IPS Mudah

10 Contoh Perubahan Sosial, Gambar, dan Penjelasannya

Advertisement
Advertisement
Proses perubahan sosial dapat berlangsung cepat atau lambat tergantung beberapa faktor. Akan tetapi satu hal yang pasti adalah bahwa proses perubahan tersebut akan menghasilkan suatu hal baru yang dianut masyarakat bila telah tiba saatnya. Beberapa contoh perubahan sosial sendiri telah kita alami dalam kehidupan sehari hari selama ini sebagai buah dari proses perubahan tersebut. Apa saja? Simak selengkapnya pada artikel berikut ini!

Contoh Perubahan Sosial

Ada banyak contoh perubahan sosial yang telah terjadi di dalam kehidupan masyarakat kita. Hal-hal baru menggantikan tradisi lama dalam setiap aspek di antaranya cara berpakaian, cara berkomunikasi, gaya rambut, dan lain sebagainya.

Contoh Perubahan Sosial

1. Perubahan cara berpakaian

Masyarakat Indonesia dulunya memiliki pakaian adat daerahnya masing-masing. Pakaian adat tersebut yang dulunya digunakan untuk keseharian, kini telah ditinggalkan. Masyarakat masa kini lebih memilih menggunakan pakaian dengan trend yang ada.

2. Perubahan sistem pertanian

Contoh perubahan sosial juga terjadi dalam perilaku masyarakat di bidang mata pencaharian. Bila dahulu mereka menggunakan cara-cara tradisional untuk bertani, kini seiring kemajuan teknologi, beragam alat dan mesin pertanian modern digunakan untuk mempermudah aktivitas pertaniannya.

3. Perubahan model rambut

Di masa silam, model potongan rambut tidak banyak jenis dan ragamnya. Namun, seiring perkembangan zaman, berbagai gaya rambut bisa dipilih sesuai minat dan hasrat masing-masing individu. Menggunakan potongan rambut gaya mohawk misalnya disebut sebagai bentuk perwujudan masyarakat modern.

4. Perubahan kesenian favorit

Saat ini, ada banyak kesenian daerah khas Indonesia yang mulai punah. Hilangnya kesenian etnik tersebut terjadi karena generasi muda lebih memilih untuk mempelajari kesenian asing yang dinilai lebih trendy dan gaul.

5. Perubahan industri

Di bidang industri, contoh perubahan sosial pun banyak terjadi. Misalnya penggunaan tenaga manusia yang dulunya banyak dipakai, kini beralih ke penggunaan teknologi dan permesinan untuk efisiensi tenaga kerja.

6. Bahasa daerah

Bahasa daerah yang semakin jarang digunakan masyarakat membuat eksistensi dan kelestariannya semakin terancam. Hal ini karena masyarakat lebih suka menggunakan bahasa Indonesia yang dinilai lebih efektif untuk komunikasi dengan individu lain yang berasal dari latar belakang ras dan suku berbeda.

7. Pendidikan

Contoh perubahan sosial dalam bidang pendidikan terjadi pada beberapa hal. Salah satunya adalah kemudahan dalam mendapatkan informasi tambahan untuk kegiatan belajar. Dahulu, anak sekolah selalu mencari tambahan materi pembelajaran dengan mengunjungi perpustakaan, namun saat teknologi internet sudah berkembang, mereka cukup menggunakan gadgetnya untuk memperoleh ilmu pengetahuan tambahan.

8. Cara berkomunikasi

Masyarakat kita dahulunya menggunakan surat untuk berkomunikasi jarak jauh dengan saudara atau kerabatnya. Namun, kini seseorang bisa berkomunikasi dengan mudah dengan adanya teknologi perangkat selular atau jejaring sosial.

9.  Emansipasi wanita

Di masa silam, jarang sekali ada wanita yang bisa menjadi pimpinan. Kaum wanita di masa silam tidak diperbolehkan untuk sekolah karena dinilai hanya akan bekerja di sekitaran dapur dan mengurusi rumah tangga. Namun, dengan adanya emansipasi wanita, kaum wanita bisa memperoleh derajat yang sama dengan kaum pria. Tak heran bila saat ini banyak sekali wanita yang memegang kendali dan menjadi pimpinan dalam sebuah lembaga penting.

10.  Alat-alat Musik Tradisional

Rendahnya minat generasi muda untuk mempelajari beragam alat musik tradisional daerah seperti gamelan, angklung, sampek, dan lain sebagainya adalah contoh perubahan sosial yang terjadi akibat masuknya beragam jenis alat musik modern dalam kehidupan bermasyarakat saat ini.

Nah, demikianlah 10 contoh perubahan sosial yang telah terjadi dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat kita. Perubahan akan terus ada seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, jangan heran bila hal-hal baru yang biasa kita gunakan saat ini akan menjadi hal lama dan ditinggalkah masyarakat masa depan. Semoga bermanfaat.
Indeks Perubahan Sosial : 1. Pengertian - 2. Ciri-Ciri - 3. Bentuk - 4. Contoh - 5. Faktor Penyebab - 6. Faktor Pendorong - 7. Faktor Penghambat - 8. Dampak Positif - 9. Dampak Negatif - 10. Teori Perubahan Sosial.
Advertisement

0 Response to "10 Contoh Perubahan Sosial, Gambar, dan Penjelasannya"