IPS Mudah

6 Contoh Sejarah sebagai Peristiwa, Gambar, dan Pengertiannya

Advertisement
Advertisement
Berbagai peristiwa yang terjadi di masa lalu adalah salah satu bagian penting dalam pembahasan sejarah. Dengan peristiwa tersebut, gambaran kehidupan sejarah dapat digambarkan secara mendasar. Kendati begitu, peristiwa tersebut tentu sudah tidak bisa diamati langsung. Ia ditelaah sebagai sebuah kisah yang ditempatkan sebagai fakta dan kejadian yang benar benar terjadi. Berikut di artikel kali ini kita akan membahas tentang ciri ciri sejarah sebagai peristiwa, pengertian, dan beberapa contoh sejarah sebagai peristiwa yang dapat kita pelajari saat ini.

Contoh Sejarah sebagai Peristiwa

Sejarah sebagai peristiwa didefinisikan sebagai suatu kejadian masa lampau yang terjadi disertai dengan adanya fakta dan bukti jelas. Sejarah sebagai peristiwa juga dapat diartikan sejarah sebagaimana terjadinya. Atas dasar pengertian ini, maka sejarah sebagai peristiwa menunjukan adanya 2 ciri, yaitu objektif dan empiris. Objektif berarti merupakan akumulasi fakta, sementara empiris berarti berdasar pada data sebenarnya. Kedua ciri tersebut dapat kita temukan pada beberapa contoh sejarah sebagai peristiwa berikut ini.

Contoh Sejarah sebagai Peristiwa

1. Peristiwa Rengas Dengklok

Peristiwa rengas dengklok adalah peristiwa penculikan yang dilakukan golongan muda kepada Soekarno dan Hatta menjelang proklamasi kemerdekaan Indonesia. Penculikan yang terjadi pada 16 Agustus 1945 pukul 03.00 ini dilakukan terhadap kedua tokoh tersebut dilakukan untuk mendesak mereka agar mempercepat proklamasi Indonesia. Ditinjau dari bukti dan fakta yang ada, peristiwa rengas dengklong memang benar-benar terjadi, sehingga ia termasuk contoh sejarah sebagai peristiwa.

2. Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan RI

Selain peristiwa rengas dengklok, keesokan harinya tepatnya tanggal 17 Agustus 1945, terjadi pula satu peristiwa lain yang sangat bersejarah bagi masyarakat Indonesia. Peristiwa tersebut adalah pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia oleh Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta yang menjadi tonggak awal menuju kehidupan berbangsa yang mandiri. Rekaman, bukti berupa teks, dan kesaksian mereka yang mengalami menunjukan bahwa peristiwa ini memang benar-benar terjadi sehingga bisa dianggap sebagai contoh sejarah sebagai peristiwa.

3. Peristiwa Sejarah Serangan Umum 1 Maret 1949

Serangan umum 1 Maret 1949 adalah peristiwa serangan besar besaran terhadap kota Jogjakarta oleh pasukan Tentara Nasional Indonesia. Kota Jogjakarta yang kala itu dikuasai oleh Belanda dan Sekutunya direbut untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan membuktikan kepada dunia internasional bahwa Indonesia merupakan sebuah negara yang merdeka dan memiliki kedaulatannya sendiri.

4. Peristiwa Kerusuhan Mei 1998

Kerusuhan Mei 1998 adalah sebuah peristiwa kerusuhan ras terhadap etnis Tionghoa yang berlangsung pada 13 sd 15 Mei 1998. Kerusuhan ini dipicu oleh kondisi krisis ekonomi dan pembunuhan terhadap 4 mahasiswa Universitas Trisakti dalam demonstrasi di hari sebelumnya. Bisa dikatakan bahwa peristiwa ini tergolong baru dan memiliki banyak sekali bukti nyata yang komprehensif. Sehingga ia dapat disusun sebagai suatu sejarah yang objektif dan empiris dan menjadi perwujudan contoh sejarah sebagai peristiwa.

5. Peristiwa Bom Bali I

Bom Bali I adalah rangkaian peristiwa pemboman yang terjadi 12 Oktober 2002 di Pulau Bali. Ada 3 ledakan dalam peristiwa tersebut, 2 terjadi di Legian, Kuta, dan 1 terjadi di dekat Konsulat Amerika Serikat. Peristiwa ini tercatat menewaskan 202 korban jiwa dan menyebabkan 209 orang terluka. Untuk mengenangnya, peristiwa ini diabadikan dalam bentuk monumen yang berisi daftar nama korban yang meninggal.
Contoh Sejarah sebagai Ilmu
Contoh Sejarah sebagai Seni
Contoh Sejarah sebagai Kisah

6. Peristiwa Tsunami Aceh

Tsunami Aceh juga bisa dijadikan suatu contoh sejarah sebagai peristiwa. Tsunami yang terjadi dan memporakporandakan Aceh di tanggal 26 Desember 2004 ini dipicu oleh adanya gempa hebat di dasar laut dekat Pulau Simeuleu. Gempa hebat yang berkekuatan 9,3 skala Richter ini menyebabkan timbulnya gelombang laut yang tinggi dan menghempas daratan Aceh serta sebagian pesisir pantai di wilayah semenanjung Asia dan Afrika.

Nah, demikianlah beberapa contoh sejarah sebagai peristiwa beserta penjelasannya yang dapat kami sampaikan pada kesempatan ini. dari peristiwa-peristiwa tersebut, kita bisa mempelajari sejarah nyata yang akurat karena didasari oleh bukti dan data yang kuat. Semoga bermanfaat!
Advertisement

0 Response to "6 Contoh Sejarah sebagai Peristiwa, Gambar, dan Pengertiannya"