IPS Mudah

7 Contoh Sejarah Sebagai Seni, Gambar, dan Pengertiannya

Advertisement
Advertisement
Sejarah dapat dipandang sebagai ilmu pengetahuan, penggambar kisah dan peristiwa, sekaligus sebagai suatu seni. Sejarah dapat dikatakan sebagai suatu seni dilatarbelakangi oleh pendapat beberapa ahli seperti George Macauly Travelyan dan Dithley. Filusuf modern dan ahli sejarah tersebut menyatakan bahwa ilmu pengetahuan alam merupakan sesuatu yang konkrit dan nyata, sementara sejarah kadang kali merupakan sesuatu yang abstrak. Oleh karena itu, untuk mengidentifikasi contoh sejarah sebagai seni, dibutuhkan pengetahuan tentang rasa, agar sejarah dapat dituliskan dengan indah, komunikatif, mudah dimengerti, dan menarik.

Contoh Sejarah Sebagai Seni

Pendapat sejarah sebagai seni memang dapat dilihat dari berbagai contoh dalam peninggalan sumber sumber sejarah. Berikut ini akan kita bahas apa saja contoh sejarah sebagai seni dan penjelasannya yang meliputi berbagai benda dan budaya peninggalan sejarah.

Contoh Sejarah Sebagai Seni

1. Seni Pahat

Yang pertama yaitu seni pahat. Seni pahat adalah sebuah seni yang dikaryakan masyarakat masa silam dalam bentuk 3 dimensi. Seni pahat dipelajari dan diteliti menggunakan pengetahuan tentang rasa. Pada beberapa candi peninggalan kerajaan Hindu Budha di Indonesia, karya seni pahat dapat kita temukan dalam bentuk relief sehingga bisa menjadi gambaran peradaban masyarakat terdahulu. Oleh karena itu, seni pahat bisa menjadi suatu contoh sejarah sebagai seni.

2. Seni Patung

Senada dengan seni pahat, seni patung juga merupakan perwujudan dan contoh sejarah sebagai seni. Patung dibuat dengan intuisi, imajinasi, dan emosi pembuatnya sehingga bisa memiliki nilai seni yang tinggi. Selain itu, sisi religius juga muncul dalam bentuk peribadahan atau ritual keagamaan dari peninggalan sejarah ini.

3. Wayang Kulit

Wayang kulit adalah sebuah seni pertunjukan yang menampilkan kisah-kisah atau lakon tertentu dengan menggunakan media wayang yang terbuat dari kulit sebagai media penyampai pesan. Wayang kulit merupakan perwujudan contoh sejarah sebagai seni yang hingga kini masih tetap lestari. Bukan hanya di Jawa, wayang juga bisa ditemukan dalam budaya masyarakat dunia lainnya meski dalam wujud yang berbeda.

4. Pakaian Adat

Pakaian merupakan salah satu alat pemenuhan kebutuhan dasar manusia. Namun, selain dapat dilihat dari sisi utilitasnya, pakaian yang dikenakan masyarakat adat masa silam juga memiliki nilai-nilai seninya tersendiri. Contohnya adalah pakaian adat yang dikenakan masyarakat adat Indonesia dari berbagai provinsi.

5. Seni Arsitektur

Beragam bangunan bersejarah seperti candi, benteng, masjid, keraton, hingga gaya hunian rumah adat adalah contoh sejarah sebagai seni yang berwujud secara nyata dalam bentuk arsitektur. Untuk mengamati fungsi dan anatomi dari bagian-bagian benda arsitektur tersebut di masa sekarang kita membutuhkan pengetahua tentang rasa, baik berupa intiusi, emosi, maupun imajinasi.

6. Tarian Tradisional

Tarian tradisional lebih dari sekedar bentuk pertunjukan sejarah peradaban masyarakat masa silam. Ia juga memiliki nilai estetisnya sendiri sebagai sarana hiburan dan kesenian. Memahami koreografi dan makna yang terkandung dalam setiap gerakan tari tradisional tidak bisa hanya mengandalkan sisi ilmiah semata. Dibutuhkan intuisi, imajinasi, dan emosi yang matang bagi mereka yang ingin memahami tari tradisional ini secara utuh sebagai bukti peradaban manusia.

7. Uang kuno

Sejarah tentang kehidupan ekonomi suatu bangsa bisa dipelajari melalui peninggalan berupa uang-uang kuno lewat khasanah ilmu numismatik. Selain untuk itu, ilmu numismatik sebagai salah satu cabang ilmu bantu sejarah juga memainkan peranan penting dalam mengartikan setiap keping dan lembar uang masa silam dan menjadikannya sebagai teori dan catatan sejarah baru.
Contoh Sejarah sebagai Ilmu
Contoh Sejarah sebagai Peristiwa
Contoh Sejarah sebagai Kisah
Nah, demikianlah ketujuh contoh sejarah sebagai seni yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Dari pemaparan di atas, dapat kita simpulkan bahwa ada beberapa karakteristik dan ciri khas sejarah sebagai seni, yaitu sejarah selalu berkaitan dengan emosi, intuisi, dan imajinasi yang tidak bisa saling terpisahkan. Semoga bermanfaat!
Advertisement

0 Response to "7 Contoh Sejarah Sebagai Seni, Gambar, dan Pengertiannya"