesialisasi inilah yang kemudian dapat disalurkan lewat perdagangan internasional. Contoh manfaat ini terjadi di negara-negara Timur Tengah yang memiliki spesialisasi dalam produksi minyak bumi.

3. Memperluas Pasar

Selain dapat menyalurkan kelebihan produksi dalam negeri lewat ekspor, adanya perdagangan internasional juga akan memperluas pasar suatu produk. Alasannya kebutuhan luar negeri yang besar akan mendorong meningkatnya permintaan produk dalam negeri. Dengan begitu, pasar suatu produk dapat menjadi semakin besar, sehingga kelangsungan usaha dalam negeri dapat tetap terjaga.

4. Mentransfer Teknologi Modern

Manfaat perdagangan internasional lainnya adalah untuk memungkinkan terjadinya transfer teknologi modern dari negara maju ke negara berkembang. Transfer teknologi modern akan mendorong negara berkembang dapat mempelajari teknik produksi yang lebih baik. Dengan demikian, produktivitas dalam negeri negara tersebut bisa semakin meningkat.

Contoh manfaat perdagangan internasional ini dirasakan Indonesia dengan impor berbagai mesin pertanian, pesawat terbang, teknologi komputerisasi, dan lain sebagainya. Dengan adanya teknologi-teknologi tersebut, masyarakat Indonesia bisa semakin produktif.

5. Menambah Cadangan Devisa

Aktivitas perdagangan internasional secara tidak langsung akan dapat menambah cadangan devisa suatu negara. manfaat perdagangan internasional ini diperoleh dari adanya keuntungan dari jual beli suatu produk ke negara lain. Semakin besar ekspor, maka akan semakin besar tambahan devisa yang diperoleh suatu negara.

Contoh manfaat ini dirasakan Indonesia saat mengekspor berbagai produk hasil tambang dan pertanian. Keuntungan ekspor tersebut kemudian dijadikan salah satu aspek dalam sumber-sumber devisa negara.

Nah, demikianlah beberapa tujuan dan manfaat perdagangan internasional yang bisa diperoleh suatu negara ketika melakukan aktivitas perdagangan internasional. Selain dapat memberikan manfaat, perdagangan internasional juga bisa memberikan berbagai dampak negatif. Di artikel selanjutnya kita akan membahas dampak negatif perdagangan internasional tersebut. Semoga bermanfaat!
Advertisement

0 Response to "5 Manfaat Perdagangan Internasional, Penjelasan, dan Contohnya"