IPS Mudah

7 Ciri Ciri Negara Maju, Contoh, Pengertian, dan Penjelasannya

Advertisement
Advertisement
Setiap negara di dunia melakukan pembangunan dengan sumber daya yang dimilikinya di segala bidang kehidupan. Dalam proses pembangunan tersebut, ada negara yang telah mengalami kemajuan, namun ada pula yang masih dalam tahap perkembangan. Negara yang telah memiliki kemajuan pembangunan disebut dengan negara maju, sementara negara yang masih dalam tahap perkembangan disebut negara berkembang. Nah, di artikel kali ini kita akan membahas tentang apa saja ciri ciri negara maju dan negara berkembang tersebut lengkap dengan contoh-contohnya.

Ciri Ciri Negara Maju

Negara maju adalah negara yang telah mengalami kemajuan dalam pembangunan infrastruktur, ekonomi, pendidikan, dan pembangunan kualitas manusianya. Suatu negara tergolong maju apabila telah memenuhi beberapa ciri. Ciri ciri negara maju dapat dilihat dari beberapa indikator, seperti pendapatan perkapita masyarakatnya, kegiatan ekonomi utama, tingkat pengangguran, pertumbuhan penduduk, tingkat pendidikan, kepribadian masyarakat, serta perkembangan ilmu dan teknologinya.

Ciri Ciri Negara Maju

1. Pendapatan per kapita masyarakat yang tinggi

Pendapatan per kapita adalah pendapatan rata-rata yang bisa dicapai penduduk suatu negara dalam kurun waktu satu tahun. Indikator ini merupakan ciri ciri negara maju yang paling pokok karena sangat menggambarkan kualitas dan standar hidup yang baik masyarakatnya.

Menurut World Bank, suatu negara tergolong maju apabila pendapatan per kapita masyarakatnya berada di atas angka US$10,726. Angka tersebut bila dirupiahkan saat ini berkisar di nominal Rp. 142.000.000. Nah, berikut adalah perbandingan pendapatan per kapita dari beberapa contoh negara maju di dunia.
No.
Negara
Pendapatan Per Kapita (US$)
1.
Amerika Serikat
43,500
2.
Kanada
35,200
3.
Australia
32,900
4.
Belanda
31,700
5.
Inggris
31,400
6.
Selandia Baru
26,600
Tingginya pendapatan perkapita suatu negara akan membuat pertumbuhan ekonomi negara tersebut menjadi relatif lebih stabil. Hal ini karena masyarakat memiliki modal lebih besar yang mendukung pengembangan usaha, investasi, dan menyokong perputaran roda ekonomi di negara tersebut.

2. Sektor industri dan jasa menjadi penggerak utama kegiatan ekonomi

Ciri negara maju juga dapat dilihat dari sektor yang menjadi penggerak utama roda perekonomian negara tersebut. Negara maju umumnya menjadikan bidang industri dan jasa sebagai mata pencaharian utama bagi masyarakatnya. Bidang industri meliputi industri elektronik, transportasi, pertambangan, alat berat, dan makanan jadi, sementara bidang jasa meliputi sektor keuangan (perbankan), pendidikan, konsultasi, dan hiburan. Kedua bidang ini tentu belum bisa menjadi sektor penggerak utama bagi ekonomi negara-negara berkembang yang biasanya masih berkutat pada sektor pertanian.

3. Rendahnya tingkat pengangguran

Tingkat pengangguran yang rendah adalah ciri ciri negara maju yang menjadi implikasi dari hidupnya kegiatan ekonomi di negara tersebut. Semua sumber ekonomi negara maju dapat digunakan secara maksimal untuk menyerap tenaga kerja yang ada. Jumlah pengangguran yang ada biasanya tidak banyak, karena merupakan pengangguran friksional yang mengalami pengalihan pekerjaan. Selain itu, perlu diketahui bahwa di negara maju, pengangguran biasanya akan mendapat jaminan sosial dari negara, seperti jaminan pendidikan, kesehatan, atau kesejahteraan untuk keluarganya.

4. Laju pertumbuhan penduduk rendah

Masalah kependudukan adalah masalah krusial yang harus dihadapi setiap negara. Pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali akan menciptakan instabilitas ekonomi. Hal ini umumnya telah disadari oleh negara-negara maju dengan menciptakan peraturan tentang penundaan usia nikah, perencanaan keluarga, penyediaan fasilitas kesehatan yang memadai, dan peningkatan partisipasi wanita dalam dunia kerja. Dengan peraturan-peraturan tersebut, pertumbuhan penduduk dapat dikendalikan sehingga jumlah masyarakat usia produktif dapat lebih banyak dibandingkan jumlah masyarakat golongan non-produktif.

5. Tingkat pendidikan masyarakat tinggi

Negara maju umumnya memiliki masyarakat dengan tingkat pendidikan yang tinggi. Pendidikan yang baik memang merupakan modal utama bagi sebuah negara untuk menghasilkan sumber daya manusia berkualitas. Ini disadari oleh negara-negara maju dengan menciptakan sistem pendidikan yang baik, fasilitas pendidikan yang lengkap dan murah, akses pendidikan yang mudah, serta pemerataan layanan pendidikan di seluruh wilayah. Pendidikan di negara maju umumnya lebih menekankan pengajaran tentang kecakapan hidup, kemandirian, serta pengembangan potensi yang dimiliki setiap siswanya.

6. Sikap masyarakat yang modern

Ciri ciri negara maju juga dapat dilihat dari sikap masyarakatnya yang modern. Masyarakat negara maju umumnya sangat disiplin, menghargai waktu, menjunjung etika dan kejujuran, suka bekerja keras, serta selalu berusaha profesional dalam setiap pekerjaannya. Sikap-sikap positif tersebut pada akhirnya akan menjadi budaya yang sangat penting dalam usaha mengoptimalkan setiap sumber daya yang digunakan untuk pembangunan negaranya.

7. Memiliki kemajuan pesat di bidang IPTEK

Sistem dan layanan pendidikan yang baik akan menghasilkan sumber daya manusia yang cerdas dan terampil. Hal ini pada akhirnya akan berdampak pada kemajuan di bidang Ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga menjadi lebih pesat. Tingginya tingkat pendidikan sebagai ciri-ciri negara maju sebetulnya bermuara pada kemajuan pesat di bidang ini. negara maju menjadi pusat ilmuwan dari beragam disiplin ilmu yang difasilitasi untuk melakukan penelitian dan inovasi. Hasil dari penelitian tersebut kemudian diterapkan pada berbagai bidang seperti kegiatan produksi, militer, kedokteran, dan lain sebagainya.

Nah, demikianlah 7 ciri ciri negara maju dan penjelasannya yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Sudah cukup jelas bukan? Di artikel selanjutnya kita akan membahas tentang ciri ciri negara berkembang sebagai kontra dari pembahasan kali ini. Jadi jangan tutup dulu jendela browser Anda. Semoga bermanfaat.
Advertisement

0 Response to "7 Ciri Ciri Negara Maju, Contoh, Pengertian, dan Penjelasannya"