IPS Mudah

10 Ilmu Bantu Sejarah, Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Advertisement
Advertisement
Dalam melakukan penelitian sejarah, terdapat beberapa cabang ilmu yang dapat membantu dan menunjang proses dan hasil penelitian agar memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Ilmu-ilmu tersebut sering disebut dengan istilah ilmu bantu sejarah. Ilmu bantu sejarah adalah kelompok ilmu yang dapat membantu penelitian dan rekonstruksi sumber-sumber sejarah untuk menghasilkan penemuan dan teori baru. Ilmu apa sajakah yang termasuk ke dalam cabang ilmu bantu sejarah tersebut? Berikut daftar beserta penjelasannya!

Ilmu Bantu Sejarah

Dalam aktivitas penelitian sejarah, para sejarawan akan melakukan rekonstruksi terhadap sumber-sumber sejarah yang ada. Rekonstruksi dilakukan melalui kajian terhadap sumber sejarah dengan menggunakan berbagai cabang ilmu bantu sejarah. Dalam hal ini, ilmu bantu sejarah berfungsi sebagai alat untuk menganalisis secara kritis dan ilmiah terhadap sumber-sumber sejarah yang ada.

Ilmu Bantu Sejarah

1. Paleontologi

Paleontologi adalah ilmu yang mempelajari tentang fosil. Disiplin ilmu ini mengkasi mengenai sejarah kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan purba lewat fosil-fosil yang ditemukan. Fosil adalah bagian tubuh mahluk hidup yang membatu dan tidak mengalami pelapukan. Fosil-fosil manusia purba diteliti menggunakan ilmu bantu sejarah ini.

2. Paleoantropologi

Paleoantropologi adalah gabungan dari 2 disiplin ilmu, yakni paleontologi dan antropologi. Bisa pula dikatakan bahwa paleoantropologi merupakan cabang ilmu paleontologi yang khusus mengurasi sejarah hidup manusia purba, mulai dari cara mengumpulkan makanan, cara bertahan hidup, dan lain sebagainya.

3. Arkeologi

Arkeologi adalah cabang ilmu yang mempelajari sejarah kehidupan manusia lewat penggalian dan pengkajian artefak atau ekofak yang masih ditemukan. Artefak dan ekofak adalah kumpulan benda-benda kuno yang dahulunya digunakan sebagai alat untuk bertahan hidup oleh manusia purba. Misalnya kapak genggam, punden berundak, waruga, dan lain sebagainya.

4. Paleografi

Paleografi adalah ilmu bantu sejarah yang digunakan untuk mengkaji manuskrip atau tulisan-tulisan kuno sebagai salah satu sumber sejarah primer. Manuskrip yang tercatat dalam prasasti atau dinding piramida Mesir, mulai dari tanggal penulisan, orang yang menulis, tempat asal, hingga bahasa yang digunakan dikaji menggunakan cabang ilmu ini.

5. Epigrafi

Epigrafi adalah cabang ilmu yang mempelajari materi yang digunakan untuk menulis manuskrip. Artinya jika paleografi mempelajari tulisan, maka epigrafi mempelajari bahan yang digunakan untuk menulis, seperti batu, logam, gading, daun lontar.

6. Ikonografi

Ikonografi adalah ilmu bantu sejarah yang mempelajari bentuk, fungsi, dan pembuatan patung-patung kuno dari zaman pra sejarah. Bisa dikatakan bahwa ikonografi adalah cabang arkeologi yang khusus mempelajari patung.

7. Numismatik

Numismatik adalah disiplin ilmu yang mempelajari mata uang. Disiplin ini sangat penting untuk mengungkap sejarah dari sisi ekonomi. Perdagangan yang terjadi di masa silam merupakan bentuk peradaban manusia yang dapat membuka tabir dan missing link.

8. Ilmu Keramik

Sesuai namanya, ilmu keramik memang mempelajari keramik, khususnya tahun pembuatan, bahan, cara pembuatan, dan keasliannya. Dalam pengungkapan kebudayaan lembah sungai Yangtze, cabang ilmu bantu sejarah ini sangat sering digunakan.

9. Genealogi

Genealogi adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang asal usul nenek moyang suatu bangsa. Dalam prakteknya, genealogi merupakan sebuah kajian tentang penelusuran jalur keturunan lewat identitas biologis beserta sejarahnya. Asal usul nenek moyang bangsa Indonesia yang disebut berasal dari Yunan, China Selatan juga diketahui dari cabang ilmu ini.

10. Filologi

Filologi adalah ilmu bantu sejarah yang khusus mempelajari berbagai naskah kuno.
Kajian bahasa yang meliputi kritik sastra, sejarah, dan linguistik dalam sumber-sumber sejarah yang ditulis, seperti manuskrip dan prasasti, dipelajari dengan cabang ilmu ini.

Nah, demikianlah ke sepuluh cabang ilmu bantu sejarah beserta pengertiannya. Ilmu-ilmu bantu sejarah tersebut sangat berperan dalam pengungkapan bukti-bukti dan sumber sejarah yang ada. Oleh karena itu, bila ingin menjadi seorang sejarahwan, maka mulailah mempelajari ke sepuluh cabang ilmu tersebut. Semoga bermanfaat!
Advertisement

0 Response to "10 Ilmu Bantu Sejarah, Pengertian, Fungsi, dan Contohnya"