IPS Mudah

5 Contoh Konflik antar Agama, Latar Belakang, dan Cara Penyelesaiannya

Advertisement
Advertisement
Konflik sosial dapat terjadi karena beragam faktor pemicu, salah satunya adalah karena perbedaan agama dan keyakinan antara satu kelompok masyarakat dengan kelompok masyarakat lainnya. Beberapa contoh kasus di Indonesia menunjukan bahwa, konflik yang terjadi karena latar belakang agama biasanya akan menimbulkan gejolak sosial yang besar. Berikut di artikel kali ini kita akan membahas contoh konflik antar agama tersebut beserta cara penyelesaiannya.

Contoh Konflik antar Agama

Sepanjang sejarah peradaban manusia, agama dan keyakinan sebetulnya telah banyak memberikan sumbangsih besar bagi terciptanya perdamaian di muka bumi. Akan tetapi, karena pengetahuan dan kedewasaan masyarakat yang kurang mengenal toleransi, persoalan agama justru kerap menjadi pemicu lahirnya konflik horizontal.

Contoh Konflik antar Agama

Di negara yang menganut paham kebebasan beragama seperti Indonesia sendiri, telah terjadi beberapa contoh konflik semacam ini. Contoh konflik antar agama tersebut telah dijelaskan sebagaimana berikut.

1. Konflik Ambon (Islam vs Nasrani)

Contoh konflik antar agama yang pertama adalah konflik atau kerusuhan yang terjadi di kota Ambon, Maluku pada 19 Januari 1999. Konflik ini dipicu permasalahan sederhana, yakni tindak pemalakan yang dilakukan 2 orang muslim terhadap seorang warga nasrani. Konflik semakin membesar setelah ada banyak isu yang berhembus dan membakar amarah kedua belah pihak, yakni orang Muslim dan orang-orang Nasrani.

Dari laporan yang ada, konflik Ambon disebut menyebabkan tewasnya 12 orang dan ratusan orang terluka. Konflik ini kemudian mereda setelah upaya rekonsiliasi dilakukan oleh pemerintah daerah setempat.

2. Kerusuhan Poso (Islam vs Nasrani)

Kerusuhan Poso yang terjadi di Poso, Sulawesi Tengah juga merupakan contoh konflik antar agama yang memberikan dampak cukup serius. Konflik yang berlangsung antara umat Islam dan Nasrani ini bahkan berlarut-larut  dan terbagi menjadi 3 bagian karena kurangnya penanganan. Ketiga babak kerusuhan poso tersebut yaitu Poso I terjadi antara 25 sd 29 Desember 1998, Poso II terjadi antara 17 hingga 21 April 2000, sementara Poso III terjadi antara 16 Mei hingga 15 Juni 2000.

Tidak diketahui seberapa besar jumlah korban dan kerugian yang diderita karena konflik ini. Yang jelas setelah penandatanganan Deklarasi Malino pada 20 Desember 2001, antar kedua pihak yang bertikai, kondisi Poso berangsur membaik. Deklarasi Malino sendiri diinisiasi oleh Jusuf Kalla.

3. Konflik Tolikora (Islam vs Nasrani)

Konflik di Tolikora Papua terjadi pada tanggal 17 Juli 2015 lalu. Konflik ini dimulai dengan adanya insiden pembakaran masjid oleh para jemaat Gereja Injil di Indonesia, saat masyarakat muslim hendak mengadakan ibadah sholat Idul Fitri. Karena konflik ini, 2 orang korban tewas dan sedikitnya 96 rumah warga muslim dibakar. Beruntung upaya rekonsiliasi dapat segera dilakukan sehingga jumlah korban tidak bertambah lagi. [Baca Juga : Contoh Konflik antar Suku]

4. Konflik Palestina dan Israel (Islam vs Yahudi)

Contoh konflik antar agama bukan hanya terjadi di Indonesia. Di belahan dunia lain, konflik semacam ini juga kerap terjadi dan bahkan berlarut-larut hingga saat ini. Misalnya konflik yang terjadi antara warga Muslim, Palestina dan warga Yahudi, Israel dalam perebutan wilayah suci Yerussalem.

5. Konflik Rohingya (Islam vs Budha)

Konflik rohingya yang terjadi di Myanmar juga merupakan contoh konflik antar agama. Dalam konflik ini, dua kubu yang bertikai adalah etnis Rohingya yang beragama Muslim dengan pemerintah Myanmar yang memberlakukan agama Budha sebagai agama resmi kerajaan. Konflik rohingya hingga kini masih berlangsung dan menjadi sorotan dunia internasional.

Nah, demikianlah 5 contoh konflik antar agama yang terjadi di Indonesia dan dunia. Dari konflik-konflik di atas, kita seharusnya dapat belajar untuk bertoleransi dan saling menghargai antar umat beragama. Sehingga konflik semacam ini tidak akan terjadi lagi di kemudian hari. Semoga bermanfaat!
Advertisement

0 Response to "5 Contoh Konflik antar Agama, Latar Belakang, dan Cara Penyelesaiannya"