IPS Mudah

7 Ciri Ciri Meganthropus Paleojavanicus, Nama Penemu, dan Tempat Penemuannya

Advertisement
Advertisement
Meganthropus Paleojavanicus adalah salah satu jenis manusia purba Indonesia yang fosilnya ditemukan oleh Von Koenigswald di Sangiran pada tahun 1936 dan 1941. Dari penelitian terhadap kadar karbon fosil yang ditemukan, diketahui bahwa manusia purba ini telah hidup di sekitar zaman batu tua (paleolithikum) yakni pada 1 sd 2 juta tahun yang lalu. Von Koenigswald menganggap bahwa Meganthropus Paleojavanicus adalah jenis manusia yang berbeda dengan Pithecanthorus karena adanya beberapa ciri fisik yang berlainan. Apa saja ciri ciri Meganthropus Paleojavanicus tersebut? Berikut uraiannya beserta gambar dan jenis-jenisnya untuk dapat Anda pahami!

Ciri Ciri Meganthropus Paleojavanicus

Secara harfiah, Meganthropus Paleojavanicus diartikan sebagai manusia kera purba berukuran besar yang hidup di Jawa. Istilah tersebut digunakan Von Koenigswald karena merujuk pada ciri-ciri yang terdapat pada fosil yang ditemukannya. Kera besar yang diperkirakan sebagai nenek moyang manusia Jawa sebelum mengalami evolusi sempurna ini memiliki 7 ciri fisik yang khas. Ciri ciri Meganthropus Paleojavanicus tersebut di antaranya:

Ciri Ciri Meganthropus Paleojavanicus

1. Memiliki tulang pipi yang tebal

Dari bentuk rahang atas dan bawah fosil Meganthropus Paleojavanicus yang ditemukan, diperkirakan bahwa manusia purba ini memiliki tulang pipi yang tebal. Tulang pipi dan rahang tersebut merupakan tempat melekatnya gigi-gigi geraham berukuran cukup besar, yakni 2 kali lipat ukutan gigi geraham manusia saat ini.

2. Memiliki otot kunyah yang kuat

Selain memiliki tulang pipi yang tebal, Meganthropus Paleojavanicus juga diyakini memiliki otot kunyah yang kuat. Ciri ciri Meganthropus Paleojavanicus ini diketahui dari melihat guratan-guratan otot pada rahang yang cenderung berserat besar. Kendati demikian, ciri ini masih menjadi perdebatan bagi sebagian para ahli sejarah.

3. Memiliki tonjolan kening yang mencolok

Meganthropus Paleojavanicus dianggap memiliki kening yang menonjol ke depan karena adanya bentuk kerangka kepala yang memanjang. Karena tulang kening yang menonjol, diperkirakan tulang rongga mata manusia purba ini menjorok ke bagian dalam.

4. Memiliki tonjolan belakang yang tajam

Tonjolan belakang di bagian kepala manusia purba ini juga diyakini cukup tajam sebagai pengaruh dari bentuk otaknya yang memanjang secara horizontal. Bentuk tengkorak yang demikian bisa dilihat pada gambar ilustrasi perkiraan bentuk tengkorak Meganthropus Paleojavanicus seperti yang tertera di atas.

5. Tidak memiliki dagu

Ciri ciri Meganthropus Paleojavanicus selanjutnya adalah mereka tidak memiliki dagu. Dagunya sangat pendek bahkan nyaris tidak kelihatan. Perkiraan ini dilakukan karena dari bentuk rahang bawah manusia purba ini memang cenderung mengecil di bagian depannya.

6. Memiliki perawakan yang tegap

Meski masih berupa kera, Meganthropus Paleojavanicus diyakini sudah memiliki perawakan yang tegap. Tidak seperti kera yang selalu membungkuk ketika berjalan, tahap evolusi pada Meganthropus Paleojavanicus diyakini telah berlangsung, sehingga ia sudah dapat berdiri dan berjalan secara tegap. Perkiraan ini dilakukan dengan melihat susunan tulang belakang yang padu seperti manusia modern.

7. Memakan jenis tumbuhan

Dari rahang, tulang pipi, serta perkiraan otot kunyahnya yang kuat, diyakini bahwa Meganthropus Paleojavanicus adalah pemakan tumbuhan mentah. Gigi gerahamnya yang besar memungkinkan segala jenis tumbuhan bertekstur keras menjadi mudah dikunyah dan dilumat mulutnya.
Nah, itulah beberapa ciri fisik yang dimiliki oleh manusia purba jenis Meganthropus Paleojavanicus. Karena fosil manusia purba ini ditemukan di lapisan pleistosen bawah yang sulit terjangkau, maka para ahli hingga kini mengalami kesulitan dalam usaha pengungkapan cara hidup dan menemukan perkakas-perkakas yang digunakannya. Oleh karena itu, semoga pemaparan ciri ciri Meganthropus Paleojavanicus ini dapat memberi sedikit gambaran tentang hal tersebut. Salam
Advertisement

0 Response to "7 Ciri Ciri Meganthropus Paleojavanicus, Nama Penemu, dan Tempat Penemuannya"