IPS Mudah

7 Contoh Kejahatan Genosida, Gambar, dan Penjelasannya

Advertisement
Advertisement
Kejahatan genosida adalah bentuk pelanggaran terhadap hak azasi manusia atau hak dasar manusia yang paling berat. Kejahatan ini dilakukan dengan memusnahkan suatu golongan bangsa, ras, etnis, atau kelompok agama dengan cara membunuh. Kendati terbilang sangat keji, bentuk kejahatan ini pernah beberapa kali dilakukan dalam sejarah hidup umat manusia. Nah, di artikel kali ini kita akan mengulas beberapa contoh kejahatan genosida tersebut beserta penjelasannya.

Contoh Kejahatan Genosida

Dalam catatan sejarah, sedikitnya telah terjadi 15 kali kasus kejahatan genosida hingga saat ini. Beberapa di antaranya memberikan efek yang sangat besar bagi perjalanan sejarah kehidupan manusia. Berikut adalah daftar contoh kasus kejahatan genosida yang berhasil kami rangkum.

Contoh Kejahatan Genosida

1. Genosida suku Aborigin

Yang pertama yaitu kejahatan genosida terhadap suku Aborigin yang dilakukan oleh Inggris. Kasus ini bermula ketika penjelajah samudera berkebangsaan Inggris bernama James Cook di tahun 1770 menemukan sebuah benua baru di ujung selatan samudera Pasifik yang kini kita sebut Benua Australia.

Setelah penemuan tersebut, inggris kemudian menginvasi Australia dan memusnahkan sebagian besar suku asli Australia itu melalui serangkaian proses, mulai dari kontak fisik, hingga penyebaran wabah penyakit. Virus cacar, campak, dan influensa menyebar ke seluruh penduduk suku Aborigin tanpa penanganan dan obat. Mereka dibiarkan sakit dan mati dengan sendirinya karena penyakit-penyakit tersebut.

Kejahatan genosida yang berlangsung sejak 1788 hingga 1900 ini tercatat berhasil menurunkan populasi suku Aborigin hingga 90% dan menyebabkan hilangnya jejak kebudayaan suku asli Benua Australia ini.

2. Genosida bangsa Yahudi

Genosida bangsa Yahudi yang dilakukan oleh Nazi Jerman di antara tahun 1935 sd 1945 ini bisa dikatakan sebagai contoh kejahatan genosida terparah sepanjang zaman. Dikatakan demikian karena pembantaian yang kerap disebut holocaust ini memiliki total korban sebanyak 20 juta orang Yahudi. Berbeda dengan kejahatan genosida suku Aborigin yang lebih banyak menggunakan senjata kimia, kejahatan genosida Yahudi justru langsung menekankan kontak senjata fisik.

3. Genosida suku Kurdi

Genosida suku Kurdi dilakukan saat Rezim Saddam Husein memerintah Irak sejak tahun 1980. Suku Kurdi sendiri adalah bagian dari rumbun bangsa Indo Eropa yang tinggal di sekitar daerah pegunungan Irak yang berbatasan dengan Iran dan Turki. Mereka dikenal sebagai suku yang paling malang di dunia. Selain karena hidup terpencar di 3 negara berbeda seperti Irak, Turki, dan Iran, mereka juga kerap dikucilkan karena eksistensinya yang minoritas.

Karena kerap dikucilkan dari pemerintahan negara yang ditinggalinya, tak heran bila suku Kurdi ingin membentuk negaranya sendiri di wilayah ketiga negara tersebut. Saddam Husain yang terkenal sebagai seorang dikatator menyikapi hal ini dengan membantai mereka tanpa ampun dengan kekuatan militer yang dimilikinya.

4. Genosida Rwanda

Contoh kejahatan genosida ini terjadi di negeri Rwanda dengan suku Tutsi sebagai korbannya. Kejahatan yang terjadi di tahun 1994 ini dilatar belakangi oleh terbunuhnya presiden Rwanda, yakni Juvenal Habyarimana karena tertembak saat berada di helikopter pribadinya.

Intelejen Rwanda menganggap bahwa pembunuh presiden mereka adalah Habyarimana, seorang pemimpin kedua suku Tutsi yang kala itu memang tengah berada dalam helikopter bersama sang presiden. Tak pelak karena tuduhan tersebut, militer Rwanda kemudian menghabisi Habyarimana dan seluruh manusia yang beretnis sama dengannya. Dari kejadian ini, tercatat ada sekitar 800 ribu jiwa mati karena pembantaian. Dimana sebagian besar dari mereka berasal dari suku Tutsi.

5. Genosida Serebrenica

Ini merupakan contoh kejahatan genosida yang terjadi di Eropa. Kejahatan genosida ini dilakukan oleh Serbia terhadap suku Bosnia dan Kroasia di Yugoslavia pada rentang tahun 1991 sd 1996. Pembantaian ini menewaskan sekitar 8000 lelaki remaja dari etnis muslim Bosnia di tahun 1995 dan jumlah korban lainnya yang tidak tercatat.

Dalam dibalik kasus genosida ini adalah panglima perang Serbia bernama Jenderal Ratko Mladic. Hingga saat ini ia masih menjadi buronan Interpol karena kasus kejahatan perang yang dilakukannya terbukti di mahkamah Internasional.

6. Genosida Darfur

Sesuai namanya, contoh kejahatan genosida ini memang diderita oleh orang kulit hitam di Darfur, Sudan bagian Barat. Kejahatan genosida darfur didalangi oleh milisi Janjaweed di sekitar tahun 2004. Catatan terakhir menyebutkan bahwa kejahatan ini telah menewaskan sekitar 300.000 jiwa yang kebanyakan berasal dari orang kulit hitam. Karena kasus ini, hingga sekarang kondisi Sudan masih diderita konflik berkepanjangan.

7. Genosida Bangsa Indian

Suku Indian adalah suku asli benua Amerika yang dihabisi sampai ke akar-akarnya semenjak kolonialisasi Eropa bercokol di benua ini. Orang-orang Eropa yang mulai masuk ke Amerika sejak tahun 1492 menganggap bahwa mereka adalah pemilik dari tanah Amerika, padahal sebetulnya telah ada suku Indian yang telah hidup disana selama ribuan tahun. Orang-orang eropa tersebut kemudian mengusir orang suku Indian agar mereka pindah ke daerah yang telah disediakan, yakni di bagian Amerika Utara. Sementara orang Indian menganggap bahwa tidak mungkin mereka terusir dari tanah nenek moyangnya hanya karena ada orang asing yang datang.

Karena orang Indian menolak dan melawan ketika diperintahkan untuk pindah, orang Eropa yang menjadi pendiri Negara Amerika saat ini kemudian mulai membantai dan menghabisi orang Indian. Tidak diketahui berapa jumlah pasti dari contoh kejahatan genosida ini, namun menurut beberapa catatan diperkirakan telah terbunuh sekitar 100 juta jiwa suku Indian sepanjang sejarah karena kejahatan ini.

Nah, demikianlah ke tujuh contoh kejahatan genosida dan gambarnya yang dapat kami sampaikan. Selain ke tujuh contoh tersebut, terdapat beberapa contoh lainnya yang dapat Anda temukan pada artikel Wikipedia ini. Semoga bermanfaat dan semoga kejahatan semacam ini tidak lagi terjadi di masa depan, terlebih di Indonesia.
Advertisement

0 Response to "7 Contoh Kejahatan Genosida, Gambar, dan Penjelasannya"