IPS Mudah

12 Dampak Perubahan Sosial secara Positif dan Negatif serta Contohnya

Advertisement
Advertisement
Perubahan sosial adalah sebuah proses yang pasti selalu terjadi dalam kehidupan manusia dan masyarakat sebagai akibat adanya interaksi sosial. Adanya perubahan sosial sendiri dapat memberikan manfaat, namun tak jarang pula bisa menimbulkan berbagai dampak negatif bagi sistem dan struktur sosial kemasyarakatan. Nah, di artikel kali ini kita akan membahas apa saja manfaat dan dampak perubahan sosial tersebut lengkap dengan contoh-contohnya.

Dampak Perubahan Sosial

Ada 2 dampak yang dapat muncul akibat adanya perubahan sosial budaya yang terjadi di masyarakat. Kedua dampak tersebut yaitu dampak positif yang berupa manfaat serta dampak negatif yang menimbulkan kerugian.

Dampak Perubahan Sosial

1. Dampak Positif Perubahan Sosial

Dampak positif yang muncul dari adanya perubahan sosial memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi kemajuan pembangunan kehidupan masyarakat. Dampak perubahan sosial yang bersifat positif meliputi perkembangan ilmu pengetahuan, penambahan lapangan pekerjaan, terciptanya tenaga kerja profesional, terbentuknya nilai dan norma baru, serta efektivitas dan efisiensi kerja yang meningkat.

a. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
Perubahan sosial mendorong inovasi yang mendorong kemajuan di berbagai bidang dan aspek kehidupan manusia. Salah satunya adalah kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Adanya perkembangan iptek akan mampu mengubah nilai-nilai lama menjadi nilai-nilai baru menuju perubahan sosial ke arah modernisasi.

b. Tercipta lapangan kerja baru
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai dampak perubahan sosial akan mendorong terjadinya industrialisasi dan berkembangnya perusahaan multinasional di suatu wilayah. Dengan adanya hal ini, maka pengembangan industri kecil dan perusahaan-perusahaan baru akan membuka lapangan kerja baru yang mampu menyerap tenaga kerja secara optimal.

c. Tercipta tenaga kerja profesional
Industrialisasi akan menciptakan usaha-usaha baru yang saling saling berkompetisi memenangkan persaingan. Kompetisi ini pada akhirnya akan mendorong terciptanya tenaga kerja yang terampil, berkeahlian, memiliki kecakapan, dan tingkat profesionalitas yang tinggi. Dengan demikian, tingkat pendidikan pada suatu kelompok masyarakat akan dituntut agar menjadi lebih baik.

d. Nilai dan norma baru terbentuk
Perubahan sosial akan membentuk nilai dan norma baru menggantikan aturan norma dan nilai-nilai lama. Nilai dan norma baru inilah yang mendorong terciptanya masyarakat madani yang sejahtera dan berkepribadian. [Baca Juga : Bentuk Bentuk Perubahan Sosial]

e. Efektivitas dan efisiensi kerja meningkat
Dampak perubahan sosial juga akan dirasakan dalam tingkat efektivitas dan efisiensi kerja. penggunaan mesin dan alat-alat produksi yang bisa menghasilkan produk secara lebih cepat, banyak, dan tepat akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja tersebut.

2. Dampak Negatif Perubahan Sosial

Selain memberikan manfaat dan dampak positif, perubahan sosial juga bisa menimbulkan beberapa dampak negatif yang merugikan bagi kondisi sosial masyarakat. Dampak perubahan sosial tersebut meliputi terjadinya disintegrasi sosial, pergolakan daerah, kenakalan remaja, kerusakan lingkungan hidup, eksistensi adat istiadat yang terganggu, lembaga sosial yang tidak berfungsi, serta munculnya paham keduniawian.

a. Terjadi disintegrasi sosial
Terjadi disintegrasi sosial tidak terlepas dari adanya perubahan besar dalam kehidupan sosial masyarakat. Perbedaan kepentingan, tujuan, serta kesenjangan sosial yang tercipta akan mendorong munculnya perpecahan dan konflik sosial dalam masyarakat.

b. Terjadi pergolakan daerah
Dampak negatif perubahan sosial juga dapat dirasakan oleh masyarakat daerah. Pergolakan masyarakat daerah tidak bisa dilepaskan dari adanya kesenjangan ekonomi, perubahan tatanan hidup, pengabaian nilai dan norma lama, atau karena adanya perbedaan suku, agama, ras, dan golongan.

c. Kenakalan remaja
kenakalan remaja akan muncul sebagai akibat dari adanya pengaruh perubahan sosial. Tidak diakuinya nilai dan norma lama oleh sebagai demografi usia masyarakat akan membuat adopsi budaya luar dengan mengabaikan budaya sendiri menjadi tidak terelakan. [Baca Juga : Faktor Penghambat Perubahan Sosial]

d. Terjadi kerusakan lingkungan
Industrialisasi dan persaingan yang tercipta daripadanya akan mendorong manusia untuk melakukan ekspolrasi dalam pemanfaatan sumber daya alam yang ada. Pada akhirnya, karena hal ini kerusakan lingkungan menjadi dampak perubahan sosial yang pasti akan terjadi.

e. Eksistensi adat istiadat berkurang
nilai dan norma baru yang terbentuk di masyarakat akan mengurangi eksistensi nilai dan norma adat istiadat yang lebih dulu ada. Nilai dan norma adat akan semakin ditinggalkan karena dianggap tidak lagi sesuai dengan tuntutan zaman. Kebudayaan lama pun kemudian perlahan hilang karena hal ini.

f. Lembaga sosial tidak berfungsi secara optimal
Perubahan sosial mendorong terjadinya segregasi struktur sosial kemasyarakatan. Hal ini kerap kali menimbulkan penyalahgunaan kedudukan dan wewenang dari lembaga sosial yang ada.

g. Muncul paham duniawi
perubahan sosial akan mendorong munculnya paham-paham baru yang bersifat keduniawian. Paham-paham seperti konsumerisme, sekularisme, dan hedonisme akan tumbuh, terlebih bila masyarakat tidak memiliki tingkat kesadaran tinggi untuk menjaga kearifan lokal daerahnya.

Nah, demikianlah 2 dampak perubahan sosial yang akan muncul sebagai implikasi adanya perubahan sosial di masyarakat. Dampak positif memberikan manfaat bagi kemajuan sosial, sementara dampak negatif menimbulkan kerugian sehingga harus diatasi secara serius. Tugas kita sebagai kaum terdidik adalah mengoptimalkan segala manfaat tersebut dan meminimalkan kerugian dari setiap gejala sosial yang ada. Semoga bermanfaat.
Indeks Perubahan Sosial : 1. Pengertian - 2. Ciri-Ciri - 3. Bentuk - 4. Contoh - 5. Faktor Penyebab - 6. Faktor Pendorong - 7. Faktor Penghambat - 8. Dampak Positif - 9. Dampak Negatif - 10. Teori Perubahan Sosial.
Advertisement

0 Response to "12 Dampak Perubahan Sosial secara Positif dan Negatif serta Contohnya"