IPS Mudah

7 Ciri Ciri Homo Sapiens, Nama Penemu, dan Tempat Penemuannya

Advertisement
Advertisement
Homo Sapiens adalah jenis manusia purba memiliki bentuk tubuh persis seperti manusia sekarang. Selain karena bentuk tubuhnya, Homo Sapiens disebut sebagai cikal bakal manusia modern karena ia juga dianggap telah memiliki akal. Kendati begitu, manusia purba yang hidup di zaman batu muda  ini (100.000 - 50.000 tahun yang lalu) masih hidup secara sederhana sehingga tidak bisa dilepaskan dari kegiatan berburu dan meramu. Berikut di artikel kali ini kita akan membahas lebih lanjut tentang ciri ciri Homo Sapiens ini lengkap dengan corak kehidupannya.

Ciri Ciri Homo Sapiens

Di Indonesia, fosil Homo Sapiens ditemukan di Ngandong Blora-Sangiran pada tahun 1931 oleh Von Koenigswald dan di daerah Sambung Macan-Sragen, lembah sungai Bengawan Solo pada tahun 1934 oleh Weidenreich. Sesuai tempat penemuannya, kedua fosil tersebut diberi nama Homo Sapiens Soloensis dan Homo Sapiens Wajakensis. Meskipun memiliki nama yang berbeda, kedua jenis manusia purba ini memiliki ciri fisik yang hampir sama. Berikut ini ciri ciri Homo Sapiens dari kedua jenis fosil  tersebut beserta gambarnya.

Ciri Ciri Homo Sapiens

1. Berdiri dan berjalan dengan tegak

Sama seperti jenis manusia purba lainnya, Homo Sapiens juga sudah dapat berdiri dan berjalan dengan tegak. Lebih dari itu, dari struktur fosil tulang tengkuk dan tulang belakang yang ditemukan diketahui bahwa Homo Sapiens juga dapat melakukan aktivitas dan gerak seperti manusia normal saat ini.

2. Volume otak antara 1.000 sd 1.200 cc

Kemajuan cara berpikir dan akal yang dimiliki Homo Sapiens dapat dibuktikan dari beragam peninggalan perkakas yang ikut memfosil. Selain itu, ciri ciri Homo Sapiens tersebut juga dapat dilihat pada kerangka kepalanya yang dapat menampung volume otak hingga 1 liter lebih. Volume otak yang besar memungkinkan akal Homo Sapiens lebih maju dibandingkan jenis manusia purba lain yang sebelumnya telah ada.

3. Tinggi badan antara 130 sd 210 cm

Tinggi tubuh Homo Sapiens berkisar antara 130 sd 210 cm. Hal ini dianggap sebagai tinggi tubuh manusia normal hingga saat ini. Pengetahuan tinggi tubuh Homo Sapiens diperoleh DENGAN membandingkan secara geometri struktur fosil tulang paha dan tulang belakang mereka.

4. Otot tengkuk mengalami penyusutan

Otot tengkuk atau otot leher manusia purba ini juga telah mengecil karena penyusutan dibandingkan jenis manusia purba Meganthropus maupun Phitecanthropus. Penyusutan otot leher diperkirakan terjadi karena penyesuaian otot terhadap volume otak yang tidak memanjang lagi, melainkan membulat ke atas.

5. Gigi dan alat kunyah mengalami penyusutan

Ciri ciri Homo Sapiens juga dapat dilihat dari bentuk gigi dan alat kunyah yang mengalami penyusutan. Gigi mereka disebut memiliki ukuran yang sama dengan manusia saat ini, begitupun dengan tulang dan otot pipinya. [Baca Juga : Corak Kehidupan Masyarakat Praaksara]

6. Muka tidak menonjol ke depan

Ciri ciri Homo Sapiens yang paling spesifik terlihat dari bentuk mukanya yang sudah tidak menonjol lagi. Bentuk otaknya yang membulat ke atas serta rahang mulutnya yang mundur membuat muka Homo Sapiens identik dengan manusia modern.

7. Memiliki dagu dan tulang rahang yang tidak terlalu kuat

Di sinilah letak perbedaan Homo Sapiens dengan manusia purba lainnya. Manusia purba seperti Meganthropus maupun Phitecanthropus tidak memiliki dagu dan wajahnya masih persis seperti kera, sementara Homo Sapiens sudah memiliki dagu yang cukup panjang sehingga tulang rahangnya menjadi tidak terlalu kuat lagi.
Nah, demikianlah pemaparan yang dapat kami sampaikan tentang ciri ciri Homo Sapiens. Ciri ciri tersebut juga mencakup banyak jenis Homo Sapiens lain yang ditemukan di belahan dunia lain, termasuk homo soloensis dan homo wajakensis, maupun Homo Sapiens dari ras Mongolid, Kaukasoid, dan ras Negroid. Semoga bermanfaat!
Advertisement

0 Response to "7 Ciri Ciri Homo Sapiens, Nama Penemu, dan Tempat Penemuannya"