IPS Mudah

7 Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi suatu Wilayah

Advertisement
Advertisement
Keberhasilan program pembangunan ekonomi yang dijalankan suatu wilayah atau negara dapat memberikan banyak kemajuan dan perubahan di segala bidang. Untuk mengukur tingkat keberhasilan tersebut, terdapat beberapa indikator yang kerap dijadikan acuan atau standar. Lalu, apa saja indikator keberhasilan pembangunan ekonomi yang menjadi standar tingkatan kemajuan pembangunan ekonomi tersebut? Berikut ini pembahasan lengkapnya untuk dapat Anda pahami.

Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi

Sedikitnya, ada 7 indikator keberhasilan pembangunan ekonomi yang dijalankan suatu negara. Ke tujuh indikator tersebut meliputi indikator moneter seperti produk domestik bruto, pendapatan per kapita, angka tabungan, dan sektor ekonomi utama; serta indikator non moneter seperti indeks kualitas hidup, indeks pembangunan manusia, dan urbanisasi.

Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi

1. Produk domestik bruto

Indikator yang pertama yaitu produk domestik bruto atau dikenal dengan istilah Gross Domestic Product (GDP). Produk domestik bruto adalah ukuran kapasitas produksi barang maupun jasa yang dihasilkan oleh suatu wilayah dalam satu tahun. Peningkatan produk domestik bruto memang bukan merupakan implikasi langsung dari keberhasilan pembangunan ekonomi suatu daerah. Namun, ia dapat dijadikan gambaran tentang perputaran kegiatan ekonomi di daerah tersebut yang semakin meningkat.

Produk domestik bruto digunakan untuk satuan wilayah domestik tertentu. sementara untuk mengukur produk nasional bruto digunakan istilah Gross National Product (GNP). [Baca Juga : Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi]

2. Pendapatan per kapita

Pendapatan per kapita adalah pendapatan rata-rata yang bisa diperoleh penduduk di suatu negara atau wilayah. Semakin besar pendapatan per kapita, maka semakin berhasillah pembangunan ekonomi di suatu wilayah. Begitupun sebaliknya, semakin kecil pendapatan per kapita, maka semakin rendahlah tingkat pembangunan ekonomi di wilayah tersebut.

Perlu diketahui bahwa, selain bisa dijadikan indikator keberhasilan pembangunan ekonomi, pendapatan per kapita yang tinggi juga bisa menjadi salah satu indikator ciri ciri negara maju.

3. Angka tabungan

Tabungan masyarakat ialah salah satu modal penting yang dapat menunjang perputaran roda ekonomi di suatu negara. Tabungan masyarakat yang tinggi dapat menjamin ketersediaan modal usaha untuk investasi dalam penciptaan lapangan pekerjaan dan kegiatan ekonomi baru di suatu wilayah.

4. Sektor ekonomi utama

Perubahan sektor ekonomi utama yang menjadi penopang utama perekonomian dari sektor pertanian ke sektor industri dan jasa juga merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan ekonomi di suatu wilayah. Produktivitas yang tinggi dari sektor industri dan jasa menjadikan perputaran roda ekonomi semakin baik.

5. Indeks kualitas hidup

Indeks kualitas hidup (IKP) adalah ukuran kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat suatu wilayah. Indikator keberhasilan pembangunan ekonomi satu ini terbagi lagi ke dalam beberapa sub indikator seperti angka kematian bayi, tingkat standar hidu, dan angka rata-rata harapan hidup.

6. Indeks pembangunan manusia

Indeks pembangunan manusia (IPM) adalah ukuran perbandingan dari angka harapan hidup, angka melek huruf, kualitas pendidikan, dan standar hidup dari masyarakat suatu negara atau wilayah. Selain digunakan sebagai indikator keberhasilan pembangunan ekonomi, IPM juga dapat digunakan untuk mengklasifikasikan sebuah negara apakah termasuk negara maju, negara berkembang, atau negara terbelakang.

7. Urbanisasi

Urbanisasi adalah proses perpindahan penduduk dari desa (daerah ekonomi berkembang) ke kota (daerah ekonomi maju). Urbanisasi juga bisa menjadi sebuah indikator apakah suatu wilayah telah mengalami kemajuan pembangunan ekonomi atau masih belum memiliki perekonomian yang baik.

Nah, demikanlah 7 indikator keberhasilan pembangunan ekonomi dan penjelasannya yang dapat kami sampaikan pada kesempatan ini. Semoga penjelasan cukup lengkap dan dapat Anda pahami dengan baik. Semoga bermanfaat!
Advertisement

0 Response to "7 Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi suatu Wilayah"