IPS Mudah

5 Contoh Sejarah Sebagai Kisah, Gambar, dan Pengertiannya

Advertisement
Advertisement
Selain dapat berperan sebagai peristiwa, sejarah juga dapat berperan sebagai kisah. Sejarah sebagai kisah didefinisikan sebagai sejarah yang diceritakan atau direkonstruksi kembali berdasar pada ingatan atau penafsiran seseorang. Dari definisi tersebut, kita dapat menemukan adanya 2 ciri dari peran sejarah ini, yaitu ia bersifat subjektif dan belum tentu empiris. Nah, di kesempatan artikel kali ini kita akan membahas tentang ciri ciri dan contoh sejarah sebagai kisah beserta perbedaannya dengan ciri dan contoh sejarah sebagai peristiwa.

Contoh Sejarah Sebagai Kisah

Sejarah sebagai kisah dikatakan subjektif karena hanya berdasarkan pada keterangan dan ingatan pelaku sejarah atau hanya berupa pendapat para sejarawan yang belum disimpulkan secara utuh. Sementara ia dikatakan belum tentu empiris karena bisa saja sejarah yang terdapat dalam kisah tersebut tidak benar-benar akurat. Contoh sejarah sebagai kisah beserta cirinya bisa dapat Anda temukan pada kisah berikut ini.

Contoh Sejarah Sebagai Kisah

1. Kisah Ken Arok

Kisah Ken Arok bersumber pada manuskrip dalam Kitab Negarakertagama. Menurut kitab karangan Mpu Sutasoma tersebut, Ken Arok disebutkan sebagai seorang pemuda yang berhasil merebut dan mendirikan kerajaan Tumapel dengan segala cara yang diusahakannya. Dengan segala latar yang diceritakan dalam kitab tersebut, mulai dari cerita keris Empu Gandring, cerita pembunuhan turun temurun lewak aksi balas denda, dan lain sebagainya, kita dapat melihat adanya sisi subjektid dari setiap kisah yang disajikan. Oleh karena itu, maka kisah tentang Ken Arok ini dapat dikategorikan ke dalam fungsi sejarah sebagai kisah.

2. Kisah Ratu Kidul

Kisah tentang adanya penguasa bangsa Jin atas wilayah laut selatan Jawa dapat ditemukan dalam kebudayaan masyarakat pesisir selatan Jawa. Asal usul dan ceritanya pun sering kali berbeda-beda, tergantung dari sudut pandang dan versinya. Kendati begitu, yang paling banyak beredar di masyarakat adalah cerita yang berlatar keterkaitan dengan kekuasaan Kerajaan Mataram di masa silam seperti yang tercantum dalam babad Jawi.

3. Kisah Ki Ageng Selo

Contoh sejarah sebagai kisah juga dapat kita temukan dalam kisah Ki Ageng Selo yang terdapat dalam kitab Babad Tanah Jawi. Dari manuskrip itu, disebutkan bahwa Ki Ageng Selo adalah keturunan ketiga dari Brawijaya V, raja Kerajaan Majapahit. Dalam budaya Islam Jawa, disebutkan pula bahwa Ki Ageng Selo pernah menaklukan petir dan mengubahnya menjadi

4. Kisah Ratu Sima

Ratu Sima diyakini sebagai seorang ratu dari kerajaan Kalingga, salah satu kerajaan Hindu di Jawa. Pada masa pemerintahannya, Kerajaan Kalingga mencapai masa kejayaan. Masa kejayaan Kalingga diperoleh karena Ratu Sima memerintah dengan sangat tegas. Bahkan, disebutkan bahwa pernah ia memotong kaki anaknya sendiri karena menyenggol karung-karung berisi emas yang sengaja diletakan di jalan.

Kisah tentang Ratu Sima ini ada beberapa versi dan tidak menjadi satu kesatuan utuh. Hal tersebut disebabkan karena kisah ini dapat ditafsirkan secara subjektif karena data dan sumber sejarah yang menjadi rujukan tidak ditemukan dalam jumlah banyak.

5. Kisah Kejayaan Majapahit

Kkejayaan Kerajaan Majapahit yang melegenda yang dapat menyatukan seluruh nusantara tentu merupakan salah satu contoh sejarah sebagai kisah. Hal ini termasuk pula berbagai intrik yang terdapat di dalamnya mulai dari kisah sumpah palapa, penaklukan kerajaan Padjadjaran, serangan kerajaan Mongol dan lain sebagainya.
Contoh Sejarah sebagai Ilmu
Contoh Sejarah sebagai Seni
Contoh Sejarah sebagai Peristiwa
Nah, demikianlah 5 contoh sejarah sebagai kisah beserta ciri ciri dan penjelasannya. Dari pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara sejarah sebagai kisah dan sejarah sebagai peristiwa terletak pada keakuratan data dan sumber sejarah yang ada. Sejarah sebagai kisah memiliki data yang terbatas dan belum tentu akurat sehingga bisa menimbulkan subjektifitas, sementara sejarah sebagai peristiwa adalah sejarah yang akurat karena ditunjang data dan bukti yang valid. Semoga bermanfaat dan dapat dipahami dengan mudah.
Advertisement

0 Response to "5 Contoh Sejarah Sebagai Kisah, Gambar, dan Pengertiannya"