IPS Mudah

8 Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi suatu Negara

Advertisement
Advertisement
Suatu wilayah, baik itu regional, negara, provinsi, kabupaten, kecamatan, hingga desa, melakukan proses pembangunan ekonomi untuk memutar roda kehidupan masyarakatnya. Adanya perbedaan tingkat pembangunan satu wilayah dengan wilayah lainnya menunjukan bahwa tingkat pembangunan ekonomi dipengaruhi beberapa faktor. Apa saja faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi tersebut? Berikut di artikel ini kita akan temukan jawabannya!

Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi

Tingkat pembangunan ekonomi sangatlah berpengaruh terhadap kemajuan suatu negara atau wilayah. Dengan tingkat pembangunan ekonomi yang tinggi, negara dapat mewujudkan program dan kebijakan yang dibuatnya untuk kemajuan negara itu sendiri.

Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi

Adapun dalam prosesnya, pembangunan ekonomi sangat dipengaruhi oleh faktor faktor tertentu. Faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi tersebut di antaranya ketersediaan sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya modal, ilmu pengetahuan dan teknologi, infrastruktur, keadaan politik, sosial budaya, serta sistem pemerintahan.

1. Sumber Daya Alam (SDA)

Sumber daya alam merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi perkembangan ekonomi suatu negara. Sumber daya alam meliputi segala sesuatu yang disediakan oleh alam dan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan penyediaan bahan baku produksi. Sumber daya alam meliputi tanah, air, dan udara beserta segala hal yang dikandungnya.

Dengan sumber daya alam yang kaya, suatu negara dapat mencapai pembangunan ekonomi dengan tingkat yang lebih baik. Contohnya adalah negara-negara Timur Tengah yang memiliki bahan tambang berupa minyak bumi dan gas alam.

2. Sumber Daya Manusia (SDM)

Selain sumber daya alam, sumber daya manusia juga merupakan faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi suatu negara. Bahkan, faktor ini disebut kunci dari proses pembangunan itu sendiri. Dengan sumber daya manusia yang berkualitas, proses pengorganisasian dalam tujuan mencapai tingkat pembangunan ekonomi dapat terwujud.

Negara yang miskin sumber daya alam tapi memiliki sumber daya manusia yang baik bisa menjadi negara maju dibandingkan negara yang kaya sumber daya alam tapi memiliki sumber daya manusia yang rendah. Contoh sederhananya adalah negara-negara di Eropa Jepang, Singapura, dan Amerika.

3. Sumber Daya Modal

Sumber daya modal memegang peranan penting bagi pertumbuhan laju ekonomi suatu negara. Dengan modal yang banyak tersedia, maka akan terjadi pertumbuhan kegiatan-kegiatan ekonomi baru di negara tersebut. Karena kurangnya sumber daya modal, biasanya negara akan membuat peraturan untuk penanaman modal asing dalam bentuk investasi.

4. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)

Ilmu pengetahuan dan teknologi adalah alat yang digunakan manusia untuk mengolah sumber daya alam yang dimilikinya secara produktif, efektif, dan efisien. Tanpa kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, pembangunan ekonomi akan terhambat karena proses produksi dalam menghasilkan barang dan jasa menjadi boros. Oleh karena itu, faktor ini juga termasuk faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi suatu negara. [Baca Juga : Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi]

5. Infrastruktur

Infrastruktur yang lengkap dan merata dapat mendorong efektivitas dan efisiensi kegiatan produksi yang dilakukan suatu negara. Dengan infrastruktur yang baik, maka setiap pelaku ekonomi dapat mencapai kemudahan dalam menjalankan kegiatan ekonominya. Dengan kemudahan tersebut, maka proses pembangunan ekonomi suatu negara akan berjalan secara lebih baik.

6. Keadaan Politik

Keadaan politik termasuk salah satu faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi di suatu negara. Bila kondisi politik suatu negara tidak stabil dengan adanya bongkar pasang peraturan, maka akan semakin sulit masuknya modal ke negara tersebut. Dengan sulitnya modal masuk, maka kegiatan produksi tidak akan berkembang dengan baik.

7. Sosial Budaya

Nilai-nilai sosial budaya yang terdapat di masyarakat juga tak kalah pentingnya dalam proses pembangunan ekonomi. Suatu negara yang dihuni oleh penduduk yang sering mengalami konflik cenderung akan mengalami stagnasi atau kemunduran dalam proses pembangunannya. Dan sebaliknya, negara dengan penduduk yang ramah dan menjunjung tinggi kesamaan hak dan kewajiban akan mendorong terciptanya stabilitas untuk investasi.

8. Sistem Pemerintah

Faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi yang terakhir adalah sistem pemerintahan. Sistem pemerintahan yang mendukung percepatan ekonomi umumnya adalah sistem pemerintahan yang mengizinkan masuknya modal asing untuk investasi di negara tersebut, misalnya sistem liberalis. Sementara sistem pemerintahan yang akan menghambat percepatan pembangunan ekonomi misalnya sistem sosialis.

Nah, demikianlah 8 faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi suatu negara. dengan dukungan ke delapan faktor tersebut, suatu negara bisa membangun ekonominya menjadi lebih maju. Sementara, bila salah satunya tidak tersedia, maka pembangunan ekonomi negara tersebut pasti akan terhambat.
Advertisement

0 Response to "8 Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi suatu Negara"