IPS Mudah

4 Contoh Sejarah Sebagai Ilmu, Gambar, dan Pengertiannya

Advertisement
Advertisement
Selain dapat berperan sebagai seni, peristiwa, dan kisah, sejarah juga memiliki peran sebagai suatu cabang ilmu pengetahuan. Sejarah sebagai ilmu pengetahuan adalah sejarah yang dirangkai secara sistematis melalui metode ilmiah. Sejarah sebagai ilmu merujuk pada segala manfaat yang diberikan sejarah bagi semua orang. Secara sederhana, sejarah dalam sudut pandang C.E. Berry, adalah sebuah ilmu pengetahuan, tidak kurang, dan tidak pula lebih. Untuk mendukung pendapat tersebut, kita dapat melihat adanya beberapa ciri ilmu pengetahuan pada sejarah. Apa saja ciri ciri tersebut? Berikut ini penjelasannya lengkap dengan contoh sejarah sebagai ilmu pengetahuan yang berhasil kami himpun.

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu

Ada 5 ciri ilmu pengetahuan yang terdapat dalam sejarah. Kelimanya yaitu empiris atau berdasar pada bukti dan fakta, objektif, teoritis, gerneralisasi, dan adanya metode ilmiah yang sistematis dalam langkah-langkah penelitian sejarah. Kelima ciri tersebut dalam kita temukan dalam berbagai contoh sejarah sebagai ilmu berikut ini.

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu

1. Teori asal usul nenek moyang bangsa Indonesia

Teori asal usul nenek moyang bangsa Indonesia yang paling terkenal karena merupakan hasil dari pendekatan sains adalah yang menyatakan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan, China Selatan. Teori ini didukung ilmu pengetahuan lainnya, terutama cabang ilmu biologi, yaitu Genealogi. Dari penelitian menggunakan cabang ilmu bantu sejarah tersebut diketahui bahwa persebaran masyarakat Proto Melayu dan Deutro Melayu melalui jalur-jalur khusus di sekitaran Semenanjung Asia. Pendekatan sejarah lewat genealogi tentu merupakan salah satu bukti contoh sejarah sebagai ilmu pengetahuan.

2.Teori Masuknya Hindu Budha ke Indonesia

Ada 4 aliran yang berkembang tentang teori masuknya agama dan budaya Hindu Budha ke Indonesia. Masing-masing menyebutkan bahwa masuknya Hindu dan Budha ke Indonesia adalah karena dibawa oleh golongan Brahmana, Ksatria, Waisya, dan Sudra. Masing-masing teori menunjukan bukti-bukti pendukungnya. Bukti-bukti ini dianalisa menggunakan cabang ilmu lain, misalnya kesastraan, numismatik, epigrafi, dan filologi. Penggunaan cabang ilmu tersebut tentu juga membuktikan bahwa sejarah merupakan bagian dari ilmu pengetahuan.

3. Teori Masuknya Islam ke Indonesia

Masuknya islam ke Indonesia diyakini karena adanya pengaruh dari asal yang berbeda-beda. Ada teori yang menyebut bahwa Islam masuk ke Indonesia karena dibawa pedagang Gujarat, ada yang menyebut dari Arab, dan ada pula yang menyebut Islam Indonesia berasal dari Persia. Masing-masing teori didukung oleh bukti sejarah yang dianalisa secara komprehensif melalui metode ilmiah yang terstruktur. Oleh karenanya, ini juga membuktikan adanya contoh sejarah sebagai ilmu pengetahuan.

4. Teori Asal Usul Manusia

Ada banyak teori yang diutarakan para ahli untuk menjawab pertanyaan dari mana asal usul manusia. Teori teori tersebut didukung oleh pendekatan biologi sekaligus pendekatan sejarah. Lewat pendekatan sejarah melalui penelitian arkeologi diketahui bahwa teori evolusi dimungkinkan sebagai teori asal usul manusia yang paling tepat. Penemuan fosil manusia purba dan artefak-artefak yang ada menunjukan bahwa manusia mengalami perkembangan fisik tertentu di setiap zamannya. Kendati begitu, seperti kebanyakan ilmu sosial lainnya, teori ini juga sangat relatif tergantung pada banyak faktor.
Contoh Sejarah sebagai Seni
Contoh Sejarah sebagai Peristiwa
Contoh Sejarah sebagai Kisah
Nah, demikianlah keempat contoh sejarah sebagai ilmu pengetahuan lengkap beserta ciri ciri dan penjelasannya. Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan adanya fungsi lain dari adanya sejarah. Sejarah memang suatu cabang ilmu pengetahuan, oleh karena hal itu kita terus mempelajarinya. Semoga bermanfaat!
Advertisement

0 Response to "4 Contoh Sejarah Sebagai Ilmu, Gambar, dan Pengertiannya"