IPS Mudah

4 Faktor Pendorong Perdagangan Internasional beserta Contohnya

Advertisement
Advertisement
Perdagangan internasional adalah sebuah hubungan dagang yang melibatkan satu negara dengan negara lainnya. Perdagangan internasional dilakukan untuk memenuhi kebutuhan akan barang dan jasa dalam negeri, menyalurkan kelebihan produksi, dan untuk meningkatkan kegiatan perekonomian suatu negara. Ada beberapa faktor yang menjadi pendorong terjadinya proses perdagangan internasional. Berikut di artikel kali ini kita akan membahas faktor faktor pendorong perdagangan internasional tersebut lengkap dengan contoh dan penjelasannya!

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Dari teori ekonomi dan pengalaman yang ada, terjadinya perdagangan internasional antara suatu negara dengan negara lainnya tidak akan terlepaskan dari adanya 4 faktor pendorong. Keempat faktor pendorong perdagangan internasional tersebut meliputi perbedaan kemampuan produksi, perbedaan kondisi geografis, perbedaan tingkat kemajuan iptek, dan kesamaan selera atas suatu produk.

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

1. Perbedaan Kemampuan Produksi

Faktor pendorong perdagangan internasional yang pertama yaitu adanya perbedaan kemampuan produksi tiap negara untuk menghasilkan suatu produk tertentu. Kemampuan produksi suatu negara yang tidak sebanding dengan permintaan pasar dalam negeri akan memaksa suatu negara melakukan impor barang yang sama dari negara lain. Bila tidak melakukan impor, maka harga barang tersebut akan meningkat dan menyebabkan munculnya ketidakstabilan ekonomi.

Contoh faktor pendorong ini terjadi misalnya saat Indonesia mengimpor ribuan ton beras dari Vietnam. Kemampuan produksi beras nasional yang rendah kala itu tidak mencukupi kebutuhan pangan dalam negeri. Harga beras yang mahal akan membuat kondisi ekonomi memburuk, mengingat beras merupakan salah satu dari sembilan bahan pokok yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Akhirnya, Indonesia kemudian mengimpor beras dari Vietnam untuk menstabilkan kembali harga beras dalam negeri dan memenuhi kebutuhan pangan masyarakatnya. [Baca Juga : Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi]

2. Perbedaan Kondisi Geografi

Perbedaan kondisi geografis antar negara juga menjadi faktor pendorong perdagangan internasional yang tidak kalah penting. Setiap negara memiliki potensi alam yang berbeda. Ada negara yang kaya dengan minyak dan gas alam tapi miskin pangan, seperti negara-negara Timur Tengah, ada negara yang kaya pangan tapi miskin energi, dan seterusnya.

Perbedaan kondisi geografis dan potensi alam ini kemudian mendorong negara-negara untuk saling bekerja sama dalam memenuhi kebutuhan dalam negerinya.

3. Perbedaan Tingkat Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Tiap tiap negara memiliki tingkat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang saling berbeda. Negara maju umumnya memiliki perkembangan iptek yang tinggi, sementara negara berkembang memiliki perkembangan iptek yang masih tertinggal.

Perbedaan tingkat perkembangan iptek ini kemudian memaksa setiap negara untuk melakukan transfer teknologi melalui jalur perdagangan internasional. Contohnya, Indonesia yang belum mampu membuat mesin pesawat terbang sendiri harus mengimpornya dari Jerman atau negara Eropa lainnya. [Baca Juga : Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi]

4. Kesamaan Selera atas Suatu Produk

Kesamaan selera atas suatu produk memungkinkan masyarakat di setiap negara untuk berusaha mengkonsumsi produk yang sama. Sementara itu, tidak semua negara mampu menyediakan produk yang diinginkan dan sesuai selera masyarakatnya. Fenomena ini kemudian menjadi faktor pendorong perdagangan internasional untuk dapat dilakukan untuk memenuhi keinginan dan selera tersebut.

Contoh dari fenomena ini bisa dilihat dari menjamurnya berbagai restoran cepat saji yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia, seperti McDonald, Hoka Hoka Bento, KFC, dan Dunkin Donuts.

Nah, demikianlah 4 faktor pendorong perdagangan internasional beserta contoh-contohnya. Semoga dapat dipahami dengan mudah dan jangan lewatkan pembahasan selanjutnya tentang faktor penghambat perdagangan internasinal di link ini: Hambatan Perdagangan Internasional.
Advertisement

0 Response to "4 Faktor Pendorong Perdagangan Internasional beserta Contohnya"